Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dini Nadya

Bank Syariah Indonesia

Ekonomi Syariah | Monday, 27 Mar 2023, 14:50 WIB

Bank syariah adalah bank yang kegiatan operasionalnya berpedoman pada usaha yang dilakukan pada zaman nabi muhammad SAW karena bank syariah bersumber pada al-quran dan hadist. Adapun yang saya ketahui bank syariah adalah salah satu bank terbesar ke 8 di Indonesia. Bank syariah sendiri merupakan tonggak dalam mencapai kemaslahatan karena bank syariah menerapkan prinsip kejujura dan keadilan. Didalam bank syariah terdapat beberapa akad untuk melakukan transaksi diantaranya akad mudharabah, muasyarakah, murabahah, wadiah, dan ijarah.

Dalam hukum islam, bunga adalah riba dan diharamkan. Sebagai gantinya, penentuan imbalan terhadap dana yang dipinjamkan maupun yang disimpan dalam bank syariah ditetapkan berdasarkan prinsip bagi hasil sesuai dengan hukum islam.

Yang saya ketahui bank syariah bukan untuk memaksimalkan keuntungannya melain untuk memberikan keuntungan bagi ekonomi bagi umat muslim. Adapun prinsip bank syariah antara lain:

1. Islam melarang konsep ”menghasilkan uang dari uang”. Uang hanyalah media pertukaran dan bukan komoditas karena tidak memiliki nilai instrinsik.

2. Investasi hanya boleh diberikan kepada usaha-usaha yang tidak diharamkan oleh Islam.

3. Pemberi dana wajib untuk berbagi keuntungan dan kerugian sebagai akibat hasil usaha institusi yang meminjamkan dana.

Untuk mencermati bank syariah sudah sesuai syariah atau belum ya sederhana saja, yakni ketika bank syariah tidak lagi melakukan ha-hal terlarang menurut fikih muamalah. Jadi, bank syariah yang ada saat ini apakah sudah sesuai dengan ketentuan fikin muamalah? Insya allah sudah karena setiap mekanisme operasional dan bisnis bank syariah sudah dijalankan sesuai dengan fatwa syariah nasional, majelis ulama Indonesia dan setiap bank syariah pasti ada dewan pengawas syariah yang akan mengawasi operasional dan bisnis bank syariah. Jika memang masih ada kekurangan dan kecurangan di sana sini, mari kita terus ikut mengawasidan memberikan dukungan demi kebaikan dan perbaikan bank syariah.

Apakah system di bank syariah benar-benar beda dibandingkan dengan bank konversional? Tidak sepenuhnya sama dan tidak sepenuhnya beda. Yang syariah ya tetap digunakan, yang tidak sesuai syariah ya disesuaikan dengan syariah. Yang tidak sesuai syariah dan tidak mungkin bisa dihalalkan lagi, maka tidak dipergunakan dalam praktik bank syariah.

penulis: dini nadya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image