Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Laela Fitriyani

Cara Mengatasi Kendala Internet Provider dengan Mudah

Teknologi | Tuesday, 07 Mar 2023, 17:50 WIB

Kendala pada layanan internet provider adalah keniscayaan. Karena bagaimana pun, internet provider adalah layanan jasa, bukan barang jadi. Tidak ada perusahaan jasa terkait yang terbilang sempurna.

Hanya saja terkadang, dikarenakan persaingan bisnis persoalan kendala dalam pelayanan tersebut diangkat sedemikian rupa. Dengan harapan bahwa pesaingnya bisa jatuh kredibilitasnya. Tapi apakah pelaku persaingan bisnis yang tidak sehat tersebut lebih baik daripada kompetitornya? Tentu saja “Tidak”.

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi kendala internet, sebaiknya ketahui penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini dapat memudahkan kita untuk melakukan langkah selanjutnya.

Penyebab Wi-Fi Terhubung Tetapi Tidak Ada Koneksi Internet

Wi-Fi terhubung tetapi tidak ada internet memang dapat dialami oleh berbagai perangkat, seperti handphone, laptop, PC, dan lainnya. Hal ini tentu saja akan menjadi penghambat, bukan? Lantas, apa saja penyebab Wi-Fi terhubung tetapi tidak ada koneksi internet?

1. Gangguan Jaringan

Gangguan jaringan merupakan permasalahan yang paling sering terjadi. Hal ini bisa karena cuaca buruk atau gangguan dari internet provider yang sedang maintenance. Umumnya, jika teknisi internet provider sedang memperbaiki atau memperluas jaringan bisa saja berdampak sementara pada koneksi internet.

2. Kesalahan Sistem Pada Perangkat

Penyebab selanjutnya bisa saja karena adanya kesalahan sistem pada perangkat. Bisa jadi karena pengaturan DNS atau proxy yang tidak sesuai sehingga membuat jaringan internet tidak terkoneksi. Karena itu, kita perlu memastikan ulang konfigurasi perangkat sudah dilakukan dengan benar.

3. Router Eror dan Perlu di-Restart

Pada dasarnya, router memiliki fungsi untuk memancarkan sinyal Wi-Fi. Nah, kalau Wi-Fi sudah terhubung dengan perangkat tetapi tetap saja tidak ada koneksi jaringan, kemungkinan penyebabnya ada di router.

Namun, tenang saja. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk mengatasi koneksi internet yang bermasalah.

Cara Mudah Mengatasi Koneksi Internet yang Bermasalah

Ada beberapa cara untuk mengatasi jaringan internet provider yang bermasalah dengan mudah. Pastikan untuk mengecek dan melakukan beberapa hal berikut ini, ya!

1. Periksa Pengaturan Perangkat

Hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi jaringan internet yang bermasalah adalah mengecek pengaturan Wi-Fi DNS atau pengaturan koneksi lainnya. Kita bisa melakukan setting ulang ke pengaturan Wi-Fi menjadi default. Selain itu, kita bisa mencoba menggunakan perangkat lain untuk memastikan apakah jaringan internet memang tidak terkoneksi atau gadget yang kita gunakan mengalami kerusakan.

2. Restart Router

Cara paling mudah untuk mengatasi koneksi internet yang bermasalah adalah me-restart router. Kita hanya perlu mematikan router dan menghidupkannya kembali. Kemudian tunggu lampu DSL stabil dan cobalah untuk meng-koneksikan kembali ke gadget.

3. Minta Bantuan ke Customer Service Internet Provider

Bila kedua cara di atas sudah dilakukan dan tidak berhasil. Ada baiknya segera menghubungi customer service dari internet provider yang kita gunakan. Kita dapat menyampaikan keluhan dan kendala yang dialami. Selain itu, kita juga akan mendapatkan informasi jika ada gangguan atau perbaikan jaringan dari internet provider.

IndiHome: Berikan Layanan Responsif dalam Menghadapi Kendala

Untuk memilih internet provider memang banyak pertimbangannya. Salah satunya adalah memastikan bahwa internet provider yang kita pilih memiliki jaringan internet yang stabil. Tak hanya itu, keuntungan lain seperti paket internet cepat, kemudahan pembayaran, hingga responsibilitas dalam mengatasi kendala juga patut diperhitungkan.

IndiHome sebagai bagian dari Telkom Indonesia hadir untuk memenuhi kebutuhan internet yang stabil dan menyeluruh ke pelosok negeri. IndiHome menawarkan kemudahan dalam penanganan dan pengaduan kendala. Pelanggan dapat melaporkan kendala melalui aplikasi mobile myIndiHome dan akun media sosial @indihomecare seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Selain itu, pelanggan juga dapat menghubungi call center 147 dan mengirim email terkait kendala yang dialami untuk mendapatkan solusi. Tahun lalu, IndiHome meraih tiga penghargaan di bidang customer service dalam ajang internasional, The Stevie Award 2022. IndiHome juga mengimplementasikan smart IVR dengan menggunakan bot untuk menginformasikan gangguan massal dan untuk memperbarui kemajuan pengaduan. Hal ini menjadi bukti responsibilitas IndiHome dalam menghadapi kendala.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image