Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image isdie

Bangsa Yunani Kuno pun Berpuasa

Sejarah | Wednesday, 29 Mar 2023, 00:08 WIB
Yunani bangsa yang memiliki peradaban terkenal ternyata mempunyai tradisi yang tidak diekspos yaitu puasa

Kata Yunani apabila terdengar maka akan terlintas dibenak kita bahwa sebuah bangsa zaman kuno atau sebelum Masehi yang terkenal dengan peradabannya. Peradaban Yunani terkenal pada zamannya dan masih diakui eksistensinya sampai sekarang karena dimasa peradaban Yunani lahir para ilmuwan-ilmuwan serta filsuf yang sampai sekarang masih dijadikan acuan dalam pengembangan disiplin keilmuan.

Tahukah kita dibalik kesuksesan dan kebesaran peradaban Yunani ada salah satu amalan dan tradisi yang jarang sekali terekspos. Salah satu ritual dan kebiasaan bangsa Yunani adalah menunaikan puasa. Puasa yang dilakukan oleh bangsa Yunani dilakukan bukan hanya oleh rakyat biasa tetapi bahkan diwajibkan kepada para prajurit-prajurit atau tentara bangsa tersebut. Mengapa diwajibkan kepada prajurit karena menurut mereka apabila prajurit akan berangkat berperang maka mereka diwajibkan untuk berpuasa terlebih dahulu beberapa hari,dengan berpuasa sebelum berperang selain sebagai salah satu bentuk pemujaan kepada dewa perang yang lebih utama adalah dengan berpuasa sebelum perang prajurit akan meningkat semangat bertempurnya dan meningkatnya kualitas tenaga dan kekuatan fisiknya.

Berpuasa juga dilakukan oleh para tokoh filsuf Yunani, mereka para filsuf biasanya melakukan puasa sambil menuangkan gagasan dan pemikirannya karena selain bentuk pengabdian kepada para dewanya puasa juga mereka lakukan untuk meningkatkan efektivitas pemikiran serta meningkatkan produktivitas hasil pemikirannya.

Tradisi puasa para prajurit Yunani tersebut diadopsi oleh tentara Romawi juga, serta tradisi puasa para filsuf ditiru oleh para orang suci setelahnya.

Kebiasaan puasa bangsa Yunani ternyata mengadopsi kebiasaan puasa bangsa Mesir kunoari sinilah mungkin dapat diambil korelasi bahwa puasa memang diperintahkan oleh Allah bukan hanya umat Islam dari nabi Muhammad sampai sekarang tetapi memang juga telah disyariatkan juga bangsa-bangsa terdahulu meskipun berbeda dalam pelaksanaannya. Apabila bangsa Yunani meniru bangsa Mesir kuno bukan tidak mungkin puasa bangsa Mesir juga perintah Allah karena ada beberapa nabi yang diutus Allah di Mesir sehingga ritual puasa dilakukan oleh bangsa mesir.

Puasa bangsa Yunani yang menurut asumsi adalah adopsi dari bangsa Mesir bisa dibenarkan tetapi mungkin juga puasa bangsa Yunani mengikuti nabi yang diutus di Yunani, dan hal itu tidak diketahui atau tidak di kespos karena pemangku kekuasaan pada waktu itu adalah para paganisme.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image