Sekilas Informasi Tes Bahasa Mandarin HSK

Umum  

Siapa yang tidak kenal dengan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK)? Ini merupakan tes kemampuan Bahasa Mandarin yang berasal dari China. Di Indonesia, kita sering melihat persyaratan melamar kerja dengan menunjukkan sertifikat kemampuan Bahasa Mandarin HSK.

foto : dok. republika.co.id

Tes Bahasa Mandarin HSK ini, memiliki level yang beragam. Akan tetapi, di setiap levelnya ada jumlah kosa kata yang harus dikuasai bagi peserta ujian.

HSK Level 1

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Level ini ditujukan bagi pemula untuk mengukur kemampuan mendengarkan dan membaca dalam Bahasa Mandarin. Terdapat 300 kata yang harus dikuasi bagi peserta tes. Adapun jumlah soal yang harus dikerjakan sebanyak 40 soal.

HSK Level 2

Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta untuk berkomunikasi secara sederhana dan langsung pada topik umum atau sehari-hari. Sama seperti pada level 1, tes ini mengukur keterampilan membaca dan mendengarkan. Bedanya, pada HSK Level 2 peserta menguasai minimal 500 kata dan terdapat 60 soal.

HSK Level 3

Level ini berfokus pada kemampuan peserta dalam menggunakan Bahasa Mandarin pada komunikasi dasar, bekerja, atau studi. Adapun materi tes yang diujikan yaitu membaca, menulis, dan mendengarkan dalam Bahasa Mandarin secara umum. Penguasaan kota katanya mencapai 1.000 kata. Adapun jumlah soal sebanyak 80 soal dan dikerjakaan dalam waktu 90 menit.

HSK Level 4

HSK level 4 sudah berada di level menengah. Artinya, peserta dapat berkomunikasi secara lengkap, koheren, dan efektif pada topik yang lebih rumit. Pada level ini kandidat mampu mendengarkan, membaca, dan menulis dalam Bahasa Mandarin pada penggunaan secara khusus. Selain menguasai 2.000 kosa kata, peserta harus memahami tentang budaya dan kondisi China. Adapun soal yang harus dikerjakan yaitu 100 soal dalam 105 menit.

HSK Level 5

Masih berada di level menengah. Namun, kandidat dapat berkomunikasi pada topik yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan, dan studi. Pada level 5, kandidat dapat menguasi 4.000 kata. Pada tahap ini terdapat 100 soal dan dikerjakan dalam waktu 125 menit.

HSK Level 6

Level 6 juga merupakan level menengah pada ujian HSK. Bedanya, kandidat mampu berkomunikasi pada bidang profesional. Tes ini juga mengharuskan kandidat menguasai 5.400 kata dalam Bahasa Mandarin. Sementara itu, terdapat 101 soal yang harus dikerjakan selama 140 menit.

HSK Level 7-9

Sebagian orang jarang mengetahui HSK Level 7-9. Pada level ini, peserta mampu menggunakan Bahasa Mandarin untuk komunikasi standar yang sesuai pada konteks dalam kehidupan sosial, penelitian akademik, dan bidang lainnya. Pada level ini, ada tambahan keterampilan yang diujikan yaitu berbicara dan penerjemahan. Selain itu, peserta mampu menguasai 11.000 kosa kata Bahasa Mandarin. Adapun jumlah yang harus dikerjakan sebanyak 98 soal dalam waktu 210 menit.

HSK Level 7-9 biasanya ditujukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di China, mengambil program studi Bahasa Mandarin, serta penggunaan bahasa Mandarin untuk melakukan penelitian akademik, ekonomi, budaya, ilmiah, dan pertukaran teknologi.

Jika Sobat Calakan bertanya, apakah tes Bahasa Mandarin HSK dapat digunakan untuk ke Taiwan? Jawabannya tidak. Tes ini dapat digunakan jika Sobat ingin belajar atau bekerja di China, Hongkong, atau Makau. Namun, bila kita ingin ke Taiwan maka kita harus mengambil tes TOCFL (Test of Chinese as a Foreign Language).

Selain itu, bila Sobat bertanya-tanya mengapa tidak ada tes ketrampilan berbicara maka jawabnya, ada ujian terpisah untuk itu. Tes keterampilan berbicara dinamakan Hanyu Shuiping Koushi Kaoshi atau HSKK. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image