Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurrahmah Widyawati

Cara Atur Keuangan Rumah Tangga agar Tagihan Internet Cepat hingga Listrik Aman dan Lancar!

Gaya Hidup | Sunday, 05 Mar 2023, 06:15 WIB
Photo from Canva Pro (Edit)

Sebagai Ibu sekaligus perancang keuangan rumah tangga, tentu menjadi tantangan tersendiri untuk membagi pos-pos keuangan keluarga. Kamu perlu memiliki trik khusus terkait cara mengatur keuangan rumah tangga agar pembayaran tagihan internet provider, listrik, air, biaya sekolah, cicilan rumah dan lainnya bisa tepat waktu.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

 

  • Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Untuk dapat mengatur keuangan rumah tangga, kamu wajib memulainya dengan mindset. Kenali terlebih dahulu mengenai kemampuan finansial masing-masing. Sehingga dalam mengelola uang juga akan mindful (penuh kesadaran).

Selain itu, pahamilah mana yang keinginan dan kebutuhan. Sebaiknya, kamu juga memahami konsep prioritas keuangan. Sehingga tidak ada hal yang menjadi mubazir, penyesalan, cash flow tetap aman dan pembayaran segala tagihan lancar.

Membuat goals untuk keinginan dan membuat dengan jangka waktu pencapaian juga bisa menjadi salah satu motivasi dalam pengelolaan keuangan yang baik.

 

  • Catat pemasukan, pengeluaran, aset, kebutuhan rutin, dll

Jangan malas untuk mencatat pemasukan, pengeluaran, list kebutuhan, serta aset yang dimiliki. Ini akan membantumu untuk mengetahui pos-pos mana yang sudah tepat sasaran, maupun yang ‘bocor’.

Lakukan perbaikan untuk hal yang belum sesuai dan apresiasi untuk hal yang berjalan sesuai rencana. Catatan rutin ini juga bisa sebagai reminder kamu untuk membayar tagihan dengan tepat waktu dan lancar.

 

  • Contoh Tabel Perencanaan Keuangan Keluarga

Setiap rumah tangga pasti memiliki perencanaan keuangan yang berbeda berdasarkan kondisi masing-masing. Namun, ada satu konsep perencanaan keuangan yang bisa kamu adaptasi untuk keluarga, yaitu konsep 10-20-30-40.

Dalam konsep ini, pembagian anggaran dibagi menjadi 10% kebaikan, 20% masa depan, 30% cicilan, 40% kebutuhan. Penjabaran konsep ini, yaitu:

10% Kebaikan

Sebaiknya selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, menyisihkan penghasilan untuk kebaikan juga hal yang sangat mulia. Misalnya untuk orang tua, donasi, dan tujuan kebaikan lainnya.

20% Masa Depan

Untuk anggaran ini bisa meliputi asuransi kesehatan, tabungan, dana darurat, biaya pendidikan anak, pensiun, investasi, serta beberapa tujuan yang ingin dicapai di masa depan.

30% Cicilan

Dalam pos keuangan satu ini sebaiknya kamu bisa lebih bijak. Semakin minim tagihan bisa semakin membuat hidupmu lebih tenang. Cicilan di sini sebaiknya digunakan untuk hal produktif dan investasi masa depan, misalnya rumah untuk tempat tinggal atau disewakan, kendaraan yang produktif, dan lain-lain.

40% Kebutuhan

Anggaran kebutuhan ini meliputi biaya makan sehari-hari, transportasi, tagihan air, listrik, internet provider, keanggotaan olahraga, hobi, pakaian, rekreasi, dll. Kamu bisa memasukkan segala hal yang sifatnya kebutuhan pokok hingga gaya hidup/lifestyle dan lainnya ke sini.

 

  • Komunikasikan dengan Pasangan

Ini salah satu yang paling krusial dalam mengatur keuangan rumah tangga. Kamu harus mengkomunikasikannya dengan pasangan dan anggota keluarga. Transparan adalah salah satu langkah strategi keuangan yang lebih lancar.

Komunikasikan jika memang pemasukan tidak meng-cover semua kebutuhan. Bisa jadi ini sebuah sinyal agar kamu dan keluarga bisa bekerja lebih keras lagi dengan mencari tambahan penghasilan.

Pahami Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros, Yuk Cari yang Lebih Hemat!

Sebagai Ibu, tentu akan sangat senang dengan hal- hal yang hemat. Ada beberapa tips agar kamu bisa lebih hemat dalam hal pembelanjaan keuangan keluarga kamu.

 

  • Jangan Gengsi Membeli Barang Bekas

Kalau kamu pintar memilih barang bekas, ini menjadi solusi untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah lho. Ini juga bisa mengurangi sampah. Biasanya aku dapat baju thrifting bagus di special event.

 

  • Kurangi Kebiasaan Ngopi Cantik

Sebetulnya ini bebas-bebas saja, namun jika penghasilan kamu tidak begitu fantastis, coba deh kurangi kebiasan ngopi cantik. Ini sudah aku lakukan sih, mengurangi budget ngopi ini ternyata menyumbang saving cukup lumayan.

 

  • Pilih Internet Provider Terbaik

Pilihlah provider internet yang jaringannya bagus, harganya sesuai budget dengan berbagai pilihan paket internet dan pembayaran tagihannya anti ribet. Kalau aku pakainya IndiHome by Telkom Indonesia.

 

  • Jelajahi Aplikasi Pembayaran Resmi yang Menyediakan Promo dan Diskon serta Aman

Diskon? Wah ini sih kesukaan semua orang ya. Aku juga suka mencari promo di beberapa platform pembayaran dan mencari diskon di market place.

Untuk pembayaran listrik, air, hingga asuransi orang tua, aku menggunakan dompet digital yang resmi dan aman. Kalau provider internet, aku langsung bayar di aplikasi resminya. Karena aku pakai IndiHome, jadi aku pakai aplikasi my IndiHome.

Sebetulnya ada banyak pilihan sih, bisa membayar tagihannya via Plasa Telkom, aplikasi LinkAja, Kantor Pos, beberapa jaringan ATM (Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA), Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, GoPay, OVO, Alfamart, Indomaret, dll.

Aku lebih suka pakai aplikasi my IndiHome karena jelas aman, praktis, mudah dan lengkap, serta terkadang ada informasi diskon/promo lho. Jadi hemat kan? Kamu bisa download aplikasinya di Playstore/AppStore.

Oh iya, pastikan nama yang tertera saat pembayaran tagihan sesuai dengan nama kamu ya. Jangan sampai salah! Bisa rugi nanti kalau salah kirim.

Di aplikasi ini kamu juga bisa melakukan penjadwalan teknisi (pasang baru serta perbaikan). Selain itu, kamu bisa mencari dan memilih layanan digital lainnya seperti video streaming Disney+ Hotstar, dll.

Jadi, untuk Ibu-Ibu yang ingin praktis serta jelas aman (mencegah penipuan tagihan), harus pakai aplikasi yang resmi ya. Jika ada telepon atau SMS mencurigakan sebaiknya abaikan saja. Soalnya sekarang ini banyak penipuan dengan modus pembayaran tagihan.

Penutup

Semoga dengan lebih teliti menggunakan aplikasi pembayaran, kamu bisa jauh-jauh dari yang namanya penipuan. Uang di rekening dan cash flow keseharian jadi lebih aman.

Setelah memahami cara mengatur keuangan rumah tangga secara lengkap, sekarang tinggal konsisten saja. Hal ini dilakukan agar pembayaran tagihan internet provider, listrik, air, biaya sekolah, cicilan dan lainnya bisa lancar tanpa hambatan. Jadi lebih tenang kan?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image