Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Husnul Khotimah

Tips Cermat Sebelum Membeli Mesin Cuci

Gaya Hidup | Friday, 03 Mar 2023, 07:17 WIB

Kesibukan ibu rumah tangga dalam mengurus pakaian merupakan sebuah rutinitas yang tidak terpisahkan dari kegiatan sehari-hari di rumah.

Didalam mengurus pakaian, ibu rumah tangga harus memperhatikan berbagai hal mulai dari mencuci, menjemur, menyetrika, hingga memilah-milah pakaian yang sudah bersih atau masih kotor.

Tidak jarang, kesibukan ini membuat ibu rumah tangga merasa lelah dan kewalahan, terlebih jika terdapat tumpukan pakaian yang menumpuk akibat keterbatasan waktu.

Meskipun begitu, kesibukan ini tetap menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peran ibu rumah tangga dalam menjaga kebersihan dan kesehatan keluarga.

Nah karena alasan inilah, banyak ibu rumah tangga yang membeli mesin cuci untuk membantu pekerjaan rumah mereka.

Selain untuk meringankan beban, waktu untuk mencuci juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih produktif.

Demi keseimbangan pekerjaan rumah tangga dan peran sosial

Ibu rumah tangga yang merasa bahagia biasanya memiliki keseimbangan antara tugas-tugas rumah tangga dan peran sosialnya. Mereka merasa memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan juga menikmati aktivitas sosial, seperti bertemu dengan teman-teman dan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat.

Dukungan dari pasangan dan keluarga

Ibu rumah tangga yang merasa bahagia biasanya merasa didukung oleh pasangan dan keluarga mereka. Pasangan yang membantu dengan tugas-tugas rumah tangga dan mendukung ibu rumah tangga dalam aktivitas sosial dapat membantu meningkatkan kebahagiaan mereka.

Kualitas hubungan dengan pasangan

Kualitas hubungan dengan pasangan juga mempengaruhi kebahagiaan ibu rumah tangga. Studi menunjukkan bahwa ibu rumah tangga yang memiliki hubungan yang positif dan harmonis dengan pasangan mereka cenderung lebih bahagia daripada yang memiliki konflik dan ketegangan dalam hubungan mereka.

Pengalaman pribadi yang memuaskan

Ibu rumah tangga yang memiliki pengalaman pribadi yang memuaskan, seperti mengejar hobi atau meraih prestasi di luar rumah tangga, juga cenderung lebih bahagia. Hal ini menunjukkan bahwa penting untuk mengembangkan minat dan kegiatan yang membuat diri merasa berarti dan memuaskan di luar peran sebagai ibu rumah tangga.

Pengelolaan stres

Ibu rumah tangga yang mampu mengelola stres dengan baik dan memiliki pola pikir yang positif cenderung lebih bahagia. Mereka dapat mengatasi stres sehari-hari yang terkait dengan tugas-tugas rumah tangga dan menghadapi tantangan dengan lebih mudah

Membeli mesin cuci yang tepat bisa menjadi tugas yang cukup menantang.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih mesin cuci yang tepat:

Ukuran

Pertimbangkan berapa banyak cucian yang biasanya Anda cuci, dan pilih ukuran yang sesuai. Jangan memilih ukuran terlalu kecil atau terlalu besar dari kebutuhan Anda.

Jenis mesin cuci

Ada dua jenis mesin cuci yaitu top loading dan front loading. Top loading lebih mudah digunakan dan lebih murah, sedangkan front loading lebih efisien dalam menggunakan air dan listrik.

Konsumsi energi

Pilih mesin cuci yang efisien dalam penggunaan energi untuk menghemat biaya tagihan listrik Anda.

Konsumsi air

Pilih mesin cuci yang memiliki fitur penghemat air untuk menghemat biaya tagihan air Anda.

Kecepatan putar

Mesin cuci dengan kecepatan putar yang lebih tinggi biasanya mengeringkan pakaian lebih cepat dan lebih efisien dalam penggunaan energi.

Fitur pilihan program

Pilih mesin cuci yang memiliki pilihan program yang banyak untuk memudahkan Anda dalam mencuci berbagai jenis kain.

Fitur otomatis

Pilih mesin cuci yang memiliki fitur otomatis, seperti sensor air atau pengatur suhu, untuk menghindari kerusakan pada pakaian.

Fitur self-cleaning

Pilih mesin cuci yang memiliki fitur self-cleaning untuk menghindari penumpukan kotoran dan bau yang tidak sedap di mesin cuci.

Suara

Pilih mesin cuci yang tidak terlalu bising ketika digunakan.

Harga

Sesuaikan budget Anda dengan harga mesin cuci yang akan Anda beli.

Garansi

Pastikan mesin cuci yang Anda beli memiliki garansi yang cukup lama.

Merek

Pilih merek mesin cuci yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Review produk

Selalu baca review produk dari konsumen sebelum membeli mesin cuci.

Toko

Belilah mesin cuci dari toko yang terpercaya dan terkenal.

Perawatan

Pastikan Anda bisa merawat dan membersihkan mesin cuci dengan mudah agar bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image