Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ahmad muttaqillah Muttaqillah

Unsur-Unsur Keterampilan Menyimak

Guru Menulis | Tuesday, 28 Feb 2023, 08:36 WIB

Unsur-unsur keterampilan menyimak adalah bagian-bagian penting dalam simakan. Jenis-jenis keterampilan menyimak secara umum yaitu, menyimak lisan, menyimak tulisan, dan menyimak campuran. Dari jenis-jenis itu ada unsur masing-masing yang terdapat di dalamnya.

Secara lisan, unsur-unsur dasar menyimak ialah (1) pembicara, (2) penyimak, (3) bahan simakan, (4) hasil simakan.

Yang dimaksud dengan pembicara adalah orang yang menyampaikan pesan secara lisan. Penyimak adalah orang yang melakukan simakan. Bahan simakan yang dimaksud adalah bersifat lisan, seperti suara orang yang berbicara, gerak orang yang menyampaikan dengan isyarat. Bahan simakan lisan adalah disampaikan dengan suara atau gerakan berupa tangan, alat indera dan gambar. Hasil simakan adalah menceritakan kembali, menerangkan kembali, atau memaparkan apa yang disimak oleh penyimak secara lisan.

Unsur-unsur ketermpilan menyimak tulisan antara lain, (1) sumber simak tulis, (2) penyimak, (3) hasil simakan tulis. Sumber simakan seperti buku, tabloid, website, jurnal, dsb. Penyimak adalah orang yang menyimak suatu tulisan, gambar, atau lambang. Hasil simakan, penyimak dapat mereviu kembali apa yang disimak secara tertulis.

Unsur-unsur ketermpilan menyimak campuran adalah (1) sumber simakan campuran , (2) penyimak, (3) hasil simakan campuran. Sumber simakan biasanya terdiri atas lisan dan tulisan, misalnya suatu video dengan menampilkan suara sekaligus tulisan dan atau guru yang membacakan tulisannya di depan siswa, sekaligus menampilkannya dengan slide di depan kelas. Hasil simakan bersifat campuran yaitu, disampaikan melalui suara dan tulisan sekaligus dengan waktu yang bersamaan dalam sebuah video dan pembacaan tulisan dengan memperdengarkan suara yang dilakukan oleh narasumber.

Ketiga jenis simakan di atas dapat diuji kebenarannya dengan cara membandingkan, seperti perbandingan kemampuan menyimak lisan dengan tulisan, perbandingan menyimak campuran dengan lisan atau tulisan, dan pengaruh kemampuan menyimak lisan atau tulisan dengan menyimak campuran. Tentu apabila dibandingkan dapat dilihat perbedaan dan persamaannya secara dinamis. Begitu juga dengan pengaruh keterampilan-ketempilan atau kemampuan-kemampuan tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image