Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Kenalkan Pendidikan Karakter Melalui Film

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 25 Mar 2023, 12:33 WIB
KKN Anak Bangsa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berikan edukasi pendidikan karakter kepada Siswa SD Inpres Nanga Ni'u (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Anak Bangsa Periode 8 memberikan edukasi pendidikan karakter kepada siswa SD Inpres Nanga Ni’u, Desa Karampi, Langgudu, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 16-2-2023. Kegiatan tersebut dilakukan melalui pemutaran film animasi dengan tujuan menumbuhkan nilai-nilai positif pada anak.

Agenda ini dilatarbelakangi atas kepedulian tim KKN Anak Bangsa tentang pentingnya pembentukan karakter bagi anak didik. Pemutaran film berjudul Nusa dan Rara serta Pada Zaman Dahulu dipilih sebagai metode edukasi karena dinilai mampu untuk dicerna dengan mudah oleh para siswa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dari kelas 1‒6.

Alim, Ketua Unit IV KKN Anak Bangsa, menyampaikan bahwa kegiatan edukasi ini memberikan dampak positif bagi anak-anak. Terlebih di era disrupsi seperti sekarang yang cenderung minim karakter dan etika. “Kami melihat bahwa karakter positif penting untuk ditanamkan sejak dini. Jadi ketika mereka tumbuh nanti, sifat-sifat tersebut sudah tertanam menjadi karakter yang baik,” terang Alim.

Sementara itu, Amin selaku Kepala Sekolah SD Inpres Nanga Ni’u juga mengaku sangat terbantu dengan hadirnya tim KKN Anak Bangsa yang mengajarkan pendidikan karakter kepada siswa. Menurutnya, pembelajaran seperti itu adalah inovasi baru yang masih jarang dilakukan oleh guru-guru di SD Inpres Nanga Ni’u.

“Dengan pemutaran film ini, anak-anak dapat mengambil pelajaran dari kisah yang disajikan, dan itu sangat bermanfaat bagi mereka. Terlebih ini termasuk hal yang baru bagi anak-anak desa yang jauh dari perkotaan,” tutur Amin.

Antusiasme siswa sangat luar biasa terhadap kegiatan tersebut, ditambah lagi ini merupakan kali pertama bagi mereka merasakan media pembelajaran serupa. Para guru juga meminta agar kegiatan ini tidak hanya satu kali diadakan, tetapi bisa rutin sebagai media dan strategi pembelajaran. Melalui kegiatan itu, tim KKN Anak Bangsa berharap pesan yang disampaikan dalam film bisa benar-benar dipraktikkan oleh para siswa dalam kehidupan sehari-hari. (tsa)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image