Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zulfi Maulina Rahma

Cuan Investasi SBN Ritel Layak diburu? Investasi Seperti Apa Sih Yang Diterima?

Eduaksi | Tuesday, 07 Mar 2023, 13:27 WIB
ilustrasi investasi (sumber: https://canva.com)

Investasi semakin kesini semakin marak digandrungi oleh masyarakat terlebih lagi milenial yang makin sadar dan melek akan literasi. Bahkan perkembangan teknologi dan informasi yang cepat mempermudah kita untuk memlilih ragam investasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau bahkan selera pribadi.

Gencarnya arus informasi dan perkembangan teknologi juga banyak terjadinya penipu investasi dengan imbalan cuan tanpa henti alhasil uang orang malah dibawa lari. Investasi seharusnya dapat memiliki instrumen yang aman dan menguntungkan dengan istilah high risk hingh return investasi tersebut dapat menghasilkan keuntungan sekaligus memiliki risiko yang sama tingginya, dengan prinsip investasi yang berarti dibalik ekspektasi imbal hasil yang cukup tinggi ada risiko yang tinggi pula. Maka dari itu dihimbau untuk tidak gampang percaya dengan siapapun yang menawarkan imbal hasil yang dapat menimbulkan risiko.

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memilih investasi yang aman adalah dengan memastikan investasi sudah mengantongi izin dari otoritas berwenang, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), dan Kementrian Koperasi ataupun UKM.

Pemerintah Republik Indonesia menerbitkan obligasi negara yag dikenal dengan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel sebagi salah satu salah satu investasi alternatif masyarakat. SBN Ritel sendiri tidak perlu diragukan untuk keamanannya karena sudah dilindungi Undang-Undang, bahkan SBN Ritel yang diterbitkan oleh negara sendiri hampir tidak pernah bangkrut dan menjadi instrumen yang bebas dari resiko gagal membayar.

Kabar baik untuk pemburu bunga karena seri SBN Ritel.Tingkat keritelan SBN Ritel semakin lama semakin baik contohnya ori 22 dengan 13 triliun dengan kupon 5,95% tingkat keritelan perinvestor sendiri mencapai Rp392.000.000 dibandingkan tahun-tahun kemaren banyak yang tidak kebagian.

ST009 produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia yang aman, mudah, terjangkau, menguntungkan, dan sesuai syariah yang mempunyai vitur flooting with floor memberikan kupon 6,19% hanya 10 triliun tetapi mempunyai tingkat keritelan perinvestor Rp282.000.000 perinvestor, artinya itu sangat dinikmati oleh para investor-investor ritel, dengan seiring suku bunga yang akan menaik imbal hasil dari SBN Ritel ini juga akan mengikuti, otomatis ada

Karakteristik SBN Ritel dengan demand paling diminati bagi para investor ritel yaitu tredebel yang bisa dijual belikan di pasar sekunder dan non-tredebel, keduanya menawarkan fitur-fitur yang menarik. Tredebel sendiri selain kupon yang diberikan ada kemungkinan untuk bisa mendapatkan kenaikan capital gaith misalnya kita menaruh uang Rp10.000.000 ada kemungkinan dana tersebut bisa menjadi Rp10.100.000, sedangkan non-tredeble juga menawarkan fitur menarik juga misalnya kupon flooting with floor dengan 6.15% ST009 apabila tidak bisa dicairkan sesaat namun ada window-nya untuk readom namun apabila suku bunga naik maka kuponnya juga akan naik, tetapi jika suku bunga itu turun maka kuponnya tetap. Non-tredebel sendiri mempunyai kelebihan sendiri baik itu investor pemula maupun investor advance. Apabila ingin memberikan ambil hasil yang baik SBN ritel ini akan cukup layak dikoleksi, apalagi pajaknya tidak sebesar dengan pajak deposito 20% sedangkan SBN Ritel sendiri hanya 10%.

Investor pemula sendiri bimbang dalam memilih saham ataupu SBN Ritel. Hal ini investor berfokus pada ekspektasi imbal hasil tanpa melihat faktor risiko dan tujuan investasi. SBN Ritel dan saham suatu jenis instrumen yang sangat berbeda dari segi karakteristik.

Terlepas dari banyak ragam investasi beserta karakteristik keuntungkan dan risiko investor peru adanya verifikasi portofolio, dengan menempatkan dan investasi SBN Ritel ataupun saham deiperlukan untuk menjaga portofolio investor aman dengan keuntungan dan risiko lebih efisien.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image