Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sandz Arjak

Skripsi Kalian Butuh Terjemahan? Jangan Terlalu Andalkan Google Translate

Edukasi | Tuesday, 28 Feb 2023, 11:24 WIB

Jelang skripsi di tahun 2012 lalu, saya teringat bagaimana kami, mahasiswa akhir jurusan Advertising di suatu kampus di bilangan Jakarta Selatan ini, sibuk dengan bertanya-tanya seputar persiapan sidang akhir. Salah satu teman saya bertanya, “emangnya abstraksi pake bantuan terjemahan google translate gak efektif ya?”Begitulah kira-kira.

Saya jawab aja, “ngebantu banget kok google translate. Cuma ya, memang harus cek lagi terjemahan bahasa Indonesia ke inggrisnya.”

"Skripsi Kalian Butuh Terjemahan? Jangan Terlalu Andalkan Google Translate". Dokpri

Google Translate pada dasarnya adalah sebuah layanan terjemahan otomatis yang disediakan oleh Google. Layanan ini telah menjadi populer dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia, karena semua orang terkoneksi dengan paket internet cepat. Termasuk di antaranya mahasiswa tingkat akhir.

Mereka yang membutuhkan bantuan dalam menerjemahkan dokumen atau teks dalam bahasa asing seperti saya ini (ketika memasuki tahun akhir perkuliahan) sangat bergantung padanya.

Namun, ada beberapa hal yang musti kalian perhatikan sebelum menggunakan Google Translate dengan bantuan paket internet cepat. Pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya adalah wajib, sebelum menjadi rekan digital menyelesaikan skripsi masing-masing.

Kelebihan Google Translate untuk Skripsi

 

  1. Mudah digunakan

Google Translate adalah alat yang mudah digunakan. Kalian hanya perlu menyalin teks dalam bahasa asing dan memasukkannya ke dalam kotak teks pada layanan tersebut. Cukup menggunakan paket internet cepat seperti halnya IndiHome milik Telkom Indonesia di rumah, hasil terjemahan akan muncul dalam hitungan detik.

 

  1. Menghemat waktu

Menggunakan Google Translate dapat menghemat waktu. Yaa namanya juga terhubung langsung dengan paket internet cepat. Kalian dapat menerjemahkan dokumen atau teks dalam bahasa asing dengan sangat singkat. Kalian tidak perlu melakukan terjemahan secara manual, yang membutuhkan waktu dan usaha yang banyak.

 

  1. Tersedia dalam berbagai bahasa

Google Translate dapat menerjemahkan dokumen atau teks dari berbagai bahasa, termasuk bahasa-bahasa yang tidak umum. Oleh karena itu, Kalian dapat menggunakan layanan ini untuk menerjemahkan dokumen atau teks dari bahasa-bahasa yang jarang digunakan.

 

  1. Gratis

Google Translate adalah layanan gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja. Kalian tidak perlu membayar untuk menggunakan layanan ini. Kalian cukup membayar layanan paket internet cepat. Google memang sangat memanjakan pengguna paket internet cepat dari seluruh dunia.

Kekurangan Google Translate untuk Skripsi

 

  1. Hasil terjemahan tidak selalu akurat

Hasil terjemahan Google Translate tidak selalu akurat. Kadang-kadang, hasil terjemahan dapat membingungkan dan tidak memberikan makna yang benar dari teks asli. Oleh karena itu, Kalian perlu memeriksa hasil terjemahan dengan hati-hati dan tidak bersandar pada terjemahan Google Translate sepenuhnya. Atau nanti saat sidang, kalian malah jadi tertawaan penguji serta dosen pembimbing.

 

  1. Tidak menghasilkan terjemahan yang baku

Google Translate tidak selalu menghasilkan terjemahan yang baku atau sesuai dengan kaidah bahasa yang benar. Hal ini dapat memengaruhi nilai skripsi Kalian, terutama jika bahasa yang Kalian terjemahkan sangat penting untuk tampilan profesional dalam karya tulis akademik.

 

  1. Tidak dapat menerjemahkan dengan konteks yang tepat

Google Translate tidak selalu dapat menerjemahkan dengan konteks yang tepat. Terjemahan dapat terlihat aneh atau tidak benar jika Google Translate tidak memahami konteks yang benar dari kalimat yang diterjemahkan.

 

  1. Tidak dapat mengenali bahasa yang kompleks

Google Translate tidak dapat mengenali bahasa yang kompleks dengan baik. Oleh karena itu, jika teks yang Kalian terjemahkan sangat kompleks atau mengandung banyak kata-kata khusus, Google Translate mungkin tidak dapat memberikan hasil terjemahan yang benar.

Kesimpulan

Paket internet cepat adalah suatu anugerah bagi dunia penelitian, yang memudahkan kita mencari referensi ataupun informasi terkait subjek yang hendak kita uji. Salah satunya adalah kehadiran Google Translate. Alat satu ini cukup berguna dalam menerjemahkan dokumen atau teks dalam bahasa asing.

Namun, Kalian perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari layanan ini sebelum menggunakannya dalam skripsi Kalian. Selalu memeriksa hasil terjemahan dengan hati-hati dan tidak mengandalkan terjemahan Google Translate sepenuhnya. Gunakan Google Translate hanya sebagai referensi tambahan. Bukan sebagai validasi atas terjemahan bahasa asing skripsi kalian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image