Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dhea Nila Anggraini-AKS D

4 Tanaman Obat yang Manfaatnya Sangat Besar untuk Kesehatan, dari Kurangi Stres Hingga Turunkan Kada

Eduaksi | Saturday, 18 Mar 2023, 18:11 WIB

Apotik hidup diartikan sebagai taman atau kebun yang memiliki beragam jenis tanaman bermanfaat bagi kesehatan seperti kumis kucing, temulawak, lidah buaya, sirih, serai dan masih banyak lagi. Untuk memiliki apotik hidup, Anda bisa menanamnya di halaman sekitar rumah.

Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan, apotik hidup juga bisa menjadikan rumah sebagai pemandangan hijau yang indah. Bisa Anda bayangkan, ketika Anda memiliki apotik hidup di halaman rumah, pastinya jika tetangga atau keluarga sakit Anda tidak perlu bingung untuk berobat, karena Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah.

Apa saja manfaat dari tanaman apotik hidup? Simak penjelasan berikut.

1. Kumis Kucing
Selain dijadikan tanaman hias, tanaman apotik hidup yang memiliki bentuk menyerupai kumis kucing ini mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti buang air besar, masuk angin, radang ginjal, kencing manis, bahkan menurunkan glukosa dalam darah.

2. Temulawak
Seperti yang sudah diketahui bersama, temulawak memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya obat herbal yang menggunakan temulawak untuk bahan utama pembuatannya. Berbagai penyakit yang bisa diobati dengan temulawak adalah sakit ginjal, pusing, sulit buang air besar, serta dapat menambah nafsu makan.

3. Lidah Buaya
Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan. Ya, lidah buaya mampu menangani beragam masalah kesehatan seperti peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta bisa digunakan sebagai sumber nutrisi dan suplemen.

4. Serai
Selain meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa sakit. Minyak atsiri dari bahan serai ini bisa mengusir nyamuk, menyegarkan udara, dan mengurangi stress.

Tanaman apotik hidup sudah lama dijadikan sebagai obat tradisional yang dianggap mampu mengobati berbagai penyakit. Sebaiknya, tanaman apotek hidup lebih dilestarikan, agar anak cucu kita merasakan nikmatnya obat-obat. Rawatlah apotek hidup yang tumbuh di sekitar kita, bersihkan dari gangguan hama ataupun tumbuhan lain yang merugikan.

Dhea Nila Anggraini Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image