Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Nugraha Azhari M, M.Pd

Buku Merdeka Belajar: Buah Karya Praktisi Pendidikan di Kota Banjar

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 25 Feb 2023, 14:53 WIB

Ruang Baca Komunitas (RBK) Kota Banjar kembali menerbitkan sebuah buku dalam bidang pendidikan, buku tersebut berjudul "Merdeka Belajar: Opini dan Implementasi". Ditulis oleh para praktisi pendidikan dari berbagai jenjang dan satuan pendidikan, mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD dan TK), Sekolah Dasar (SD dan MI), Sekolah Menengah (SMP, MTs, SMA, SMK, MA) serta para dosen di Perguruan Tinggi. Mayoritas penulis adalah para praktisi yang berasal atau bertugas di Kota Banjar Jawa Barat.

Terbitnya buku ini diinisiasi oleh Sofian Munawar, yang merupakan pendiri Ruang Baca Komunitas (RBK). Ia mengajak para praktisi pendidikan untuk menuangkan ide, gagasan dan pengalamannya di dunia pendidikan yang berhubungan dengan merdeka belajar. Isi dalam buku ini sangat beragam dan menarik untuk dibaca, karena bersumber dari opini, implementasi maupun praktik-praktik baik (best practice) terkait merdeka belajar dan implementasi kurikulum merdeka dari berbagai ranah dan sudut pandang.

Dalam buku ini, saya turut serta menyampaikan opini dengan tulisan yang berjudul "Merdeka Belajar Generasi Eksplorasi". Saya berusaha menghubungkan konsep merdeka belajar atau corak Kurikulum Merdeka dengan karakteristik peserta didik yang kebanyakan adalah generasi eksplorasi atau generasi Z dan A yang lahir pada medio 2000-an. Generasi tersebut memiliki karakteristik unik, berbeda, baru dan harus diakomodasi oleh sistem pendidikan bahkan difahami oleh para pendidik. Adanya kurikulum merdeka menjadi peluang sekaligus tantangan yang harus dijawab oleh para pendidik.

Harapannya, buku Merdeka Belajar: Opini dan Implementasi ini dapat menjadi oase dari dahaga keilmuan, menambah wawasan serta menjadi bahan refleksi melalui pengalaman-pengalaman para praktisi pendidikan dari berbagai lini. Karena dari pengalaman oranglain, manusia dapat mengambil pelajaran meskipun tidak mengalami, atau justru akan jadi rumus dalam menghadapi hal yang serupa di masa depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image