Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MAULIDATUN NABILA

Apakah Benar Ramalan di Tahun 2023 Indonesia Akan Mengalami Resesi?

Politik | Sunday, 02 Apr 2023, 22:15 WIB
sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20220929142903-4-375966/tok-dpr-setujui-apbn-jokowi-2023-senilai-rp3061-triliun

Pada akhir tahun 2022, terdengar desas desus bahwasannya Indonesia akan mengalami resesi yang berdampak pada segala sektor terutama di bidang ekomi.

Mengapa dampaknya begitu berpengaruh terhadap suatu negara apabila resesi nyata terjadi? Resesi merupakan suatu peristiwa dimana keadaan ekonomi suatu negara mengalami pemerosotan kegiatan spesifikasinya di bidang ekonomi suatu negara. Suatu negara bisa dianggap mengalami resesi apabila kegiatan aktivitas ekonominya mengalami penurunan selama dua kuartal atau keberlanjutan.

Akan tetapi jika dilansir dari berita Kemenkeu RI, tercatat hingga bulan Februari tahun 2023 APBN Indonesia masih terjaga dengan baik. Pendapatan negara berkembang hingga tumbuh dengan kuat serta perbelanjaan negara menempati tren belanja yang terjaga positif. Selain itu, APBN untuk anggaran kesejahteraan masyarakat mengalami peningkatan dan berada di titik stabil.

Bukankah berita yang telah tersebar sangat bersimpangan dengan yang telah diramalkan bahwasannya Indonesia akan megalami resesi ekonomi? Jika kita dapat menelaah berita tentang akan terjadinya resesi dengan berita yang baru muncul bahwasannya setelah Indonesia mengalami penurunan ekonomi yang angat drastis di beberapa tahun yang lalu, kini Indonesia bangkit dengan menyongsong perekonomian yang jauh lebih meningkat. Hal ini bisa terjadi karena didukung oleh pemerintah menaikkan pembayaran pajak bagi masyarakat sehingga hal inilah salah satu pendorong terkuat perekonomian Indonesia bisa bangkit dengan melesat.

Jika kita korelasikan kedua berita yang sangat bersimpangan tersebut bisa disebut bahwasannya desas desus berita atau ramalan bahwasannya Indonesia akan mengalami resesi tidak benar akan terjadi. Suatu negara tidak akan mengalami resesi ekonomi jika kegiatan aktivitas ekonominya memiliki tingatan yang stabil atau tumbuh dan berkembang dalam jangka waktu yang berkelanjutan.

Pemerintah harus tetap konsisten dengan pengonsepan perekonomian didalam suatu negara agar peristiwa seperti resesi tidak akan terjadi di negara itu sendiri. Konsisten disini ialah pemerintah harus tetap mengawasi bagaimana tumbuh kembangnya perekonomian berjalan didalam negaranya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image