Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bapas Kelas II Purwokerto

Kajian Ramadhan di Bapas Purwokerto, Ciri-Ciri Orang Yang Menjadi Ahli Syukur

Info Terkini | Saturday, 01 Apr 2023, 14:46 WIB

Purwokerto, Info_PAS_Kajian kultum Masjid Al-Ikhlas Bapas Purwokerto pada hari Rabu, 29 Maret 2023 di bawakan oleh Idang Heru Sukoco. Pada kultum kali ini menjelaskan tentang bagaimana diri kita harus menjadi orang yang bersyukur karena sesuai dengan firman Allah dalam Alquran Surat Ibrahim ayat 7:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS:Ibrahim 7).

Dalam ayat tersebut dijelaskan tentang janji Allah apabila kita bersyukur akan diberikan tambahan nikmat sebagai bentuk ganjaran kepada umat manusia.

Selanjutnya menjelaskan mengenai bagaimana ciri-ciri orang yang merupakan ahli syukur yaitu pertama tidak pernah mencela nikmat yang diberikan dari Allah SWT, pintar berterima kasih kepada Allah SWT dengan berbagai cara yang paling utama dengan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Ciri selanjutnya yaitu tidak pernah merasa tergantung pada benda atau makhluk Allah SWT seperti selalu bersyukur dengan apa yang diperoleh tidak melihat brand/merk, selalu berpikiran positif/Husnudzan pada Allah SWT dengan selalu merasa Allah lebih mengetahui apa yang terbaik bagi umatnya dan terakhir yaitu tidak pernah pamer atau flexing apabila memperoleh nikmat yang lebih dari Allah SWT.

(Dodo/GF/YR)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image