Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siska Dwyta

Mudik Lebaran 2023, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Agama | Tuesday, 18 Apr 2023, 11:35 WIB
Gambar : freepik.com

Mudik lebaran selalu menjadi momen yang paling dinantikan oleh para perantau. Terlebih selama dua tahun berturut-turut tradisi menjelang lebaran ini sempat dilarang oleh pemerintah karena pandemi.

Baru tahun 2022 kemarin atau tepatnya setelah melandainya kasus COVID-19 mudik lebaran mulai diperbolehkan kembali namun masih dengan berbagai aturan atau larangan tertentu.

Beda halnya dengan tahun ini. Karena sudah terbebas dari pandemi, kini kita bisa lebih leluasa melakukan perjalanan mudik tanpa larangan macam-macam.

Kendati demikian tetap saja rencana mudik lebaran 2023 harus kamu persiapkan sebaik mungkin. Lebih baik lagi jika sudah kamu persiapkan jauh-jauh hari.

Apalagi bagi kamu yang belum pernah mudik atau melakukan perjalanan setelah pandemi. Mengingat proses mudik di era new normal jelas berbeda dengan mudik sebelum pandemi COVID-19.

Lantas apa saja persiapan yang diperlukan untuk mudik lebaran 2023? Yuk kita bahas!

Persiapan Mudik Lebaran 2023

Jika kamu berencana ingin pulang kampung untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1444 H bersama orang tua dan sanak saudara maka tentu kamu sudah harus melakukan persiapan mudik lebaran sekarang juga

Jangan tunggu mendekati hari H baru mau sibuk urus ini itu, karena tentu ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Mulai dari anggaran, kondisi fisik, perlengkapan yang hendak dibawa dan lain sebagainya. Belum lagi kalau rencana mudik kamu tidak sendirian tapi bareng suami dan anak.

Semua itu harus kamu persiapkan baik-baik. Tentu kamu tidak mau kan perjalanan mudik kamu menjadi tidak lancar hanya karena budget kurang, kondisi tidak fit atau ada barang penting yang lupa kamu bawa. Duh, jangan sampai ya!

Nah, agar perjalanan mudikmu lancar dan nyaman, berikut ada beberapa tips persiapan mudik lebaran 2023 yang bisa kamu terapkan :

Buat perencanaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat perencanaan. Poin ini penting karena boleh dibilang perjalanan mudik sama seperti halnya melakukan travelling.

Akan berjalan lancar jika kamu memiliki itinerary atau perencanaan yang baik. Kapan akan berangkat? Berapa personil yang ikut mudik? Moda transportasi apa yang akan dinaiki? Serta kira-kira berapa anggaran yang dibutuhkan? Semua itu penting untuk direncanakan dengan matang.

Siapkan anggaran

Pulang ke kampung kelahiran yang berada di kota atau wilayah berbeda dengan kota domisili kita biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tergantung dengan jarak yang ditempuh dan moda transportasi yang dinaiki.

Semakin jauh jaraknya jelas semakin mahal. Begitupula biaya mudik dengan naik pesawat jelas jauh lebih menguras isi tabungan ketimbang mudik menggunakan kapal laut. Apalagi kalau berangkatnya rombongan bareng keluarga, tentu biaya yang harus dikeluarkan untuk mudik juga bertambah berkali lipat.

Nah, ini pentingnya mempersiapkan mudik lebaran jauh-jauh hari. Setidaknya jika kamu merencanakan akan pulang kampung dengan keluarga lebih awal, bahkan sebelum ramadan tiba setidaknya masih ada waktu dan kesempatan menabung untuk mudik. Sehingga ketika saatnya mudik kamu sudah memiliki anggaran yang cukup atau bahkan lebih.

Booking Tiket Transportasi dari Jauh-jauh Hari

Mudik lebaran 2023 diperkirakan akan mengalami lonjakan drastis. Karena itu tips selanjutnya kamu wajib booking tiket transportasi jauh-jauh hari sebelum kehabisan.

Dengan tips ini juga kamu bisa lebih hemat lho karena biasanya mendekati lebaran harga tiket akan semakin mahal, bahkan kamu bisa kehabisan kuota perjalanan.

Untuk itu penting banget nih memilih internet provider yang memiliki jaringan stabil dan cepat untuk memantau jadwal transportasi yang hendak kamu naiki melalui laman media sosial penyedia layanan atau platform agen travel online.

Jaga Kondisi Fisik

Tips persiapan mudik berikutnya yang tidak kalah penting adalah menjaga kondisi fisik agar tetap fit.

Perjalanan mudik kamu pastinya akan terhambat atau bahkan bisa jadi batal jika kondisi kamu atau salah satu anggota keluarga kurang sehat,

Untuk itu pastikan sebelum mudik kamu dan keluarga sudah jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi saat sahur dan berbuka. Kalau perlu konsumsi vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, jangan lupa membawa obat-obatan dan kotak P3K untuk berjaga-jaga jika kondisi tubuh dari salah satu anggota keluarga menurun saat dalam perjalanan.

Lengkapi persyaratan

Tips berikut ini sudah sempat saya singgung di atas. Melakukan perjalanan mudik pasca pembatasan sosial memang agak ribet karena ada sejumlah persyaratan yang harus kamu penuhi. Salah satunya yaitu surat keterangan vaksin atau booster.

Bersyukurnya karena teknologi sudah canggih sehingga kamu cukup unduh saja Aplikasi Satu Sehat di gawai menggunakan internet provider cepat karena semua catatan kesehatan atau rekam medis termasuk surat keterangan vaksin dan booster ada di sana. Nanti tinggal kamu tunjukkan ke petugas administrasi.

Penutup

Itu dia beberapa tips persiapan mudik lebaran 2023 agar berjalan lancar, aman dan terkendali.

Tentunya akan lebih seru juga jika perjalanan mudik kamu ditemani dengan internet provider IndiHome dari Telkom Indonesia.

Karena manfaatnya bukan semata-mata untuk booking tiket online atau akses aplikasi Satu Sehat. Lebih dari itu, dengan internet yang stabil dan cepat kamu bisa melakukan aktivitas tanpa batas dalam perjalanan.

Selamat bermudik ria. Semoga perjalanan mudikmu lancar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image