Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Membuat Virgin Coconut Oil dari Kelapa

Eduaksi | Monday, 27 Mar 2023, 09:37 WIB
Mahasiswa KKN Anak Bangsa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sosialisasikan pembuatan virgin coconut oil di Sorobali, NTB (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Anak Bangsa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan pelatihan pembuatan virgin coconut oil (VCO) pada 17 Maret 2023 di posko Posyandu Dusun Sorobali, Desa Karampi, Langgudu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 14.30–16.30 WITA. Sebanyak 20 orang mengikuti pelatihan dengan antusias.

Hingga kini, kelapa masih menjadi komoditi utama di Provinsi NTB dengan jumlah produksi pada tahun 2021 mencapai 48.828 ton. VCO merupakan salah satu produk minyak yang dihasilkan dengan mengekstrak daging buah kelapa tanpa pemanasan atau proses kimia lainnya. Produk ini diklaim memiliki bermanfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sistem pencernaan, membantu mengendalikan kolesterol, hingga mencegah penyakit kardiovaskuler.

Sebelum membuat VCO, masyarakat diberikan materi terlebih dahulu oleh Ahmad Rifai Sanuhung selaku perwakilan tim KKN Anak Bangsa. Setelah penyampaian materi selesai, kegiatan dilanjut dengan menyiapkan 2 buah kelapa tua.

Kelapa diparut dan diperas sampai menghasilkan santan. Selanjutnya, santan dituangkan ke dalam wadah dan didiamkan selama 3 jam agar mengendap. Setelah santan dan air terpisah, santan difermentasi selama 1 × 24 jam sampai menghasilkan minyak pada bagian atas, blondo (produk sampingan minyak) di bagian tengah, dan air di bagian bawah. Terakhir, minyak di bagian atas disaring untuk memperoleh hasil VCO yang lebih bening.

Nurbaiti Syafi’i, salah satu peserta pelatihan, mengaku sangat senang bisa membuat VCO. “Ini menjadi hal baru di Dusun Sorobali. Biasanya, kami hanya memanaskan santan sampai mengeluarkan minyak, baru tahu ternyata bisa dengan fermentasi. Saya jadi penasaran dan ingin mencoba di rumah nanti,” ujarnya. (ish)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image