Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tsantoid

7 Mesin Pencari Selain Google

Teknologi | Sunday, 26 Mar 2023, 16:03 WIB

Di era digital seperti sekarang ini, mesin pencari sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali informasi yang bisa kita gali dari mesin pencari, mulai dari hanya sekedar mencari artikel, tutorial, gambar, musik, video, aplikasi, hingga mencari barang yang tersedia di toko online. Semua informasi yang kita cari akan langsung ketemu dengan hanya memasukan keyword atau kata kunci pada kolom pencarian.

Dalam hal ini, Google masih menjadi mesin pencari favorit yang paling banyak digunakan oleh pengguna, baik melalui perangkat smartphone, tablet maupun desktop.

Namun tahukah kalian, ternyata selain Google, masih banyak loh mesin pencari alternatif yang nyaman digunakan untuk mencari banyak informasi yang mungkin belum kalian temukan di Google.

Mesin pencari berikut mungkin belum pernah kalian dengar sebelumnya, nah berikut daftar 7 Mesin Pencari Alternatif Selain Google yang bisa kalian coba.

7 Mesin Pencari selain Google

1. Bing

Bing merupakan mesin pencari pertama dalam ulasan yang saya rekomendasikan untuk kalian coba. Bing menguasai 4.30% trafik pencarian global, dengan menduduki 41 peringkat situs populer dunia dan peringkat 3 mesin pencari populer dunia (data alexa).

Bing menawarkan banyak kategori pencarian seperti Web, Images, Videos, Maps, Translate dan News.

Selain itu bing search engine sekarang sudah terintegrasi dengan Microsoft Office Online. Fitur Safe Search yang tersedia pada Bing memberikan perlindungan user dari kemungkinan serangan malware yang bersembunyi dibalik laman web.

2. Yandex

Yandex adalah mesin pencari paling populer di Rusia, yang digunakan oleh lebih dari 53 persen pengguna internet Rusia, Belarus, Kazakhstan, Turki dan Ukraina.

Yandex dilengkapi dengan kategori jenis penelusuran yang hampir sama dengan Google seperti Web, Images, Video, Mail, Maps, AppMetrica dan Translate.

Yandex juga menyediakan layanan penyimpanan Cloud yaitu Yandex disk, pengguna dapat langsung mencari file pribadi dari bilah penelusuran mesin pencari.

3. Ask

Ini merupakan mesin pencari yang belum diketahui banyak orang. Ask bekerja dengan menggunakan algoritma yang unik. dimana saat pengguna mencari informasi menggunakan kata kunci, maka otomatis Ask akan langsung memberikan relasi jawaban yang relevan dengan keyword yang diinput pengguna.

Ask menempati posisi 145 peringkat situs populer dunia serta menguasai 4.20% trafik pencarian global. Namun sayangnya Ask belum melengkapi kategori pencariannya, sehingga hasil yang ditampilkan hanya berupa web dan video.

4. Duckduckgo

Jika kalian ingin mengunakan mesin pencari yang melindungi data privasi penggunanya, maka silakan menggunakan Duckduckgo.com. Situs mesin pencari tersebut sesumbar mengatakan tidak akan mengumpulkan atau menyimpan informasi data pengguna. Hal ini bisa menjadi mesin pencari alternatif yang bisa digunakan tanpa khawatir ancaman kebocoran data atau privasi.

Duckduckgo menempati posisi 183 peringkat situs popluer dunia dengan menguasai 3.20% trafik pencarian global.

5. CC Search

Mesin pencari ini menyediakan hasil pencarian konten bebas hak cipta. CC Search sangat cocok bagi kalian yang ingin mencari musik, gambar untuk postingan blog, atau konten apapun yang berhubungan dengan hak cipta. Karena dengan menggunakan situs ini kalian bebas mencari konten apapun dan tidak perlu khawatir lagi terkena kasus hak cipta saat akan menambahkanya kedalam video youtube maupun blog.

6. Gibiru

Mereka mengklaim hasil pencarian mereka yang bersumber dari algoritma Google yang dimodifikasi, sehingga pengguna dapat mendapatkan informasi yang mereka cari tanpa khawatir akan terkena fitur pelacakan.

Gibiru tidak menggunakan fitur Cookie sehingga dapat melindungi privansi pengguna dari aktifitas pelacakan.

7. Search Encrypt

Search Encrypt merupakan salah satu mesin pencari yang menggunakan enkripsi lokal untuk memastikan pencarian pengguna tetap aman dan private. Search Encrypt menggunakan kombinasi dari metode enkripsi yang mencakup enkripsi Secure Sockets Layer dan enkripsi AES-256.

Salah satu kelebihan dari Search Encrypt adalah bahwa history pencarian pengguna akhirnya akan kedaluwarsa, sehingga informasi pengguna akan tetap aman bahkan apabila orang lain memiliki akses lokal ke komputer.

Bila pengguna memasukkan kata kunci, Search Encrypt akan mencari hasil pencarian dari jaringan mitra penelusuran dan selanjutnya memberikan informasi hasil pencarian kepada pengguna.

Akhir Kata

Jumlah mesin pencari didunia ini sebenarnya sangat banyak sekali dan sebagian besar mesin pencari yang ada belum dimanfaatkan dengan maksimal , hal itu mungkin karena minimnya informasi tentang mesin pencari tersebut. Oh yah indonesia juga sudah mempunyai mesin pencari sendiri lho, namanya Geevv. Good job!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image