Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Refleksi Diri Menjelang Ramadhan

Agama | Tuesday, 21 Mar 2023, 06:22 WIB

Tidak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi, bulan suci Ramadan merupakan waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Saat-saat di mana setiap amalan dilipat gandakan dan banyak sekali berkah yang bisa kita rasakan.

Tausiyah oleh Direktur Al-Hikmah Boarding School Batu, Dr. Edy Kuntjoro, M.Pd

Menjelang datangnya bulan Ramadhan ini, direktur Al-Hikmah Boarding School Batu, Dr. Edy Kuntjoro, M.Pd dalam tausiyahnya menyampaikan kepada seluruh siswa untuk merefleksi diri dalam menghadapi bulan Ramadhan. Beliau mengisahkan tentang Iskandar Dzulqarnain ketika akan menaklukkan India, dimana ketika itu pasukan Iskandar Dzulqarnain melewati suatu sungai pada malam hari dan tidak ada pencahayaan sama sekali, kemudian pasukan diperintahkan untuk mengambil apapun yang mereka injak. Pada waktu itu pasukan terpecah menjadi 3 golongan, yang pertama pasukan yang meremehkan perintah tersebut sehingga tidak mengambil apapun, yang kedua yang hanya sekedar menjalankan perintah sehingga mereka mengambil hanya sekedarnya saja, dan yang ketiga pasukan yang dengan sungguh-sungguh menjalankan perintah dengan mengambil benda yang di injak sebanyak-banyaknya. Ketika pagi hari para pasukan kaget dengan apa yang mereka ambil, karena ternyata berupa batu permata dan berlian. Sungguh menyesal bagi pasukan yang hanya mengambil sedikit, apalagi yang meremehkan perintah dengan tidak mengambil sama sekali. Sedangkan pasukan yang bersungguh-sungguh menjalankan perintah bersuka ria dengan banyaknya batu permata dan belian yang mereka ambil.

Dari cerita ini, direktur Al-Hikmah Boarding School Batu, Dr. Edy Kuntjoro, M.Pd menegaskan kepada seluruh siswa dan guru agar senantiasa bersungguh-sungguh dalam menjalankan perintah Allah SWT terutama di bulan suci Ramadhan nanti yang pahalanya akan dilipat gandakan. Yang biasanya baca Al-Qur'an hanya sedikit, maka di tambah lebih banyak, yang biasanya sholat malam hanya 2 rakaat ditambah lebih banyak, dan ibadah-ibadah lainnya. Jangan sampai kita hanya seperti hari-hari biasanya, apalagi lebih buruk. Karena nanti kita akan menyesalinya dikemudian hari, karena sesunggunnya penyesalan itu ada di akhir.

Semoga di bulan suci Ramadhan yang akan datang ini kita bisa meningkatkan ibadah kita, sehingga kita mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat dan mendapatkan keberkahan di bulan suci Ramadhan. Aamiin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image