Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anesyakilla

Peranan Televisi Keagamaan terhadap Kehidupan

Agama | Tuesday, 14 Mar 2023, 18:08 WIB

Peran Televisi sangat berpengaruh bagimasyarakat, di era ini perkembangan teknologi sangat pesat segala jenis informasi dari berbagai penjurudunia pun sudah sangat mudah untuk diakses, setiapdetik ataupun menit pun informasi sangat mudah untukdiakses. Menurut Adi Badjuri (2010:39) Televisimerupakan media pandang dan media pendengar yang biasa disebut dengan audio visual, yang dimana orang-orang tidak hanya melihat gambar yang ditayangkanoleh saluran dari televisi, tetapi juga bisa mendengaratau mencerna narasi dari televisi tersebut.

Banyak siaran televisi di kalangan masyarakatIndonesia, dengan sendirinya televisi menjadi salah satu media komunikasi yang sangat berperan dalampembentukan berbagai aspek kehidupan masyarakat, baik ekonomi, politik, sosial, budaya dan agama.Televisi merupakan media elektronik yang digunakansebagai media informasi. Televisi sendiri juga tidakhanya sebagai media informasi namun disisi lain Televisi menyajikan program-program yang menarik, tetapi ada juga tayangan Televisi yang menunjukkankekerasan, sensual dan masih banyak lagi tayanganTelevisi yang mempengaruhi mental anak-anak.

Adapun faktor-faktor lain yang menjadikanTelevisi lebih berpengaruh terhadap kehidupanmasyarakat, Televisi pun sangat restable. Televisi juga menjadi salah satu media elektronik yang digemarimasyarakat Indonesia, moment televisi dalam program keagamaan sangat menguntungkan bagi media karenabanyak program dan iklan-iklan dengan rating yang tinggi sesuai pada moment keagamaan itu seperti saatbulan Ramadhan.

Penyiaran Islam pada program Televisi dapatmenyatukan tanggapan para umat Islam denganmenerima pesan-pesan yang disampaikan. Program keagamaan dalam Televisi merupakan aspek-aspekyang sangat penting untuk identifikasi nilai yang mudah diterima oleh masyarakat terkhususnya umatmuslim. Televisi juga bisa dijadikan sebagai media dakwah atau ajaran-ajaran islam, seperti program ceramah, film yang bertema keagamaan, kultum, dll.

Dalam era modern ini sangat mudah sekali untukmenyampaikan dakwah. Seperti program tiapRamadhan ada Hafizh Qur’an yang dimanamenampilkan anak-anak kecil hafal juz-juz yang ada di Al-Qur’an, dan ada program religi yang juga ditayangkan saat bulan Ramadhan. Program-program stasiun Televisi berlomba-lomba menampilkan acara yang bertemakan keagamaan. Program Televisi sudahberhasil mempengaruhi anak-anak muda untukberperilaku sesuai dengan apa yang ditayangkan oleh program Televisi tersebut. Dan begitu pula perilakuanak-anak muda di Indonesia justru sangat rentankarena pengaruh dari program Televisi. Maka dari itupara stasiun Televisi juga perlu menyajikan program dakwah yang bisa ditiru nantinya oleh para kalangananak muda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image