Sedang Dibuka, Pendaftaran Beasiswa di Paris-Saclay University

Umum  

Bonjour! Bagi Anda yang ingin kuliah di Prancis, cobalah peluang beasiswa dari Paris-Saclay University. Kampus ini sedang membuka program beasiswa International Master's Scholarships Program IDEX. Beasiswa tersebut merupakan kerja sama antara Paris-Saclay University dengan IDEX funding. Namun, beasiswa ini hanya dikhususkan bagi jenjang S2 atau master.

foto : dok. republika.co.id

Persyaratan utama adalah : Mahasiswa diterima dalam program Master Universitas Paris-Saclay oleh salah satu institusi berikut: AgroParisTech, CentraleSupelec, ENS Paris-Saclay, INSTN-CEA, IOGS, UEVE, UPSaclay, UVSQ.

Adapun untuk kriteria agar bisa diterima di kampus-kampus tersebut adalah sebagai berikut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Mahasiswa internasional yang baru tiba di negeri tersebut dan berusia maksimal 30 tahun selama tahun seleksi.

2. Merupakan warga negara asing yang tinggal di Prancis selama kurang dari satu tahun, sebelumnya, atau saat ini terdaftar dalam kursus pelatihan atau magang yang tidak mengarah pada sertifikasi.

3. Merupakan warga negara asing yang tinggal di Prancis kurang dari setahun yang sedang mengikuti kelas bahasa (tipe FFL).

4. Pernah tinggal di Prancis sebelumnya, dalam rangka kegiatan studi (misalnya Gelar Magister Bersama Erasmus Mundus, atau program pertukaran) yang tidak mengarah pada sertifikasi.

Yang tidak memenuhi syarat

Selain syarat di atas, ada beberapa hal yang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa International Master's Scholarships Program IDEX:

1. Telah terdaftar atau sedang mendaftar di lembaga pendidikan tinggi Prancis selama studi, kecuali mahasiswa internasional yang terdaftar di lembaga pendidikan tinggi Prancis.

2. Studi telah terhenti selama lebih dari tiga tahun berturut-turut.

3. Menerima jenis pendanaan lain yang jumlahnya melebihi 650 Euro per bulan.

Proses pendaftaran

Berikut adalah proses pendaftaran beasiswa International Master's Scholarships Program IDEX:

1. Siswa terpilih akan secara otomatis mendapat tautan melalui email ke formulir aplikasi online.

2. Dua pemberi referensi yang ditunjuk oleh kandidat akan dikirimi tautan melalui email ke formulir rekomendasi online. Pemberi referensi wajib mengisi formulir rekomendasi.

3. Berkas permohonan beasiswa dianggap lengkap apabila kedua formulir rekomendasi telah diserahkan oleh pemberi referensi. Kandidat dapat memastikan pemberi referensi melengkapi dan mengirimkan formulir sebelum batas waktu yang diberikan dalam email undangan.

Jadwal seleksi

1. Batas waktu pemilihan kandidat: 10 Mei 2023

2. Batas waktu pendaftaran beasiswa (setelah kandidat terpilih): 12 Mei 2023

3. Batas waktu penerimaan rekomendasi dari dua pemberi referensi, dan penutupan panggilan: 16 Mei 2023

4. Pengumuman hasil: akhir Juni 2023

Kandidat perlu memperhatikan jadwal seleksi karena bisa saja terjadi perubahan jadwal. Selain itu kandidat yang terpilih diharapkan segera melakukan pendaftaran beasiswa sebelum batas waktu yang ditentukan.

Setelah menerima email konfirmasi, mahasiswa memiliki waktu delapan (8) hari untuk menerima atau menolak beasiswa. Jika tidak menanggapi dalam waktu yang telah ditentukan, mereka akan dianggap telah menolak beasiswa.

Paris-Saclay University berhak menolak atau membatalkan beasiswa yang diberikan jika informasi yang diberikan oleh kandidat terbukti salah.

Fasilitas

1. Beasiswa ini mencapaii 10.000 Euro per tahun dan dibayar oleh Paris-Saclay University selama tahun akademik, dan untuk jangka waktu 10 bulan berturut-turut (September hingga Juni).

2. Biaya perjalanan dan visa maksimal hingga 1.000 Euro.

3. Beasiswa dan biaya perjalanan dapat diterima apabila mahasiswa sudah berada di Prancis dan telah mendaftar pada program studi yang diterima.

Selain informasi tentang pendaftaran beasiswa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa asing yaitu mahasiswa hanya dapat magang penelitian di laboratorium Paris-Saclay University. Beasiswa dapat ditangguhkan apabila melakukan magang di luar laboratorium universitas. Kemudian, magang perusahaan harus dilakukan di Prancis. Terakhir, beasiswa akan ditangguhkan apabila upah magang lebih dari 700 Euro per bulan.

Mengingat banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi, ada baiknya para calon pelamar beasiswa ini memperhatikan semua ketentuan secara seksama. Yang pasti, bacalah informasi lebih detail tentang beasiswa ini melalui website resmi. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image