Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Aulia

Pembuangan Sampah di Sungai Menyebabkan Banjir di Pekon Pardasuka Kabupaten Pringsewu

Info Terkini | Thursday, 23 Mar 2023, 04:51 WIB

Pekon pardasuka, kabupaten Pringsewu, masih saja ada warga yang membuang sampah ke sungai, hal seperti ini sudah berlangsung lama, meski sudah dilarang membuang sampah ke sungai, namun warga setempat tetap saja membuang sampah ke sungai. (21/3/2023) Pak Kajisukri adalah salah satu kesaksian warga sekitar lokasi. Katanya kalau mau buang sampah jangan dibuang ke sungai, sampah itu harus dibakar atau dikubur supaya tidak merugikan kita, karena kalau kita tetap membuang sampah di sungai itu akan sangat merugikan. orang.

“Beliau mengungkapkan jika kita tidak menjaga lingkungan, jika kita menjaganya, siapa lagi yang akan merasa nyaman bagi kita, tetapi jika kita tidak menjaganya seperti dulu, akan banyak orang membuang sampah di sungai yang tidak baik bagi kita dampaknya karena membuang sampah ke sungai mencemari lingkungan, menimbulkan bau tidak sedap dan membuat kita mudah sakit.”

“Kebiasaan membuang sampah sembarangan di selokan atau sungai bisa mengakibatkan banjir. Meski dianggap sepele, ternyata sudah terbukti menjadi penyebab umum terjadinya banjir. Banjir bisa terjadi saat hujan deras akibat tumpukan sampah, tapi air tidak bisa mengalir. keluar." Mengalir ke sungai karena penumpukan sampah. "

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya banjir, salah satunya adalah pembuangan sampah sembarangan di sungai

Pembuangan sampah yang tidak tepat, terutama di sungai atau kali, dapat menyebabkan banjir karena saluran air tersumbat oleh sampah dan kotoran. Penumpukan sampah di sungai juga mengganggu aliran air dan menyebabkan material terendapkan di dasar sungai, sehingga mengurangi kapasitas sungai dan meningkatkan risiko banjir.

Selain itu, pembuangan limbah yang tidak tepat dapat merusak ekosistem sungai, mengancam kelangsungan hidup flora dan fauna di dalamnya, serta berdampak negatif bagi kesehatan manusia yang mengandalkan air sungai sebagai sumber air minum.

Oleh karena itu, penting untuk membuang sampah dengan benar dan tidak membuangnya ke sungai atau kali. Pemerintah dan masyarakat perlu bahu-membahu menjaga kebersihan sungai dan lingkungan sekitarnya serta melakukan tindakan preventif untuk mencegah banjir akibat pembuangan sampah yang tidak tepat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image