Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FBHIS UMSIDA

3 Dosen Umsida Sulap Limbah Buah Belimbing Wuluh Menjadi Minuman Kekinian

Kuliner | Friday, 14 Apr 2023, 11:26 WIB

republika.co.id – Dosen Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) lakukan Pengabdian masyarakat (Abdimas) kepada UKM BeliloH. Abdimas tersebut diikuti oleh Ir Al Machfudz WDP MM, Dra Lilik Indayani MM, dan Detak Prapanca SE MM.

BeliloH adalah UKM Karsa Rasa yang mempunyai lokasi usaha 13 km dari kampus 2 Umsida, mitra ini bergerak di bidang pangan. Berawal dari sebuah ide yang muncul setelah melihat beberapa pohon belimbing wuluh yang ada di sekitar RT 64 Perumahan Sukodono Town House Sidoarjo yang berbuah melimpah hingga terbuang sia-sia.

“Tujuan utama Abdimas kami ini untuk memperbaiki dan meningkatkan kelas minuman tersebut sebagai bagian kami melaksanakan catur darma perguruan tinggi Umsida.,” ujar Lilik Indayani saat ditanyai Jurnalis FBHIS, pada Jum’at (14/04/2023).

Seiring berjalannya waktu produksi minuman segar belimbing wuluh ini dikembangkan pada tingkat PKK RT dan kemudian dibentuk tim yang menangani hal ini. “BeliloH” merupakan minuman sari buah Belimbing Wuluh dengan harga jual Rp. 3.500/botol. Dikemas menggunakan botol plastik berukuran 220ml.

UKM Karsa Rasa produk minuman sari buah Belimbing Wuluh BeliloH ini belum adanya analisis kandungan pasti yang terdapat dalam produk sehingga perlu dilakukannya analisis kandungan gizi yang terdapat dalam produk minuman sari buah Belimbing Wuluh “BeliloH” guna meningkatkan kepercayaan konsumen.

“Untuk analisis dalam produk minuman ini dilakukan oleh tim abdimas umsida. Sehingga menjadikan minuman sari buah Belimbing Wuluh “BeliloH”, yang berkualitas, fresh dan kaya akan manfaat sehingga tidak ragu akan bahaya keracunan makanan,” imbuhnya.

Ide yang ditawarkan oleh tim abdimas Umsida ini antara lain peningkatan mutu dengan pengujian produk secara analisis kimia di laboratorium, mengganti jenis saringan agar tidak terdapat lendir dan mengantisipasi keracunan makanan, mengganti kemasan produk.

Kegiatan luaran Abdimas adalah sosialisasi kepada anggota UKM Karsa rasa untuk produksi makanan dan minuman dengan benar. Kegiatan publikasi yang dilakukan pada jurnal abdimas sinta 5 yaitu masuk Koran Bhirawa Sidoarjo dan publikasi website Umsida serta publikasi youtube DRPM, instagram, dan whatshapp.

Edit: Muhammad Asrul Maulana

*Jurnalis FBHIS*

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image