Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

TPA Door to Door: Agar Anak-Anak Lebih Sering Baca Al-Quran

Agama | Monday, 06 Mar 2023, 14:02 WIB
Program tahsin Al-Qur’an keliling oleh mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Surulanang, Paliyan, Gunungkidul (Foto: Ratri Firda)

Mahasiswa yang tergabung dalam tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Reguler Periode 101 Unit XXIV C.3 Padukuhan Surulanang, Karangduwet, Paliyan, Gunungkidul, yang didampingi dosen pembimbing lapangan (DPL) Fajar Dwi Putra, S.PT., M.Psi. mengadakan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Keliling. Program tersebut dilaksanakan pada Rabu, 22 Februari 2023 di Padukuhan Surulanang.

Dikutip dari wikipedia.org, TPA merupakan lembaga yang menyelenggarakan pendidikan nonformal yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar agama Islam. Program TPA juga diinisasi oleh tim KKN UAD mengacu pada fakta lapangan banyak anak yang menghiraukan pendidikan agama dan sistem pembelajaran yang terkesan monoton sehingga membuat anak-anak malas untuk belajar dan datang ke TPA.

“Kami akan mengadakan TPA Keliling, sebuah program cukup baru di Dusun Surulanang dalam rangka menumbuhkan semangat untuk terus belajar agama dan Al-Qur’an. Di mana pun dan kapan pun itu, kita dapat tetap belajar Al-Qur’an,” ucap Ratri selaku anggota tim KKN.

Menurutnya, program TPA dilakukan dengan maksud meningkatkan iman kepada Allah Swt. dan mendorong minat belajar membaca Al-Qur’an serta iqra anak, juga menjalin silaturahmi yang baik dengan anak-anak dan warga setempat.

Pengadaan program TPA didasari oleh Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2007 Pasal 24 Ayat 2 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan yang menyatakan bahwa pendidikan Al-Qur’an salah satunya diselenggarakan dalam bentuk TPA.

TPA Keliling dilaksanakan di 10 RT mulai dari RT 41 sampai RT 52, dan berlangsung dari pukul 15.30–17.30 WIB dengan rangkaian acara seperti membaca Al-Qur’an, membaca iqra, menghafal surah-surah pendek, dan doa sehari-hari. TPA Keliling dilakukan dengan cara door to door. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim KKN UAD 101 Unit XXIV.C.3 yang terdiri atas Aldi Al Husaini, Zulfiana Damaiyanti, Finda Melina C., Ilham Muazra, Ratri Firda R., Muhammad Darmawan, Dian Nisa R., Dian Iryani, serta Ayu Novianti. (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image