Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Reghinaratu Fairuz Suryadi.

Wisata Air Leuwi Hejo Yang Membantu Perekonomian Warga Sekitar dan Alam

Wisata | Wednesday, 15 Mar 2023, 13:41 WIB
(Sumber: Dokumentasi pribadi)

Bogor, (15/03/2023)—Curug Leuwi Hejo yang berlokasi di Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki peran penting bagi masyarakat sekitar dan alam.

Dibangun ketika awal pandemi Covid-19, awal mula tempat wisata ini didirikan karena keasrian alam sekitar tempat Leuwi Hejo sudah mulai gundul sehingga tempat wisata ini dibangun agar bisa tetap menjaga kelestarian alamnya. Selain itu, karena Leuwi Hejo dibangun masyarakat sekitar pun jadi memiliki mata pencaharian baru.

Seperti yang sudah dijelaskan oleh salah satu pengelola di Curug Leuwi Hejo, “Awalnya tempat ini sudah mulai gundul, tapi setelah dijadikan tempat wisata jadi tidak seperti sebelumnya lagi.” Jelas pengelola Curug Leuwi Hejo.

Para pengelola juga akan berusaha untuk tetap menjaga keasrian dari alamnya. “Belum lama ini juga datang orang-orang dari IPB kesini, pohon kopi disini yang membuat mereka datang.” Tambahnya.

Hal ini menandakan bahwa dengan dibangunnya tempat wisata ini, alam yang gundul sebelumnya menjadi subur kembali setelah mulai diurus kembali oleh pengelola Leuwi Hejo. Tak hanya alamnya yang kembali asri, namun warga

sekitar ikut terbantu dengan adanya wisata Curug Leuwi Hejo ini.

“Karena tempat ini dibangun disini, warga sekitar sini jadi punya kerjaan. Seperti ojeg-ojeg yang berada di depan tempat wisata itu semuanya warga disini,” Ujar salah satu pengelola Curug Leuwi Hejo.

Tak hanya itu, beberapa warga juga turut serta untuk mengelola tempat wisata ini sehingga Curug Leuwi Hejo dikelola oleh warga sekitar, namun ada juga yang berjualan di area Curug Leuwi Hejo seperti menjual makanan didalam tempat wisata tersebut sehingga pengunjung yang tidak membawa makan dan merasa lapar bisa membeli makan disana.

“Untuk makanan kami menyediakan, semua yang masak itu warga sekitar juga jadi pengunjung tidak perlu jauh-jauh pergi keluar untuk mencari makan,” tambah pengelola Curug Leuwi Hejo tersebut.

Dengan adanya wisata air Curug Leuwi Hejo, alam dan warga sekitar terbantu banyak karena seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mata pencaharian warga jadi bertambah dan alam disekitar jadi lebih terurus dari sebelumnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image