Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eka Fitriani Larasati

4 Tips Memiliki Aktivitas digital Lancar di Rumah

Teknologi | Saturday, 04 Mar 2023, 12:02 WIB

Perkembangan dunia digital lambat laun mempengaruhi dan mengubah gaya hidup masyarakat. Berkat hadirnya teknologi komputer, internet cepat dan smartphone sebagai pondasi digitalisasi, maka berbagai aktivitas dan kegiatan sehari-hari pun mengalami perubahan menjadi digitalisasi. Perubahan gaya hidup ini semakin terasa semakin cepat, lebih efektif dan efisien. Jaringan internet cepat pun menjadi kebutuhan primer.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan memaparkan bahwa penggunaan internet cepat di Indonesia cukup besar yaitu 8 jam 36 menit per hari. Hal ini membuktikan masyarakat telah mengalami perubahan gaya hidup konvensional menjadi digital dalam kehidupan sehari-hari.

Saya masih ingat, dulu kerap berkirim surat via pos dengan kawan dan sanak saudara untuk bertukar kabar. Tidak hanya membutuhkan waktu untuk menulis surat, tetapi juga menyiapkan kertas, amplop dan menyiapkan prangko. Sangat konvensional memang. Kini kegiatan komunikasi lintas tempat dan waktu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat hanya dalam hitungan detik melalui jaringan internet cepat, smartphone dan platform social media.

Tidak hanya terkait komunikasi, sektor ekonomi dan edukasi juga mengalami perubahan pola aktivitas. Hadirnya berbagai macam platform edukasi online dan e-learning mempermudah masyarakat dalam memperoleh ilmu dan pengetahuan. Sekarang saya dapat dengan lebih mudah belajar secara daring sambil membersamai anak belajar atau bermain di rumah bahkan sambil memasak mendengarkan podcast inspiratif.

Hal yang paling terasa adalah aktivitas perbankan dimana dulu saya kerap mengunjungi Bank untuk transaksi perbankan seperti transfer, tarik tunai hingga melakukan berbagai jenis pembayaran maka kini semua aktivitas tersebut dapat saya lakukan di rumah sambil rebahan memakai daster sembari membersamai anak belajar atau bermain hanya dalam hitungan detik.

Aktivitas belanja pun berubah, kini saya lebih memilih belanja secara daring dibandingkan menyusuri supermarket atau mall untuk belanja keperluan atau apa yang saya inginkan. Cukup download aplikasi e-commerce maka saya bisa belanja tanpa harus keluar rumah. Berbagai kemudahan pembayaran pun tersedia melalui layanan e-wallet dan e-banking.

Pun demikian dengan aktivitas dunia kerja baik yang bekerja di rumah maupun di tempat kerja, kini lebih banyak dilakukan secara digital. Mulai dari berkirim surat, komunikasi hingga transfer data dan share informasi semua dilakukan secara digital.

Mereka yang bekerja di bidang teknologi dan digital di rumah tentu sangat merasakan peranan teknologi internet dan gadget. Saya yang berprofesi sebagai blogger dan ilustrator digital, juga sangat membutuhkan kehadiran internet di rumah. Untuk itu, memilih paket internet cepat sebagai pendukung aktivitas digital di rumah menjadi hal yang cukup penting.

Bagaimana tidak, jaringan internet sebagai jaringan komunikasi digital merupakan kunci akses aktivitas digital. Berikut 4 tips memilih paket internet cepat agar aktivitas digital lancar.

  • Ketahui Kualitas jaringan Internet di Lingkungan Rumah

Dengan mengetahui kualitas jaringan internet di lingkungan rumah maka kamu bisa menentukan jenis provider internet yang dapat digunakan dengan lancar di rumah. Aktivitas digital pun akan berjalan lancar tanpa hambatan. Mengapa setiap daerah memiliki perbedaan kualitas jaringan internet?

Jawabannya adalah perbedaan bentang geografis di setiap daerah yang berbeda. Hal ini mempengaruhi kekuatan sinyal dari provider internet. Untuk itu, pilihlah provider yang menggunakan jaringan fiber optik dan internet satelit seperti Telkom Indonesia.

Meski saya berdomisili di Kota Bandung, namun letak lingkungan rumah saya berada di daerah perbukitan yang cukup terjal. Hanya jaringan internet Telkomsel yang dapat tertangkap dengan baik.

  • Menghitung Kebutuhan Penggunaan Internet Cepat di Rumah

Dengan menghitung kebutuhan penggunaan internet cepat di rumah kamu dapat mempertimbangkan memilih paket internet cepat yang sesuai dengan kebutuhan. Hitung juga berapa device yang digunakan untuk mengukur kebutuhan bandwidth.

Misalnya, saya dan suami bekerja di rumah menggunakan jaringan internet cepat indiHome dengan aktivitas digital sedang seperti Browsing, email, download gambar dan musik, video conference call, streaming video berkualitas HD dengan empat smartphone dan dua laptop maka layanan jaringan internet cepat yang kami butuhkan adalah 30 mbps.

  • Memilih indiHome sebagai Provider Internet Cepat di Rumah

Salah satu alasan penting mengapa memilih indiHome sebagai provider internet cepat di rumah adalah karena indiHome menggunakan teknologi fiber optik, sehingga transmisi data dan akses memiliki kecepatan unlimited hingga 300 Mbps. Sehingga akses internet IndiHome lebih stabil meski turun hujan lebat.

indiHome sebagai provider internet cepat di rumah juga memiliki layanan internet cepat tanpa buffering, di dukung modem serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis device, memiliki layanan customer service yang fast respon.

Alasan lain mengapa memilih indiHome sebagai provider internet cepat di rumah adalah:

  1. Memiliki banyak pilihan paket sesuai kebutuhan
  2. Memiliki Tayangan TV Favorit di UseeTV.
  3. Memiliki Perlindungan Digital Ekstra
  4. Proses Pembayaran Mudah.
  • Menyesuaikan Budget dengan Paket Internet yang tersedia

Setelah mengetahui berapa kebutuhan bandwidth internet di rumah, maka kamu bisa memilih paket internet cepat yang sesuai dan dikondisikan dengan budget yang kamu miliki. indiHome dari Telkom Indonesia memiliki beberapa paket internet cepat yang dapat kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhan bandwidth internet di rumah mulai dari paket 30 mbps harga 415 ribu/bulan dengan berbagai kelengkapan pilihan pada paket lain seperti layanan internet+streaming atau internet+streaming+phone.

Sekarang kamu tidak akan bingung lagi terkait bagaimana cara agar aktivitas digital di rumah lancar dan tidak terhambat. Kamu bisa mengikuti 5 tips memilih paket internet cepat agar aktivitas digital lancar diatas. Jalani aktivitas digital dengan lebih efektif, efisien dan bahagia seperti yang dikatakan vokalis U2, Bono :

“ What turns me on about the digital age, what excites me personally, is that you have closed the gap between dreaming and doing. You see, it used to be that if you wanted to make a record of a song, you needed a studio and a producer. Now, you need a laptop “

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image