Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Tangan Dingin Erick Thohir Loloskan Sepak Bola dari Sanksi FIFA

Olahraga | Saturday, 08 Apr 2023, 11:17 WIB
Foto: Antara

Sepak bola Indonesia kembali menghadapi beberapa masalah yang cukup serius. Salah satu di antaranya adalah terkait dengan sanksi FIFA yang diberikan kepada sepak bola Indonesia pasca pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Kemungkinan dari sanksi FIFA tersebut sejatinya bisa berdampak pada banyak hal, termasuk diantaranya adalah kemungkinan bahwa sepak bola Indonesia tidak bisa berpartisipasi dalam kompetisi internasional. Hal ini tentu saja sangat merugikan para pemain dan juga para penggemar sepak bola di Indonesia jika benar-benar terjadi.

Untuk mengatasi masalah ini, untung saja Ketua Umum PSSI Erick Thohir telah melakukan banyak upaya untuk loloskan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA. Dan betul saja, sepak bola kita, meminjam istilah Erick, hanya mendapat "kartu kuning" alih-alih "kartu merah". Tangan dingin Erick Thohir telah mampu mengeluarkan sepak bola Indonesia dari sanksi paling buruk.

Upaya dan Perjuangan Erick Thohir

Erick Thohir menyadari bahwa salah satu penyebab masalah yang terjadi pada sepak bola Indonesia adalah manajemen yang buruk. Oleh karena itu, ia melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki manajemen sepak bola Indonesia agar lebih baik. Erick berhasil meyakinkan FIFA bahwa sepak bola Indonesia bisa berbenah.

Salah satu pembuktian yang dilakukan Erick adalah dengan membentuk tim manajemen yang profesional dan memiliki kompetensi yang tinggi. Selain itu, sebelumnya ia juga telah melakukan pembenahan pada struktur organisasi PSSI agar lebih efektif dan efisien.

Tak lupa, ia juga menyadari bahwa kualitas kompetisi sepak bola Indonesia masih jauh dari standar internasional. Oleh karena itu, ia melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas kompetisi, termasuk diantaranya dengan meningkatkan standar pertandingan, mengembangkan program pemuda, dan meningkatkan fasilitas yang dibutuhkan.

Selanjutnya, kerja sama dengan FIFA dalam memperbaiki masalah sepak bola Indonesia adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan. Oleh karena itu, ia melakukan upaya untuk meningkatkan kerja sama dengan FIFA, termasuk diantaranya dengan memenuhi semua persyaratan yang diberikan oleh FIFA.

Upaya lobi-lobi ini juga membuktikan hal tersebut. Tanpa terjalinnya integrasi dengan FIFA, mustahil PSSI mampu meminimalisir sanksi yang akan diberikan oleh federasi sepak bola dunia ini. Maka tidak heran jika Erick betul-betul mewanti-wanti hal tersebut. Karena memang perihal ini cukup substansial bagi kemajuan sepak bola kita.

Pada akhirnya, Erick Thohir telah melakukan banyak upaya untuk memperbaiki sepak bola Indonesia dan lolos dari sanksi FIFA. Meskipun demikian, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memperbaiki sepak bola Indonesia agar dapat bersaing dengan negara-negara lain di kancah internasional. Namun, dengan adanya upaya yang dilakukan oleh Erick Thohir, diharapkan bahwa sepak bola Indonesia dapat segera pulih dan kembali menjadi banggaan bagi negara ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image