Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sam Edy Yuswanto

Dosa yang Harus Dihindari oleh Pasangan Suami Istri

Info Terkini | Saturday, 04 Mar 2023, 17:45 WIB
Dokumen pribadi penulis

Bicara tentang kehidupan rumah tangga, ada begitu banyak warna-warni di dalamnya. Seharmonis apa pun sebuah biduk rumah tangga, pasti ada saja ujian atau persoalan yang membutuhkan sikap sabar dan legawa dalam menghadapinya.

Hal terpenting yang harus diperhatikan oleh pasangan suami-istri adalah berusaha tidak melakukan hal-hal yang bisa membuat rumah tangganya hancur berantakan dan tidak mendapat rahmat serta keridan-Nya.

Menjauhi segala perbuatan dosa atau maksiat, mestinya selalu diupayakan oleh suami maupun istri, agar rumah tangga yang mereka bangun dengan susah payah dapat mencapai tingkatan sakinah mawaddah, wa rahmah.

 

Salah satu dosa yang seharusnya selalu dihindari adalah membuka aib pasangan. Setiap orang tentu tidak akan suka bila aib atau kekurangannya diperlihatkan oleh orang terdekat kita, apalagi oleh pasangan hidup kita.

Tentu sangat miris bila ada, misalnya seorang istri yang gemar membeberkan keburukan perilaku suaminya kepada orang lain. Ketika istri berkumpul dengan tetangganya, keburukan suaminya diungkapkan tanpa rasa malu atau sungkan. Hal ini tentu sangat mencederai martabat seorang suami.

Dalam buku berjudul “Dosa-Dosa Istri yang Wajib Dihindari agar Suami dan Anak-Anak Sukses, Bahagia, Dunia Akhirat” karya Hastanti Ayu Humaira dijelaskan bahwa di dalam ajaran agama Islam, suami adalah pakaian seorang istri dan istri adalah pakaian seorang suami. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun memiliki peranan yang berbeda. Apabila salah satu pasangan menceritakan kejelekan-kejelekan pasangan lainnya di hadapan orang lain dengan maksud menjelekkannya, maka hal ini termasuk perbuatan membuka aib.

Sama halnya dengan perbuatan gibah, membuka aib seorang suami juga merupakan perbuatan memakan bangkai saudara sendiri. Apa pun yang ada pada diri suami, kelebihan dan kekurangannya merupakan hikmah yang sedang Allah sembunyikan, sehingga dengan kesabaran dan rasa syukur seorang istri akan memetik kebaikan-kebaikannya (hlm. 124).

Dosa lainnya yang harus dijauhi oleh pasangan suami istri adalah tidak memiliki kepedulian satu sama lain. Misalnya, sang istri tidak peduli dengan ajakan suaminya untuk berhubungan badan, padahal dia sedang tidak ada halangan haid atau datang bulan, juga tidak dalam keadaan sakit.

Jika seorang istri selalu membangkang suami dengan menolak ajakannya berhubungan badan, maka wanita tersebut bisa jadi tidak akan mendapatkan rida suami. Padahal, bagi muslimah yang telah menikah, rida suami adalah ridanya Allah. Selain itu, seorang istri yang menolak ajakan suaminya untuk melakukan jimak (hubungan badan), maka ia telah mendapatkan dosa. Karena menurut Islam, seorang istri yang melayani suaminya dianggai sebagai pahala (hlm. 128).

Secara khusus, buku dengan judul yang cukup panjang terbitan Araska (tahun 2023) ini membahas tentang perilaku-perilaku dosa seorang istri yang wajib dihindari apabila ingin suami dan anak-anaknya sukses meraih cita-cita. Sebuah kesuksesan yang tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat. Buku ini layak dijadikan bacaan penting bagi pasangan suami istri atau bagi mereka yang akan segera mengarungi bahtera pernikahan. Selamat membaca.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image