Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shafira Adlina

Rekomendasi Kegiatan Seru Sambil Menunggu Waktu Berbuka

Agama | Thursday, 30 Mar 2023, 10:56 WIB
olahan pribadi

Saat bulan puasa dianjurkan untuk melakukan berbagai kegiatan positif, apalagi ketika menunggu waktu berbuka puasa. Momen-momen menunggu waktu buka puasa sering juga disebut dengan ngabuburit. Banyak kegiatan dan hiburan seru yang bisa kamu lakukan, saat menunggu waktu berbuka baik keluar rumah ataupun di rumah saja juga boleh.

Untuk yang suka di rumah beberapa hal bisa dilakukan asalkan Wifi rumah kencang, sudah pasti kamu tidak perlu bepergian jauh apalagi bagi yang mager. Wajar saja rasanya jika mager saat jam-jam menuju waktu berbuka. Namun bukan berarti, kamu tidak bisa melakukan kegiatan positif dan harus bermalas-malasan.

Pilihan Kegiatan Saat Menunggu Berbuka

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menunggu waktu berbuka.

#1. Masak Menu Berbuka

Kegiatan positif pertama yang bisa kamu lakukan untuk menunggu waktu berbuka adalah masak menu buka puasa. Tentu saja masak menu buka puasa tidak hanya dilakukan ibu rumah tangga tapi siapa saja, baik kamu anak kos atau yang memang tinggal di rumah sendiri dan masih single.

Untuk ibu rumah tangga, kamu bisa mengajak anggota keluarga di rumah untuk masak bareng menu berbuka. Atau jika kamu tinggal di kos-kosan, maka bisa ajak teman satu kosan untuk masak menu berbuka. Jangan lupa bisa juga berbagi menu buka puasa ke tetangga dan sanak saudara.

#2. Berburu Takjil

Jika kamu bosan masak menu buka puasa, sesekali kamu bisa pergi berburu takjil. Di bulan suci Ramadhan tidak susah untuk mencari warung-warung yang menjual menu buka puasa dengan berbagai variasi menu. Bahkan di berbagai daerah bermunculan pasar Ramadhan dadakan, yang isinya jual hampir 100% jualan menu berbuka.

Jika malas berburu takjil ke pasar Ramadhan, maka kamu bisa cari-cari makanan untuk berbuka puasa lewat toko online. Dengan memanfaatkan Wifi rumah yang kencang, maka beli menu buka puasa bisa hanya dengan memanfaatkan smartphone saja.

#3. Beres-beres Rumah

Berikutnya kegiatan positif dan seru yang bisa kamu lakukan saat menunggu waktu berbuka adalah beres-beres rumah. Kegiatan ini tidak akan melelahkan jika kamu lakukan bersama-sama dengan anggota keluarga yang ada di rumah.

Jika kamu sendirian di rumah atau kos-kosan, bisa menyusun jadwal tertentu saat beres-beres. Misalnya hari Senin jadwalnya membersihkan kamar mandi, hari Selasa merapikan lemari, Rabu bersih-bersih meja belajar dan seterusnya. Sembari beres-beres, agar tidak membosankan kamu bisa sambil mendengarkan ceramah ustad lewat YouTube hingga mendengarkan musik dengan memanfaatkan Wifi rumah, yang koneksinya stabil.

#4. Baca Buku

Untuk yang males ke mana-mana, kamu bisa pilih baca buku saja di rumah. Banyak jenis buku yang bisa kamu baca mulai dari buku novel, buku self improvement, buku seputar sejarah dan politik dan masih banyak lagi. Jika kamu belum punya buku bacaan baru dalam bentuk fisik, kamu bisa baca buku secara digital.

Saat ini banyak platform yang menyediakan buku bacaan digital yang bisa kamu beli atau bisa juga cari gratisan dengan padahal download saja. Kamu bisa manfaatkan Wifi rumah untuk download buku bacaan gratisan tadi, agar kegiatan ngabuburit di rumah tidak membosankan.

#5. Belanja Online

Kegiatan ini tentu saja punya sisi positif dan sisi negatif. Sisi positifnya adalah biasanya ketika sedang membuka platform atau marketplace belanja online, kamu akan merasa asik sendiri memilih-milih barang apa yang akan kamu beli.

Namun sisi negatifnya adalah kamu bisa saja kalap dan menghabiskan uang yang kamu punya untuk beli berbagai barang. Padahal sebenarnya barang tersebut belum tentu kamu butuhkan namun karena nafsu belanja meningkat kamu menjadi boros. Untuk mensiasati belanja online aman saat ngabuburit di rumah, maka kamu bisa catat terlebih dahulu barang apa saja yang akan dibeli.

Hal ini bisa membuat kamu tetap fokus mencari barang-barang yang ada di dalam catatan saja. Agar kegiatan belanja online tetap nyaman, pastikan Wifi rumah koneksinya stabil agar jaringan tidak putus-putus seperti IndiHome dari Telkom Indonesia.

#6. Tadarusan

Kegiatan positif lainnya yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka sambil sekalian menambah pahala adalah tadarusan. Tadarusan bisa kamu lakukan bersama anggota keluarga di rumah dan merupakan aktivitas yang cukup relevan pada momen Ramadan.

Kamu bisa mengajak anak untuk ngaji bersama ataupun suami. Cara ini juga bisa membuat anak terbiasa untuk belajar mengaji dan rajin membaca Alquran hingga dewasa.

#7. Menemani Anak Belajar Dirumah

Terakhir referensi kegiatan yang bisa kamu lakukan sambil menunggu atau berbuka adalah menemani anak belajar di rumah. Biasanya di bulan puasa anak-anak tetap menjalankan aktivitas sekolah. Untuk itu anak juga tidak boleh melupakan yang namanya belajar meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.

Ibu dan ayah bisa mendampingi anak belajar sambil menunggu waktu berbuka. Atau sesimpel mendampingi anak untuk mengerjakan PR. Hal ini juga bisa jadi salah satu solusi untuk menjaga kedekatan antara orang tua dan anak.

Itu tadi beberapa kegiatan seru dan menghibur yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka. Untuk yang lebih suka menghabiskan waktu di rumah saat berbuka. Semoga bermanfaat, salam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image