Tiga Fakta Unik Bahasa Prancis

Serba Serbi  

Setiap bahasa tentunya memiliki keunikkannya masing-masing, termasuk bahasa Prancis. Bahasa Prancis yang telah menyebar ke seluruh dunia, bahkan di Indonesi, beberapa sekolah dan kampus membuka mata pelajaran/kuliah Bahasa Prancis. Hingga, berbagai merekpun ada juga yang menggunakan bahasa Prancis. Berikut adalah tiga fakta unik bahasa Prancis.

ilustrasi : dok. republika.co.id

1. Bahasa Prancis adalah rumpun bahasa Roman

Bahasa Prancis berasal dari Vulgar Latin (bahasa Latin Umum). Baik bahasa Galia maupun Celtic yang diucapkan pada masa Gaul kuno sebelum invasi Romawi, dan bahasa Franka Kuno juga meninggalkan jejak pada bahasa Prancis. Pada tahun 1539, Francis I dari Prancis menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi pemerintahan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bahasa Prancis mulai diresmikan sejak abad ke-17, yang ditandai berdirinya Académie française pada tahun 1634. Uniknya, struktur bahasa Prancis tidak banyak mengalami perubahan. Selama abad ke-17, bahasa Prancis menjadi lingua franca Eropa dan menyebar ke seluruh dunia saat Prancis memperluas kerajaan kolonialnya. Saat yang sama, banyak bahasa-bahasa Eropa juga mulai menyebar.

2. Tidak banyak digunakan selama Revolusi Prancis

Tidak ada bahasa pemersatu pada saat revolusi Prancis dan tahun-tahun menjelang peristiwa itu (Revolusi Prancis). Semua orang saat itu berbicara dengan dialek mereka yang bervariasi di masyarakat.

Pada akhir Revolusi Prancis yang ditandai secara simbolis bahwa negara telah bersatu, salah satu sarana penting untuk berkomunikasi yaitu bahasa Prancis.

3. Kata-kata berbahasa Inggris berasal dari bahasa Prancis

Tahukah Anda, bahwa sekitar 45 persen kosa kata dalam Bahasa Inggris berasal dari Bahasa Prancis.? Ini terjadi setelah penaklukan Inggris oleh Norman pada tahun 1066, yang berakibat Bahasa Prancis mulai digunakan oleh kalangan bangsawan dan pemerintahan. Sejumlah besar kata dan ungkapan bahasa Prancis diserap ke dalam bahasa Inggris. Selama berabad-abad, bahasa Prancis tetap menjadi bahasa utama yang mempengaruhi bahasa Inggris modern. (Lutfi Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image