Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Imtinan Qonitah

Kunci Sukses Selama Remaja dan Membangun Masa Depan Cerah

Eduaksi | Wednesday, 01 Mar 2023, 13:56 WIB

Pada masa remaja, seseorang tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 11 tahun sampai 21 tahun.

Gemar mempelajari hal baru dan suka menghadapi tantangan akan membuat kita termotivasi untuk berkembang dan pada akhirnya mencapai kesuksesan. Sayangnya para remaja terkadang kehilangan motivasi tersebut karena sudah lelah dengan tuntutan dari orang tua, sekolah, teman dan karena perubahan fisik yang sedang dialami. Patut dipahami bahwa motivasi yang paling kuat adalah motivasi yang spesifik dan muncul dari dalam diri sendiri. Keinginan untuk melakukan sesuatu demi diri sendiri akan bertahan lebih lama dan lebih sulit dihilangkan dibandingkan dengan motivasi yang muncul akibat orang lain.

Salah satu faktor kesuksesannya adalah mindset (pola pikir). Pola pikir yang positif bisa merubah kehidupan seseorang dan pikiran yang positif dapat menambah daya juang dan semangat hidup seseorang untuk menggapai cita-citanya. Menurut Dweck, terdapat beberapa cara untuk mengembangkan pola pikir berkembang (growth mindset).

1. Sadarilah bahwa secara ilmiah tiap pribadi dapat berkembang

2. Buang jauh-jauh pikiran fixed mindset, segala pikiran negatif yang menghambat kemajuan pribadi

3. Hargai dan percayalah pada proses untuk menuju kesempurnaan. Kegagalan bukanlah akhir

4. Mintalah umpan balik (feedback).

5. Keluar dari zona nyaman adalah cara untuk tumbuh berkembang dengan maksimal.

6. Terakhir, terimalah kegagalan sebagai bagian dari proses menuju keberhasilan

Setiap orang pasti ingin memiliki masa depan yang baik. Oleh karena itu, perlu melakukan perencanaan dan membuat atau menyusun rencana masa depan dengan baik. Hal ini sangat berguna untuk membantumu memiliki panduan, pegangan, pedoman atau acuan demi masa depan dan impianmu yang dapat dicapai.

Jika merencanakan masa depan telah kamu lakukan, kemudian aturlah masa depanmu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Sebab dengan adanya pengaturan, maka semua masa depan yang kamu impikan, ada kemungkinan untuk terealisasikan. Ketika kamu sudah menikmati kesempatan dan pengalaman melalui masa depan indah yang telah diberikan, maka jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Hal yang perlu kamu tanamkan adalah sikap bersyukur dalam diri sendiri. Hal ini penting agar kamu memiliki kepercayaan bahwa semuanya itu adalah pemberian Yang Maha Kuasa. Selain itu, di tahap ini juga, bukan berarti kamu sudah bisa bersantai ria dan berleha-leha dalam menjalani kehidupanmu sendiri. Justru ketika impianmu terwujud, kamu perlu memiliki jiwa pencapaian yang lebih tinggi lagi untuk kehidupan di tahun selanjutnya. Semua kejadian yang sudah atau sedang terjadi, perlu dan harus selalu mendapat pemantauan secara berkala. Biarkan semua kejadian yang sudah terjadi ini, berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan dan rencana awal masa depanmu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image