Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mukhamad Nur Cahyo

Cara Mengirim Barang Selama Puasa Ramadhan

Info Terkini | Monday, 20 Mar 2023, 16:38 WIB

Indonesia - Dengan meningkatnya transaksi digital selama pembatasan sosial yang menjadi dampak pandemi COVID-19 ini, banyak pelaku usaha yang kelimpungan mencari tips pengiriman barang yang aman dan teratur untuk memastikan tingkat kepuasan pelanggan selalu terjaga. Terlebih bagi pemilik bisnis yang di bulan Ramadhan ini turut menjalankan puasa, fokus serta energi harus benar-benar diperhatikan dan dibagi dengan tepat agar bisnis dan ibadah dapat terus lancar tanpa terkendala.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam melakukan pengiriman barang, sehingga proses bisnis tetap teratur dan tak saling mengganggu.

1. Terapkan syarat dan ketentuan yang jelas

Agar pelanggan dapat terhindar dari kekecewaan, selalu terapkan syarat dan ketentuan pengiriman yang jelas di awal. Untuk mempermudah operasional bisnis, tetapkan satu waktu yang konsisten setiap harinya untuk melakukan pengiriman barang. Sebagai contoh, pastikan agar pelanggan tahu bahwa pengiriman barang akan dilakukan setiap pukul dua siang setiap hari kerja. Dengan demikian, pelanggan pun tahu jika pembayaran baru diselesaikan pukul empat sore, barang baru akan dikirimkan keesokan harinya saat pukul dua siang.

Dengan cara ini, kamu tak perlu harus bolak-balik ke jasa pengiriman barang setiap kali pelanggan menyelesaikan transaksi. Selain itu, waktu pengiriman barang yang konsisten setiap harinya tidak hanya membantu pelanggan memahami cara main pembelian, tetapi juga memastikanmu memiliki jadwal yang jelas dan teratur.

2. Selalu tawarkan asuransi sesuai dengan produkmu

Jasa pengiriman barang memang merupakan pihak ketiga di luar penjual dan pembeli. Namun, ketika barang rusak saat pengiriman, sering kali penjual menjadi pihak yang harus menanggung kerugian. Oleh karena itu, jika produk yang kamu pasarkan tergolong sebagai barang yang rentan atau mudah rusak, tawarkan kepada pelanggan untuk menggunakan asuransi atau biaya perlindungan tambahan. Jelaskan bahwa tanpa asuransi serta perlindungan tambahan ini, kamu selaku penjual tidak dapat bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada saat pengiriman.

3. Pos Indonesia Miliki Jasa Kirim Parcel

Tak kalah dengan jasa pengiriman lainnya, Pos Indonesia pun mampu mengirimkan barang berupa parcel. Namun Pos Indonesia pun memiliki ketentuan terhadap berat yang pastinya akan berkaitan pada beratnya parcel yang akan dikirim seperti pada “Dimensi Kiriman Barang (EMS dan Paketpos Cepat Internasional)” yaitu:

  1. Berat maksimal untuk EMS BARANG adalah 30kg
  2. Berat maksimal untuk Paketpos Cepat Internasional adalah 30kg

Baca Juga: Ekspedisi Surabaya Makassar, Ekspedisi Jakarta Makassar Sulawesi Selatan, Ekspedisi Surabaya Balikpapan, Jasa Pengiriman Barang Ekspedisi Surabaya Samarinda

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image