Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vita Nanda

Inovasi Blog PPKn, Membentuk Warga Negara yang Baik dengan Pembelajaran Menarik

Eduaksi | Monday, 03 Apr 2023, 08:51 WIB

Blog media pembelajaran PPKn merupakan inovasi yang dibuat di SMP Negeri 1 Simo Kabupaten Boyolali. Berlatar belakang dari adanya PJJ atau pembelajaran jarak jauh saat pandemi Covid-19 dan kegemarannya di dunia teknologi informasi, Fariz DP yang merupakan salah satu guru mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Simo memiliki ide untuk berinovasi mencari media pembelajaran yang dapat diakses secara mudah dan menarik oleh peserta didik. Sebelumnya mayoritas guru memanfaatkan media grup Whatsapp sebagai wadah untuk memberikan materi kepada peserta didik. Namun, hal tersebut tentunya membuat kejenuhan bagi peserta didik maupun guru sehingga proses kegiatan belajar mengajar tidak berjalan maksimal. Berangkat dari hal tersebut, maka Fariz DP yang merupakan lulusan dari UNS tersebut membuat blog pembelajaran khusus yang digunakan untuk berbagi materi PPKn kepada peserta didik.

Pada awalnya blog PPKn memang hanya digunakan untuk membagikan materi. Seiring berjalannya waktu dan kegiatan pembelajaran yang sudah dilonggarkan untuk bisa dilaksanakan PTM atau pembelajaran secara tatap muka, blog PPKn yang dibuat oleh Fariz DP tidak lantas ditinggalkan. Justru mulainya pembelajaran secara tatap muka membuat pemanfaatan blog semakin meningkat. Blog tersebut tidak hanya digunakan sebagai media berbagi materi tetapi berkembang sebagai media memberikan informasi, mengirim tugas dan menampilan karya peserta didik. Hadirnya blog PPKn tersebut membuat peserta didik sangat antusias dalam mempelajari materi-materi yang berhubungan dengan negara Indonesia tersebut. Selain itu peserta didik juga sering mengakses blog PPKn untuk melihat informasi yang berkaitan dengan nilai maupun penugasan.

Perkembangan blog PPKn saat ini tidak hanya diakses oleh peserta didik dari SMPN 1 Simo, namun jika dilihat dari rekap pengunjung yang merupakan salah satu fitur dari blog tersebut nampak menunjukkan konten yang tersedia sudah dilihat oleh pengguna internet umum. Tentu saja hal tersebut diharapkan memberikan manfaat bagi para pembacanya. Selain itu, Fariz DP yang juga lulusan dari SMKN 2 Surakarta itu berharap dengan inovasi yang ia buat dapat menjadi motivasi bagi guru-guru lain khususnya di wilayah Boyolali untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya.

Penulis : Fariz DP, S.Pd. Guru mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Simo Kabupaten Boyolali

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image