Manfaat Asuransi Pendidikan Anak Untuk Masa Depannya

Image
Sulaiman nur Rahman
Bisnis | Tuesday, 21 Dec 2021, 18:07 WIB

Pendidikan anak merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Di era modern ini jumlah nilai mata uang dollar mulai meningkat sehingga mengakibatkan nilai mata uang rupiah menjadi turun dan melemah. Bagi sebagian orang memilih untuk mempersiapkan biaya dengan mendapatkan asuransi pendidikan anak sangat penting.

Asuransi pendidikan anak secara langsung atau tidak langsung memberikan banyak manfaat kepada orang tua dan anak. Beberapa manfaat dari asuransi pendidikan anak akan kami bahas dalam uraian di bawah ini!

Manfaat Asuransi Pendidikan Anak Untuk Masa Depannya

Menjamin biaya pendidikan

Dengan mempunyai asuransi pendidikan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan lagi biaya pendidikan bagi anak Anda. Karena pihak asuransi dapat membantu anak Anda dalam hal pendidikan.

Apabila suatu saat anak Anda mengalami masalah atau musibah yang berkaitan dengan biaya pendidikan maka asuransi dapat membantunya. Bukan hanya itu, pihak asuransi akan memberikan uang pertanggungan pemegang polis meninggal dan asuransi tetap akan menjamin keberlangsungan biaya pendidikan anak Anda.

Sehingga dengan adanya asuransi ini dapat membantu untuk melindungi dan mendukung kualitas pendidikan dimasa yang akan datang.

Membantu merencanakan pendidikan anak

Dengan adanya asuransi pendidikan ini, Anda hanya perlu untuk menentukan seberapa besar biaya yang ingin disiapkan untuk pendidikan anak kedepannya. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah merencanakan pendidikan anak, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan pendidikan anak di masa depan anak.

Memberikan rasa tenang

Manfaat asuransi pendidikan yang selanjutnya adalah dapat membuat Anda menjadi lebih tenang mengenai pendidikan anak kedepannya. Karena pihak asuransi akan membantu Anda dalam mengatasi biaya pendidikan namun tergantung dari pilihan jenjang yang telah dipilih pada saat perjanjian.

Premi yang fleksibel

Jika Anda mendaftarkan diri kepada pihak asuransi pendidikan maka Anda akan mendapatkan fleksibilitas pembayaran premi. Namun, jumlah premi yang harus Anda keluarkan tergantung dari tingkatan jenjang pendidikan yang telah dipilih.

Dengan begitu Anda dapat membayar premi dengan waktu yang fleksibel, yang tentunya tergantung dari persetujuan yang telah dilaksanakan oleh kedua belah pihak.

Membantu mengatur keuangan

Asuransi pendidikan ini akan membuat Anda untuk bisa mengatur banyaknya pengeluaran yang dibutuhkan anak. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki anak yang sedang menjalankan pendidikan, secara tidak langsung Anda diharuskan untuk belajar mengatur pengeluaran dengan membagi keuangan tersebut sebagian untuk biaya hidup dan sebagian untuk pendidikan anak.

Dalam mengatur keuangan inilah Anda bisa mendapatkan beberapa tips jika telah mendaftarkan diri ke pihak asuransi pendidikan. Dengan begitu, Anda bisa mempergunakan dan mengelola uang Anda dengan rapi.

Sebagai sarana investasi

Asuransi dapat digunakan sebagai sarana investasi. Hal ini dikarenakan semakin bertambah tahun semakin bertambah juga nilai uang yang harus dipersiapkan. Oleh karenanya Anda diharuskan untuk menciptakan pendapatan selain dari mata pencaharian yang biasa dilakukan.

Perlu diketahui bahwa tidak selamanya seseorang dapat bekerja secara produktif dan memiliki penghasilan karena akan ada masa dimana seseorang sudah tidak mampu bekerja atau adanya hal-hal yang tak terduga yang membutuhkan pengeluaran yang lebih banyak.

Menghindari inflasi

Manfaat yang tak kalah penting ketika mendaftarkan diri ke asuransi pendidikan ialah untuk mengamankan uang kepada pihak yang bisa mengatur keuangan secara profesional.

Sistem ekonomi di setiap negara termasuk di Indonesia selalu berubah secara fluktuatif dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menjadikan risiko karena adanya penurunan nilai mata uang yang disebabkan oleh inflasi.

Ditambah adanya kenaikan biaya pendidikan di Indonesia yang cukup tinggi dan terus berubah setiap tahunnya. Sebagai contoh apabila anak Anda pada tahun 2018 lalu berusia 7 tahun yang mana biaya uang masuk di perguruan tinggi swasta mencapai Rp 12 juta per tahun, maka dapat diperkirakan bahwa biaya yang harus dikeluarkan untuk 11 tahun yang mendatang atau ketika anak sudah berusia 18 tahun akan menjadi sangat mahal.

Namun akan berbeda jika Anda mulai membeli produk Asuransi pendidikan karena uang yang Anda keluarkan menjadi aman dan tidak terpengaruh karena adanya inflasi, sehingga pendidikan anak menjadi aman dan tidak perlu memikirkan naiknya mata uang dollar setiap tahunnya.

Asuransi pendidikan merupakan produk yang aman

Berbeda dengan asuransi pada umumnya, asuransi pendidikan ini tidak bisa dilakukan penarikan sebelum mencapai kontrak waktu yang telah disepakati. Dengan strategi yang dikeluarkan oleh pihak asuransi ini dana yang Anda siapkan menjadi tetap aman.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat asuransi pendidikan anak untuk masa depannya. Dengan mempersiapkan biaya pendidikan sedari dini, Anda dapat mempersiapkan dana pendidikan anak di masa yang akan datang serta mampu memberikan proteksi yang lebih untuk masa depan anak.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Seorang mahasiswa sekaligus seorang blogger aktif

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rekapitulasi Usulan Remisi Umum Kemerdekaan 2022 Bagi Narapidana Lapas Brebes

Image

Sinergi Dengan Kodim 0713/Brebes, Lapas Brebes Kembali Vaksinasi Warga Binaan

Image

Prevalensi Stunting di Negeri Heaven of Earth

Image

Dosen Universitas Tun Hussein Onn Malaysia Ajarkan Teknik Berfikir Untuk Mahasiswa UNISA Yogya

Image

PESERTA KKN TEMATIK UPI 2022 KELOMPOK 1 MENYELENGGARAKAN SEMINAR DAN WORKSHOP untuk masyarakat DI RW

Image

Pola Pikir Anak TK dan Metode Mengajar Guru TK

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image