Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Shodiq

Identitas Nasional Indonesia

Agama | Thursday, 30 Mar 2023, 23:01 WIB

Identitas Nasional Indonesia

Oleh

ALI SHODIQ (2281130401)

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

Kita sebagai warga Indonesia tentu harus tau sama identitas nasional Negara kita sendiri. Soalnya itu menjadi ciri khas dan yang membedakan Negara kita dan Negara lain. Ya kali orang gatau Identitas nasional Negara sendiri. Nah kalo masalah identitas nasional mungkin gaada yang perlu dijelaskan ya teman teman. tapi saya akan memberi tahu sedikit tentang itu soalnya ini penting banget bagi kita semua para warga Indonesia. Menurut saya identitas nasional jelas jelas wajib diketahui oleh semua orang di Negara masing-masing. Contohnya nih identitas nasional dinegara kita :

1. Bahasa di Negara inddonesia adalah bahasa Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa orang-orang di Indonesia wajib tau bahasa Indonesia karena kan itu bahasa nasional kita.

2. Bendera merah putih merupakan bendera Negara kita. Siapa yang gak tau bendera Negara kita? Yang setiap hari senin dikibarkan dan upacara dimana-mana. Tapi sekarang masih pandemic jadi belum terlaksana lagi namanya upacara. Hayoo siapa yang kerjaannya jadi pengibar bendera nih?

3. Lagu Indonesia raya merupakan lagu kebangsaan Negara Indonesia. Masa pada gak hafal lagu ini sih? Lagu kebangsaan kita yang sering kita nyanyikan saat upacara dan acara-acara penting.

4. Burung garuda adalah lambing Negara bangsa Indonesia. Nahh kalo ini udah semua pasti tau lah. Yakali gatau wkwk.

Nah teman-teman itu tadi identittas nasional Negara kita siapa tau kalian belum tau. Kalau masih kurang jelas bisa dilihat di google atau yang lainnya.

Ya kalau saya sih emang wajib tahu kayak begitu tuh soalnya kita ini warga Negara Indonesia boss kalau gak tau ya harus tau. kalau udah tau ya kasih tau yang belum tau gitu loh. Dizaman sekarang makin menipis orang --orang yang memikirkan bangsa. Padahal ya gitulah mau dijelaskan gimana lagi namanya identitas nasional ya itu hehe. Identitas nasional gampangannya sih jati diri gitu loh kalo gaktau identitasnya berarti gak kenal dong.

Coba lihat situasi di sekitar anda anda semua sekarang ini. Apakah seperti yang saya omongkan bahwa masih banyak yang tidak tau idntitas nasional? Padahal kita bisa hidup seperti yang sekarang ini juga berkat pahlawan pahlawan yang memerdekakan nnegeri ini. Pahlawan berjuang mati matian demi memerdekakan Negara ini. Negara yang kita huni. Negara yang kita tinggali. Negara yang kadang kita juga benci atas apa yang tersistemm dinegara ini kan. Sebenarnya agama juga menjadi unsur identitas nasional soalnya secara tidak langsung jika suatu Negara tidak ada agamanya maka Negara itu seakan akan tidak bersyukur kepada tuhan. Dan ini seperti pancasila sila pertama yang mewajibkan seluruh warga Indonesia wajib menganut agama masing-masing.

Budaya diindonesia sangat banyak. Ini menjelaskan bahwa budaya diindonesia termasuk identitasnya. Indonesia kaya akan segala hal dan menurut saya identitas banga kita sangat banyak sampai-sampai bikin iri Negara lain. Kita lihat dari alam kita nih. Negara kita adalah Negara kita memiliki banyak pulau,gunung,pantai dan lautan yang luas. Yang mana Negara lain gaada yang menyamai ini. Perlu kita sadari bahwa perhatian kita ke Negara ini memang terkadang kurang saya saja untung tertolong sama matkul pancasila. Kalau nggak pasti sudah lupa sama Negara dan berkurang jauh rasa kebangsaan. Mngkin anda-anda sekalian juga merasa begitu ya mudah mudahan saya salah.

Maka dari itu marilah kita tanamkan pada diri kita rasa kebangsaan ini. Masa kita tega mengsia siakan perjuangan pahlawan kita yang berjuang memerdekakan Negara ini. Seharusnya kita malu kalau tidak menghargai perjuangan para pahlawan kita. Karena kita hanya ber enak enakan dinegara ini dan sedangkan para pahlawan kita mempertaruhkan nyawanya demi memerdekakan Negara Indonesia.

Banyak hal yang bisa dilakukan guna menghargai para pahlawan yah salah satunya kita harus belajar yang rajn juga. Orang yang Menderita Sakit Pinggul dan Lutut Harus Tahu! Untuk mempertahankan identitas nasional ini saya lihat di google dapat dilakukan dengan cara mengembangkan nasionalisme, pendidikan, pelestarian budaya dan usaha bela Negara.

Di era globalisasi tantangan-tantangan yang kita hadapi ada banyak. Misalnya lunturnya nilai nilai luhur didalam kehidupan berbangsa dan Negara. Nilai nilai yang terkandung dalam pancasila belum sepenuhnya digunakan sebagai acuan sikap dalam kehidupan sehari hari.

Kita perlu memberdayakan identitas nasional karena dapat disimpulkan pemberdayaan identitas nasional adalah suatu upaya, daya dan kekuatan banggsa dalam menjaga eksistansi identitas nasional ditengah era globalisasi. Oleh sebab itu perlu adanya pemberdayaan identitas nasional khususnya bagi generasi muda dengan cara menanamkan kembali nilai nilai pancasila.

Di lingkungan saya masih jarang orang yang menerapkan nilai-nilai pancasila ya terutama saya sendiri mungkin juga terkadang tidak menerapakan ya karna lupa. tetapi kalian harus ingat ya gais jangan seperti saya. Yang terkadang ingat terkadang nggak. Ya mari kita selalu mengingat nilai-nilai pancasila dan menerapkan di kehidupan sehari hari karena pancasila adalah ideology bangsa kita.ya seperti tadi kita harus menghargai perjuangan paahlawan kita yang bersusah payah mempertaruhkan nyawa demi memerdekakan bangsa

Indonesia memiliki identitas nasional yang identik untuk dijadikan kekayaan yang sangat istimewa, dimana kerukunan tercipta dalam kehidupan masyarakatnya. Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah yang mana bisa di manfaatkan oleh masyarakat dari Sabang sampai Merauke. Bangsa Indonesia menganut wawasan yang berlandaskan Pancasila.

Oleh karena itu, identitas nasional ini berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh. Identitas nasional ini menunjukan karakteristik suatu bangsa yang mengimplementasikan identitas tersebut untuk mencakup kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Implementasi ini dibuat dengan sederhana yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan nilai-nilai Pancasila, dan menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia.

Nah itu tadi opini saya tentang identita naisonal maaf kalo bulet kayak benang layangan hehe.

Daftar Pustaka

A. Ubaidillah, dkk. Pendidikan Kewargaan (Civic Education), Jakarta: IAIN

Jakarta Press, 2000.

Lubis, Maulana Arafat, Pembelajaran PPKn di SD/MI, Yogyakarta: Samudra

Biru, 2018.

Sunarso, dkk. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn untuk Perguruan Tinggi),

Yogyakarta: UNY Press, 2013.

Khon, Prof. Hans, Nasionalisme Arti dan Sejarahnya, Jakarta: Erlangga, 1984

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image