Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Wujudkan Generasi Intelektual Matematika, HIMATIKA UMP Gelar Lomba Tingkat Nasional

Edukasi | Monday, 27 Mar 2023, 17:57 WIB
Wujudkan Generasi Intelektual Matematika, HIMATIKA UMP Gelar Lomba Tingkat Nasional

Lomba Matematika Tingkat Nasional kembali dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Acara yang bertajuk "Mewujudkan Generasi Intelektual Matematika di Era Society 5.0" sukses digelar di Auditorium Ukhuwah Iskamiyah UMP, pada Sabtu (18/03/2023).

Lomba Matematika Nasional tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK resmi dibuka Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Al Islam Kemuhammadiyahan Assoc Prof Akhmad Darmawan MSi PhD serta dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SD Kabupaten Banyumas Ichya Mahluqie ST, Kapolsek Kecamatan Kembaran AKP Sukiyah SH, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Efi Miftah Faridli MPd, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Drs Eko Suroso MPd, Kaprodi Pendidikan Matematika Dr Anton Jaelani SPd, MPd dan juga para civitas akademik.

Sebanyak 595 peserta ikut meramaikan perlombaan ini dengan 227 peserta tingkat SD/MI, 180 peserta tingkat SMP/MTs dan 188 peserta tingkat SMA/MA dan SMK.

Kepala Bidang Pembinaan SD Kabupaten Banyumas Ichya Mahluqie ST sekaligus mewakili Bupati Kabupaten Banyumas dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada para panitia atas terselenggaranya lomba tersebut matematika serta harapan atas terlaksananya lomba ini.

"Selamat atas terselenggaranya lomba matematika tingkat nasional 2023. Semoga lomba ini bisa menjadi sarana yg tepat untuk memotivasi dan mendorong pada khususnya generasi muda untuk belajar dan berlatih untuk mencapai prestasi yg terbaik pada khususnya bidang matematika," ucapnya

Lebih lanjut, disampaikan beberapa kemampuan yang harus dimiliki untuk menciptakan SDM yang mampu bersaing di era 5.0 serta motivasi untuk para peserta lomba.

"Adapun kemampuan yang harus dimiliki adalah kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikasi dan kolaborasi. Sehingga para peserta secara langsung dapat mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin dengan tetap mengikuti perlombaan dengan ceria, penuh semangat, percaya diri serta konsentrasi yang tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Al Islam Kemuhammadiyahan Assoc Prof Akhmad Darmawan MSi PhD mengatakan Lomba Matematika Tingkat Nasional kali ini, mengenai antusiasme dari peserta dan juga apresiasi khususnya kepada para juara.

"Suatu lomba dapat dikategorikan tingkat nasional apabila sudah mencapai target 5 Provinsi, akan tetapi HIMATIKA UMP sudah melebihi target awal dengan sebaran peserta terdiri dari 7 Provinsi dimana hal ini merupakan prestasi dari para panitia yang bertugas. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi UMP sendiri akan memberikan kelonggaran biaya pendaftaran bagi juara 1, 2 dan 3 lomba matematika nasional tingkat SD/MI yang akan melanjutan sekolah di SMP UMP serta memberikan Beasiswa Full non Kedokteran untuk juara 1, 2 dan 3 lomba matematika nasional tingkat SMA/MA dan SMK yang akan melanjutkan berkuliah di UMP," pungkasnya.

Dani Fauzan sebagai Ketua Panitia Lomba Matematika Nasional 2023, dalam wawancaranya menyampaikan suka duka dan harapan atas terlaksananya Lomba Matematika Tingkat Nasional kali ini.

"Mengingat persiapan yang kurang lebih tiga bulan saya mewakili panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang berkenan membantu dalam menyukseskan acara ini. Lomba matematika tingkat nasional ini merupakan kali ke delapan dilaksanakan dari total 32 lomba matematika oleh HIMATIKA UMP. Adapun harapan kami kepada para peserta lomba yakni semoga para peserta dapat melanjutkan prestasinya, minat dan bakatnya dibidang matematika," katanya.

Dalam lomba tersebut, untuk tingkat SD/MI Nararya Rafa Suryawirawan dari SDN 1 Barongan Kudus berhasil keluar menjadi juara 1, dilanjutkan posisi kedua ada Clarissa Natania dari SD Cahaya Nur Kudus dan posisi ketiga ada Tishiena Lovenath Unarta SD 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto.

Selanjutnya untuk tingkat SMP/MTs juara 1 ada Neisya Calya Mahardhika dari SMP Pribadi Depok, dilanjutkan posisi kedua ada Esther Gloria Abigail Mamesah dari SMP Negeri 2 Depok dan posisi ketiga ada Gabriella Natalia Rosa Karsono dari SMP PL Bintang Laut Surakarta.

Sementara itu untuk juara Lomba Matematika Nasional tingkat SMA/MA dan SMK juara 1 ada Muhammad Allif Qalbiy dari MAN Insan Cendekia Pekalongan, posisi kedua ada Sasy Okti Karima dari MAS Al Hikmah 2 dan posisi ketiga ada Krisna Waluyo dari SMA Katolik ST. Albertus Malang. (qbi/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image