Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ibrahim Ishaq

Bacaan Doa Berbuka Puasa Ramadhan Bahasa Arab, Latin dan Artinya (Lengkap)

Agama | Friday, 17 Mar 2023, 08:40 WIB
Ilustrasi Gambar Berbuka Puasa
Ilustrasi Gambar Berbuka Puasa

Bulan Ramadhan ialah bulan paling karunia dalam satu tahun. Untuk agama Islam, bulan ini ialah bulan yang paling suci. Tiap tahun, 30 hari yang penuh karunia ini ditunggukan ketertarikan besar. Bahkan juga saat sebelum bulan ini datang, hadirnya telah berasa. Menanti waktu adzan magrib, barisan roti, penyiapan kue yang dibikin beberapa jam awalnya, dan beberapa hari yang penuh kesabaran. Saat waktu buka datang, yang dirayakan sesudah berpuasa selama seharian, sebagai peristiwa yang paling khusus dan penuh ketertarikan. Saat sebelum nikmati sajian sedap yang telah dipersiapkan, kita buka doa dan bersama mengusung tangan ke langit.

Sekarang, bulan Ramadhan yang penuh keceriaan kembali merapat. Kita mulai rasakan sedikit keceriaan dalam penyiapan menu membuka dan sahur, dan khususnya menunggu roti ciri khas yang cuma dibikin pada bulan Ramadhan di sejumlah kota. Di meja makan yang penuh karunia dan keceriaan ini, ada satu perihal yang penting: doa berbuka puasa.

Berbuka puasa terjadi saat matahari tenggelam dan puasa yang digerakkan sesuai tuntunan agama Islam bisa dibuka. Waktu berbuka puasa ialah saat yang bernilai saat makanan Ramadhan kumpulkan beberapa orang untuk berdoa bersama-sama. Dengan tulisan ini, yang terkait dengan doa makanan buka puasa yang membuat meja makan Ramadhan jadi lebih karunia dan sedap, mudah-mudahan bulan Ramadhan ini kali akan penuhi hati kita dengan kenyamanan. Mudah-mudahan puasa kita dan doa-doa kita diterima.

Apakah itu doa buka puasa? Bagaimanakah cara melakukan?

Kami akan share info sebagai tutorial untuk kalian yang ingin berdoa saat sebelum azan berkemandang di meja buka puasa, bagus untuk keluarga kalian atau umat Islam yang lain.

Sesudah doa buka puasa dibacakan dengan bahasa Arab, lebih gampang pahami arti doa buka puasa bila maknanya dibaca dan dimengerti. Untuk keringanan pengetahuan, kami akan membagi doa buka puasa dengan bahasa Arab aslinya, dan translate-nya dengan bahasa Turki. Disamping itu, kami akan membagi doa buka puasa dari Nabi Muhammad dan maknanya.

Pada meja makan buka puasa yang ramai, umumnya makanan jadi lebih bermakna dengan kalimat yang diucap oleh beberapa tetua keluarga. Walau berdoa saat buka puasa dipandang seperti beribadah khusus pada bulan Ramadhan, tetapi doa ini masih tetap bisa dilaksanakan saat kita berpuasa di beberapa hari lain sepanjang satu tahun. Sudah pasti, isi pada doa saat buka puasa pada bulan Ramadhan kemungkinan berlainan dengan doa di beberapa hari yang lain.

Doa sukur sebelum dan setelah buka puasa yang sudah ada semenjak jaman leluhur, memberi kenyamanan batin dan membuat beberapa hari Ramadhan jadi lebih memiliki makna.

Saat kalian bergabung di meja makan dengan keluarga dan beberapa orang tersayang sekalian menanti azan magrib, kalian bisa berdoa saat sebelum buka puasa. Kami sudah mempersiapkan doa dengan bahasa Arab dan Turki untuk kamu, yang bisa kalian bacakan di meja makan buka puasa untuk memperoleh pahala dari puasa kalian.

Doakan saat buka puasa ialah sunnah. Tetapi, text doa buka puasa tidak terlilit pada satu bahasa dan harus memiliki kandungan kalimat yang cantik dan memiliki kandungan doa untuk kebaikan bersama-sama dan rasa sukur.

Siapa saja bisa mengutarakan doa, rasa sukur, dan terima kasih sesuai kemauan mereka. Doa yang diucap di meja makan Ramadhan dikatakan sebagai doa buka puasa. Yang perlu ialah kita berdoa dengan ikhlas dari hati

Berdoa saat buka puasa penting dalam agama Islam. Tempat doa buka puasa juga bernilai. Lebih bagus pahami doa buka puasa lewat hadis-hadis yang menerangkannya. Nabi Muhammad (s.a.v.) sebelumnya pernah mengatakan jika doa saat buka puasa tak pernah ditampik. "Doa 3 orang tidak ditampik," yakni doa orang yang berpuasa saat buka puasa, doa penguasa yang adil, dan doa orang yang dianiaya. Allah menyembahkan doa ini ke langit, buka pintu-pintu surga, dan mengatakan, "Untuk keagungan-Ku, saya akan menolong kamu".

Bacaan Doa Buka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Arab

Azan sudah berkemandang dan semua keluarga sudah bergabung di meja buka puasa. Wewangian wangi makanan yang hangat tercium di meja. Gelas-gelas sudah diisi air. Waktunya mengucapkan syukur atas makanan yang disiapkan. Tetapi, dengan doa apa kita buka buka puasa?

Bacaan doa buka puasa dengan bahasa Arab dikutip dari Kudupinter ialah seperti berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَ بِكَ آمَنْتُ وَ عَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Dalam Lafadz Latin: "Allahumma lakasumtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu"

Maknanya: "Ya Allah! Saya berpuasa untuk cari keridhaan-Mu dan sekarang saya buka puasa dengan rejeki yang Kamu beri. Saya yakin dan memercayakan-Mu. Ya Rabb yang penuh kasih dan anugerah, berilah ampunan kepadaku."

Doa Membuka Puasa Ramadhan dalam Bahasa Indonesia

"Ya Allah yang maha pemberi ampun, ampunilah dosa-dosaku ya Allah! Saya berpuasa karena rida-Mu, saya memiliki iman pada-Mu, saya bertawakkal pada-Mu dan saya buka dengan karunia-Mu. Esok saya punya niat berpuasa pada hari Ramadhan. Ampuni dosa-dosaku yang sudah lalu dan mendatang. Semua puji cuma untuk Allah yang sudah memberi kemampuan padaku untuk berpuasa dan memberikan rizki untuk buka."

Kelihatan jika doa berbuka puasa memiliki kandungan hati sukur, terima kasih, dan meminta ampun. Doa ini bisa dibaca saat sebelum atau sesudah buka puasa.

Doa berbuka puasa bisa singkat atau panjang bergantung pada kemauan. Doa berbuka puasa yang kerap dibaca pada bulan Ramadhan terhitung doa yang panjang. Berikut doa itu:

"Ya Allah, bantulah saya untuk berpuasa dan melaksanakan ibadah di hari ini; jauhi saya dari dosa dan kekeliruan di hari ini; berikan saya peluang untuk selalu mengingat-Mu di hari ini; perlihatkan jalan yang betul padaku dengan panduan-Mu, ya Allah!"

"Ya Allah, bantulah saya untuk mengikuti beberapa hamba-Mu yang runduk pada-Mu dengan hati yang bersih; perluaslah dadaku saat saya bertobat mirip orang yang merendah; dalam rahmat-Mu, ya Tuhan beberapa orang yang takut pada-Mu, perlihatkan saya jalan untuk memperoleh kepuasan-Mu; tidak boleh beri saya peluang untuk dekati setan di hari ini; beri saya lokasi yang nyaman untuk tinggal, ya Tuhan pencukup keperluan orang yang minta!"

Doa berbuka puasa mempunyai nilai religius yang tinggi sekali, bisa memberi karunia pada sajian saat makan. Saat beberapa orang bergabung di meja makan yang serupa, doa ini bisa tingkatkan nilai puasa mereka dengan berulang-kali lipat. Disamping itu, doa ini bisa memberikan inspirasi persatuan dan kesatuan di meja makan. Saat sebelum makan, doa berbuka puasa dibaca mengusung ke-2 tangan ke langit sebagai pertanda rasa sukur, jadi sisi dari sajian pada bulan Ramadhan.

Doa Buka Puasa Ramadhan yang Singkat dan Memiliki makna

Puasa tidak cuma perlakuan kelaparan semata-mata. Ini ialah pekerjaan religius yang sebagai wakil kesabaran dan menanti.

Ini mengenai mengatur diri kita, menahan kalimat kasar dan niat jelek. Orang yang berpuasa memerhatikan sikap dan kalimat yang keluar mulutnya. Sesudah saat puasa usai, mereka datang di meja buka puasa untuk mengawali doa.

Dalam usaha untuk buka puasa dengan arti, doa-doa dibaca sesudah menanti dengan sabar.

Doa buka puasa dengan bahasa Turki jadi beberapa kalimat paling spesial di meja paling karunia. Doa ini bisa diucap untuk semua umur dan sebagai salah satunya langkah yang bernilai untuk menuntaskan puasa yang digerakkan.

Doa berbuka puasa yang gampang menolong melatih beberapa anak untuk berdoa. Doa yang cepat pas untuk orangtua yang kesusahan ingat doa yang panjang. Doa berbuka puasa yang paling singkat dan gampang dikenang ialah seperti berikut:

"Ya Allah, saya berpuasa untukMu. Saya yakin dan tergantung seutuhnya padaMu. Saya buka puasa dengan nikmat rizki yang Kamu beri. Terima kasih atas semua nikmat, kesehatan, dan pelindungan-Mu yang hebat. Ya Allah, menjaga keluarga, perlindungan orang yang memiliki iman. Beri kesatuan dan persatuan ke bangsaku. Amin."

Doa berbuka puasa yang dibaca oleh Nabi kita menyorot pahala yang didapatkan dari lapar dan kenyang yang dirasakan saat berpuasa. Doa singkat yang lain dibacakan sesudah buka puasa. Makanan dicicipi dan saat sebelum semuanya orang bergerak dari meja, semua bagian keluarga bergabung dan ucapkan doa ini:

"Ya Allah, menyelamatkan saya dari bulan Ramadhan dan menyelamatkan bulan Ramadhan dariku. Terima kasih untuk semua yang Kamu beri dan terima kasih untuk semua yang diterima dariku."

Sumber: www.kudupinter.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image