Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Patrick Fabiano Setiabudi

Sering Mengalami Kelebihan dan Kekurangan Stok Dalam Produksi? Berikut Solusinya!

Bisnis | Tuesday, 07 Mar 2023, 08:53 WIB

Persediaan yang dimiliki perusahaan dapat berbeda satu sama lain tergantung pada jenis perusahaan dan industrinya. Untuk perusahaan manufaktur persediaan terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut :

Persediaan barang jadi

Persediaan barang jadi berisi produk yang siap untuk dijual dan dikirim ke pelanggan. Agar dapat dimasukkan dalam inventarisasi produk jadi, produk tersebut harus melewati pemeriksaan kualitas dan kelayakan yang dilakukan sebelumnya.

Persediaan barang setengah jadi

Selain itu, ada persediaan setengah jadi yang merupakan ciri khas dari persediaan perusahaan manufaktur. Barang setengah jadi adalah barang yang belum siap dikirim ke konsumen, tetapi sudah diolah sebagai bahan baku.

Persediaan bahan penolong

persediaan ini adalah persediaan bahan yang membantu pembuatan produk, tetapi bukan bahan utama dari proses produksi yang ada.

Persediaan bahan baku

Persediaan ini berisi bahan baku yang menjadi bahan utama dalam pembuatan produk Anda. Yang mana berarti bahwa jika barang tersebut tidak ada, Anda tidak dapat membuat produk tersebut

Sumber: Canva.com

Lantas, Bagaimana cara mengatasi masalah yang berkaitan dengan persediaan berlebih atau berkurang:

Manajemen persediaan dianggap penting dalam bisnis karena terkait dengan perhitungan untung dan rugi. Khusus untuk perusahaan manufaktur, yang perlu diperhatikan tidak hanya stok produk jadi, tetapi juga stok produk setengah jadi. Jika perhitungannya salah, harga jual produk bisa lebih rendah dari biaya pembuatannya. Seringkali, beberapa kesalahan membuat stok menjadi lebih sedikit atau lebih banyak, yang merugikan keuntungan perusahaan. Berikut adalah beberapa masalah persediaan yang dihadapi oleh perusahaan manufaktur dan solusinya:

Tingkat persediaan fisik yang tidak memadai

Masalah persediaan yang umum terjadi di berbagai perusahaan, tidak terkecuali perusahaan manufaktur, adalah ketidakseimbangan persediaan berdasarkan perhitungan fisik dan data perusahaan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti barang rusak atau cacat, kesalahan pencatatan dan jarangnya penghitungan stok fisik di toko. Untuk mengatasinya, Anda harus lebih teliti dengan perhitungan fisik. Gunakan perhitungan fisik secara teratur, baik seminggu sekali atau sebulan sekali. Ini akan menyesuaikan akuntansi perusahaan dengan jumlah barang di dalam kotak.

Kekurangan stok

Masalah persediaan tidak hanya disebabkan karena perusahaan tidak memperhatikan perhitungan fisik persediaan, tetapi juga karena kesalahan perhitungan pembelian persediaan. Anda bisa kehabisan stok karena jumlah pesanan barang pesanan jauh lebih tinggi dari jumlah bahan baku yang tersedia. Oleh karena itu, perlu dilakukan perencanaan pengadaan bahan baku. Hitung jumlah pemesanan produk Anda dan selalu siapkan produk pengganti setiap bulannya. Pencadangan produk ini akan membantu Anda jika terjadi sesuatu yang tidak terduga di masa mendatang dan inventaris yang diperlukan tidak tersedia.

Kelebihan stok

Selain masalah kekurangan persediaan, Anda mungkin menghadapi masalah persediaan lainnya seperti: B. kelebihan persediaan. Kelebihan persediaan bisa jadi akibat salah perhitungan yang berujung pada pembelian bahan produksi tambahan. Kesalahan protokol nhva bisa menjadi faktor. Banyaknya pesanan yang dibatalkan juga bisa menjadi alasan kelebihan penyimpanan. Oleh karena itu, beberapa solusi ditawarkan, antara lain menjual produk yang sudah mendekati tanggal kadaluwarsa dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Anda juga bisa menjual produk stok tambahan kepada supplier atau perusahaan yang produknya tidak identik dengan perusahaan Anda namun menggunakan bahan baku yang sama.

Membangun sistem peringatan dini

Manajemen dan kontrol stok diperlukan untuk perusahaan manufaktur. Gudang juga merupakan bagian dari aset perusahaan yang harus selalu dipantau. Oleh karena itu, siapkan sistem peringatan dini yang dapat memberi tahu Anda saat terjadi kekurangan atau kelebihan stok. Dengan sistem ini Anda lebih sadar dan mampu mengelola inventaris Anda.

Monitoring Rutin

Kontrol persediaan secara rutin diperlukan untuk memeriksa secara fisik tingkat stok di lapangan dengan cara yang tepat. Pemantauan ini dapat didukung dengan bantuan teknologi, sehingga informasi yang dikirimkan bersifat real-time, lebih detail dan akurat. Lakukan pengecekan secara rutin, baik seminggu sekali atau sebulan sekali. Harus ada kerja tim antara supervisor dan manajer gudang dengan akuntansi yang memperhitungkan jumlah pembelian yang akan dilakukan.

Lakukan Matriks Klarifikasi

Matriks klarifikasi digunakan untuk setiap item sehingga item penting dapat dilihat dengan lebih jelas. Jika hanya ada sedikit produk penting, Anda bisa mendapatkan petunjuk untuk segera membelinya. Gunakan matriks klarifikasi untuk mengetahui item inventaris mana yang paling penting dan mana yang harus dipindahkan terlebih dahulu.

Mengurangi atau menambah modal kerja

Ketika persediaan langka atau ada kelebihan persediaan, modal kerja juga terganggu. Dana cadangan harus selalu dibentuk, sehingga jika terjadi kekurangan dana dapat ditemukan untuk menambah modal kerja. Jika ada produk tambahan, maka produk tersebut dapat dialihkan keproduk lain. Modal kerja dikurangi untuk menekan kelebihan persediaan.

Menggunakan software inventory management

Seperti yang saya tulis sebelmunya bahwa inventory management yang baik diperlukan untuk mencapai efektivitas terbaik dalam proses bisnis. Namun, seringkali hal tersebut cukup sulit dilakukan dengan cara manual karena jumlah stok yang banyak. Terlepas dari itu semua, ada solusi untuk melakukan inventory management dengan presisi namun mudah. Yakni dengan menggunakan software yang mendukung inventory management. Salah satunya Ukirama, sebagai software ERP terbaik di Indonesia, Ukirama mendukung segala kebutuhan inventory management dengan presisi dari pencatatan barang masuk dan keluar hingga pembuatan barcode yang langsung terintegrasi di seluruh perangkat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image