Dosen UMB dan Binus Lakukan Pengabdian Masyarakat di Kemanggisan Jakarta, Ini Tujuannya

Info Kampus  
Dosen UMB dan Binus sedang menyampaikan materi pada Pengabdian Masyarakat di RPTRA Kemanggisan. (foto : istimewa)

JURNAL PERGURUAN TINGGI -- Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) dan Universitas Bina Nusantara (Binus) melakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Kamis (23/2/2023), Tim Dosen UMB dan Binus menggelar Workshop Pengembangan Manajemen UMKM untuk Mencapai Keberlanjutan Bisnis dan Kelestarian Lingkungan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Dosen UMB, Dr Mochamad Soelton SPsi, MM, CHRMP Psikolog, mengatakan workshop dilaksanakan di RPTRA Kemanggisan. Workshop menghadirkan 10 narasumber dari akademisi dan praktisi yakni Mochamad Soelton; Dr Syafrizal Chan, SE, MSI, DEA; Dr Anik Herminingsih MSi; Dr Luna Haningsih SE, ME; Dr Ir Robert MM, MT; Dr Ir Suprapto MSi; Onggo Pramudito, AMd Par, ST, MM, MPar; Dr Shinta Rahmani, SE, MSi; Dr M Rizky Sadikin, MBA; dan Dr Tara Farina Srihadi, MSc dari Binus.

BACA JUGA : FTP UGM Kembangkan Desa Sambak Jadi Digitaly Agro Edutourism

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mochamad Soelton menyampaikan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan kegiatan wajib bagi dosen UMB dan melibatkan peran mahasiswa. Pengabdian Masyarakat ini juga untuk mengimplementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Workshop ini penting bagi seluruh pemangku kepentingan agar potensi yang dimiliki bisa dikembangkan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan. Selain dengan upaya membangun branding, kolaborasi dengan komunitas juga dapat menjadi strategi dalam memajukan masyarakat setempat," kata Mochamad Soelton.

Lebih lanjut Mochamad Soelton menjelaskan workshop diawali dengan pemaparan materi Tim Dosen UMB. Di antaranya, persiapan mental dalam merancang jenis usaha, perencanaan usaha, penerapan usaha, potensi pasar dan inovasi produk, pengelolaan keuangan serta meningkatkan pemasaran melalui platform digital.

Warga, kata Mochamad Soelton, khususnya pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan mendapatkan pendampingan dan pemberdayaan oleh Tim Pengabdian kepada masyarakat UMB dan Binus hingga akhir periode berikutnya.

BACA JUGA : UGM Digandeng Pemprov Banten untuk Kembangkan Desa, Ini Tujuannya

Menurut Mochamad Soelton, peserta workshop sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal ini ditunjukkan banyaknya pertanyaan terkait pengembangan produk usahanya, pemanfaatan teknologi dalam pemasaran, pengelolaan keuangan yang terkendala modal usaha. Selain itu, juga terkait pertanyaan kesiapan mental dalam memberanikan diri memulai usaha.

Mochamad Soelton menambahkan Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana dan Universitas Bina Nusantara ini dari Ilmu Manajemen dengan Skema Kerjasama Dalam Negeri. Tujuannya para pelaku UMKM dapat mencapai keberlanjutan bisnis dan kelestarian lingkungan di RPTRA Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

Sementara Titin, Sekretaris Kelurahan yang mewakili Lurah Kemanggisan menyambut baik kehadiran Tim UMB dan Binus. Kegiatan ini sudah dijadwalkan beberapa bulan lalu. "Alhamdulillah akan terus berlanjut setiap tahun dengan tema-tema keberlanjutan yang menekankan green management. Harapannya sebanyak 56 peserta yang hadir dari pelaku UMKM, kader-kader dari PKK tiap RT RW dapat mengali potensi-potensinya. Apalagi Tim Dosen UMB dan Binus telah memiliki komitmen," kata Titin. (*)

BACA JUGA : Dosen UNU dan UII Berkolaborasi Bantu Pengusaha Batik Miliki HaKI, Ini Tujuannya

Ikuti informasi penting tentang berita terkini perguruan tinggi, wisuda, hasil penelitian, pengukuhan guru besar, akreditasi, kewirausahaan mahasiswa dan berita lainnya dari JURNAL PERGURUAN TINGGI. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di JURNAL PERGURUAN TINGGI dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video. Kirim tulisan Anda ke email kami: [email protected].

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image