Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Anjangsana Edukasi Perpustakaan Ulil Albab Roketkan Budaya Literasi MAN 3 Bantul

Eduaksi | Friday, 03 Mar 2023, 13:30 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) – Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul mengadakan kegiatan kunjungan ke Grahatama Pustaka (Balai Layanan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY), Diorama Arsip Jogja, dan Gramedia, Kamis (2/3). Kegiatan ini diikuti 29 siswa yang tergabung dalam Ekstrakurikuler Jurnalistik dan komunitas Book Lovers Club (BLC). Kunjungan didampingi oleh Kepala Perpustkaan Ulil Albab, Dra. Kholif Diniawati, M.Pd. B.I., Kepala Tata Usaha, Sri Indah Astuti, S.Ag., Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Evi Effrisantri, S.TP., Kepala Laboratorium Bahasa sekaligus pembina ekstrakurikuler Jurnalistik, Sumiyati, S.Pd., M.A., Pustakawan Perputskaan Ulil Albab, Prantini, A.Md., Staf Tata Usaha, Asfiyah, Siti Khotijah, dan Staf Urusan Publikasi, Nur Salamah, S.S..

Kepala Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul, Dra. Kholif Diniawati, M.Pd. mengungkapkan kegiatan ini dapat menjadi wisata edukasi sekaligus untuk mengenalkan unit pelayanan dan sumber daya pustaka agar siswa dapat memanfaatkannya sebagai sarana belajar sehingga dapat meningkatkan literasi.

“Kegiatan ini menjadi program spesial untuk anak-anak. Melalui kegiatan kunjungan ke Grahatama Pustaka, Diorama Arsip Jogja, dan Geamedia ini anak-anak dapat mengenal unit pelayanan dan sumber daya pustaka agar dapat memanfaatkan perpustakaan, pusat arsip dan sumber pustaka sebagai sarana belajar. Kunjungan ini juga memberikan sarana rekreasi edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak sehingga dapat meningkatkan budaya gemar membaca dan menguatkan literasi,” tandas Kholif.

Tujuan pertama dalam perjalanan ini ialah Grahatama Pustaka. Rombongan kunjungan Pustaka disambut oleh Pustakawan Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY Hendy Prasetya Mukhthti, S.Hum. dan empat pustakawan DPAD DIY di Ruang Audio Visual.

Membuka acara kunjungan ini, Hendy mengucapkan selamat datang kepada MAN 3 Bantul yang telah hadir di Grahatama Pustaka. Mendapatkan sambutan yang hangat, dalam kesempatan sambutan, Kepala Perpustakaan Ulil Albab menyampaikan terima kasih kepada segenap pustakawan DPAD DIY yang telah menyambut dengan baik. Kholif berharap kunjungan ini dapat dilanjutkan dengan berbagai program Kerjasama antara DPAD DIY dan Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul.

Usai sambutan, Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul menyampaikan cinderamata berupa buku karya civitas MAN 3 Bantul. Cinderamata disampaikan oleh Kepala Tata Usaha MAN 3 Bantul, Sri Indah Astuti, S.Ag. kepada Hendy Prasetya Mukhthti, S.Hum..

Acara dilanjutkan dengan pengenalan Grahatama Pustaka kepada peserta kunjungan dari Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul dengan pemutaran video. Peserta didik dikenalkan dengan 24 macam layanan perpustakaan yang ada di Grahatama Pustaka.

Fasilitas Grahatama Pustaka terdiri dari tiga lantai yakni lantai dasar, lantai 1 dan lantai 2. Di lantai dasar terdapat fasilitas ruang koleksi anak, ruang bermain, ruang musik, ruang dongeng, bioskop/cinema 6D, paludarium, mushola dan toilet. Di lantai 1 Grhatama Pustaka terdapat fasilitas ruang pameran, koleksi braile, koleksi umum, koleksi referensi, front desk, coffeshop, ruang rapat, ruang kepala UPT, ruang Kasubbag TU, auditorium, locker dan toilet. Sedangkan di lantai 2 Grhatama Pustaka terdapat fasilitas koleksi digital, koleksi langka, kamus & ensiklopedia, koleksi majalah & koran, ruang seminar, koleksi skripsi, ruang audio visual, dan toilet.

Siswa sangat antusias menyimak penjelasan diberikan. Saat diberikan pertanyaan-pertanyaan dari para pustakawan seputar seluk beluk Grahatama Pustaka, mereka dengan semangat menjawab. Antusiasme siswa diberikan apreaiasi dalam bentu doorprize oleh pustakawan.

Usai melihat tayangan fasilitas-fasilitas Grahatama Pustaka, siswa dipandu untuk berkeliling gedung perpustakaan. Siswa sangat antusias dalam mengikuti kunjungan perpustakaan ini. Salah satu peserta didik, Khoirunnida (XI MIPA 2) mengungkapkan kebahagiaannya usai berkeliling di Grahatama Pustaka.

“Sangat senang sekali dapat berkunjung di Grahatama Pustaka. Layanannya begitu lengkap, tempatnya sangat bagus dan nyaman untuk belajar. Saya ingin sering-sering berkunjung di sini,” ungkap gadis hobi membaca dan menulis ini.

Dalam kesempatan kunjungan ini para siswa juga melakukan pendaftaran anggota perpustakaan. Petugas memandu siswa untuk melakukan pendaftaran secara online.

Setelah puas mengunjungi Grahatama Pustaka, siswa diajak untuk melihat diorama sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta di Gedung Depo Arsip. Diorama Arsip Jogja menampilkan arsip-arsip terait dengan sejarah Panjang Yogyakarta selama empat abad. Siswa sangat takjub dapat melihat visualisasi yang sangat menarik sehingga dapat mengetahui sejarah. Dengan dilengkapi petalatan caggih, diorama ini seakan-akan menjadi mesin waktu yang membawa para siswa secara langsung mengalami peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Usai mengeksplorasi dua tempat yang luar biasa, Grahatama Pustaka dan Diorama Arsip Jogja, siswa semakin haus untuk belajar. Anak-anak semakin bersemangat untuk menimba ilmu dengan membaca pustaka. Menjawab dahaga ini, siswa diajak untuk berbelanja buku secara langsung di Gramedia. Masing-masing siswa diberikan kesempatan oleh Perpustkaan Ulil Albab untuk membeli buku sesuai minat mereka. Buku yang telah dipilih anak-anak ini menjadi koleksi baru di Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul.

Jejak anjangsana edukasi dari Grahatama Pustaka, Diorama Arsip Jogja hingga Gramedia memberikan pengalaman yang luar biasa untuk para siswa. Siswa mendapatkan pengalaman baru dan semangat baru dalam berliterasi. Motivasi yang melejit dari bibit-bibit unggul ini akan menyuburkannya menjadi pemimpin umat masa depan. (sal)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image