Tim Mahasiswa UAD Raih Enam Gelar Juara pada MTQMN UNY

Info Kampus  
Mahasiswa UAD saat tampil pada MTQMN UNY. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Tim mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berhasil meraih enam gelar juara pada Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa Nasional Universitas Negeri Yogyakarta (MTQMN UNY) Sabtu - Ahad (18/3-2/4/2023). Enam gelar juara yang diraih yaitu Juara 1 Cabang Nasyid, Juara 2 dan 3 Cabang Adzan, Juara Harapan 1 Cabang Tilawah Putra, Juara Harapan 1 Khatil Kontomporer dan Juara Harapan 2 Desain Aplikasi Alquran.

Danang Sukantar, MPd, Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD mengemukakan hal tersebut kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (4/4/2023).

BACA JUGA : UAD Kerjasama The SEA-Teacher Student Exchange dengan 11 Perguruan Tinggi Tiga Negara

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

MTQMN UNY ini diselenggarakan secara virtual dan diikuti 1.357 peserta dari 111 perguruan tinggi negeri/swasta (PTN/S) seluruh Indonesia. "Alhamdulillah, mahasiswa UAD kembali mengukir prestasi. Mereka bisa mewujudkan motto UAD: Prestasi adalah Tradisi Kami," kata Danang yang juga sebagai penanggung jawab kegiatan.

Dijelaskan Danang untuk mengikutsertakan mahasiswa dalam MTQMN UNY 2023 dilakukan seleksi internal. Panitia seleksi dan pembinaan internal UAD diketuai Yahya Hanafi MSc. Panitia seleksi didukung Rahmadi Wibowo Suwarno Lc, MA, M Hum, Kepala Lembaga Pengembangan dan Studi Islam UAD dan Nurjanah SKM, Pembina Bakat Minat Bidang Seni Suara Bidang I Pokpresma, Bimawa.

MTQMN UNY 2023 mempertandingkan 12 cabang lomba. Namun berdasarkan hasil seleksi, UAD hanya mengikuti 10 cabang lomba, yaitu Tilawah, Tartil, Hifdzil, Fahmil, Desain Aplikasi Alquran, Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran, Adzan, Khatil, Syarhil, dan Nasyid.

BACA JUGA : UAD Raih Hibah dari British Council, Kerjasama dengan University of Gloucestershire United Kingdom

Yahya Hanafi menjelaskan sebelum memilih mahasiswa yang akan diikutsertakan pada MTQMN UNY 2023 dilakukan seleksi internal. Seleksi diikuti seluruh mahasiswa yang ada berbagai program studi dilingkungan Universitas Ahmad Dahlan. "Seleksi internal ini diselenggarakan Lembaga Pengembangan dan Studi Islam (LPSI) berkoordinasi dengan BIMAWA," kata Yahya Hanafi.

Proses seleksi internal, jelas Yahya Hanafi, mahasiswa diminta mengirimkan video karyanya berdasarkan bidang seleksi yang diminati. Mahasiswa yang lolos seleksi internal, kemudian dikumpulkan untuk berkoordinasi dan pendampingan terkait lomba. Panitia seleksi melakukan bedah buku panduan lomba serta mempelajari panduan sesuai bidang lomba masing-masing.

Adzan. (foto : istimewa)

Setelah seleksi, kata Yahya, proses berikutnya pelatihan oleh pelatih yang berkompeten sesuai bidang masing-masing. Latihan dilakukan hampir tiap hari, karena melihat waktu yang sudah mepet dengan pelaksanaan lomba.

"Jarak waktu mulai dari mendapatakan informasi lomba dari panitia penyelenggara kurang dari satu bulan dari pelaksanaan lomba. Sehingga para pendamping, pelatih juga para peserta berlatih ekstra untuk mendapatkan hasil maksimal," kata Yahya.

Setelah latihan, tambah Yahya, langkah selanjutnya pendampingan dalam pengambilan gambar atau take video karya untuk dikirim ke panitia penyelanggara MTQMN yaitu UNY melaui google form. Sebelum karya dikirimkan, seluruh peserta diberi simulasi cara mengisi google form oleh pendamping.

"Para peserta juga disediakan beberapa berkas persyaratan lomba yang sudah dijadikan satu oleh pendamping lomba, agar saat para peserta melakukan pengisian atau unggah karya pada google form tidak mengalami kendala. Alhamdulillah delegasi UAD berhasil meraih enam gelar juara," kata Yahya. (*)

BACA JUGA : UAD Anugerahkan Mahasiswa Berprestasi 'Andalan Awards 2023'

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image