Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Cara Menjaga Persatuan Umat Islam

Agama | Friday, 17 Mar 2023, 09:42 WIB
Prof. Madya Dr. Mohd Asri bin Zainul Abidin dari Malaysia, pemateri Tabligh Akbar di Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Sinta)

Tabligh Akbar bertema “Tauhid Al-Ummah” membahas tentang cara menjaga persatuan umat. Acara ini digelar di Masjid Islamic Center (IC) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan menghadirkan Prof. Madya Dr. Mohd Asri bin Zainul Abidin dari Malaysia dan Dr. H. Khoiruddin Bashori, M.Si. sebagai pembicara.

Pada kesempatan itu, terdapat 2 pembahasan inti yaitu mengenai sumber perpecahan umat dan cara menjaga persatuan umat. Perpecahan umat dapat bersumber dari penyakit wahn yang berarti penyakit cinta dunia dan takut akan kematian. Umat Islam yang seperti buih akan hancur apabila terjangkit penyakit wahn dan melupakan petunjuk Allah Swt.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam Q.S. Ali Imran ayat 100 yang berbunyi “Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu mengikuti sebagian dari orang yang diberi kitab, niscaya mereka akan mengembalikan kamu menjadi orang kafir setelah beriman”.

Untuk menghindari penyakit wahn dan tetap menjaga persatuan umat Islam, Allah telah memberikan petunjuk dalam Q.S. Ali Imran ayat 101 yang berbunyi “Dan bagaimana kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya (Muhammad) pun berada di tengah-tengah kamu? Barang siapa berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sungguh, dia diberi petunjuk ke jalan yang lurus”. Begitulah yang dijelaskan Mohd Asri bin Zainul Abidin.

Ia melanjutkan, “Umat Islam adalah satu kesatuan dan tidak terpisahkan sesuai dengan Q.S. Al Anbiya ayat 92 dengan kekuatan utama memiliki akidah yang baik. Selain itu, persatuan umat dapat terbentuk dengan saling bekerja sama menggerakkan organisasi masyarakat seperti Muhammadiyah.”

Khoiruddin Bashori selaku Pimpinan Pusat Muhammadiyah menambahkan bahwa persatuan umat dibangun dan dibentuk mulai dari lingkungan keluarga. Ayah dan ibu dalam keluarga membimbing dan mendidik anak dengan kasih sayang sesuai dengan Q.S. Ar Rum ayat 21. Komunikasi, saling menghormati, saling mempercayai, saling menghargai, dan saling memaafkan merupakan pondasi dari persatuan umat. (sin)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image