Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang

Warga Binaan Lapas Perempuan Palembang Kanwil Sumsel Jalani Tes HIV

Info Terkini | Wednesday, 15 Feb 2023, 20:59 WIB

Pada kesempatan yang berbeda Yualini selaku petugas kesehatan yang melaksanakan tes HIV menjelaskan "HIV adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh. Adapun penularannya bisa melalui darah, cairan sperma, plasenta, vagina melalui hubungan seksual. Oleh karena itu, tingkatkan kesehatan diri, kebersihan diri. di hari AIDS sedunia ini, kami mengajak tes HIV dengan tujuan pencegahaan, apabila ada yang reaktif maka akan kita ambil tindakan," ujar Yuliani. Pemeriksaan ini dilakukan dengan pengambilan darah untuk mendeteksi apakah terjangkit virus HIV/AIDS atau tidak pada warga binaan oleh tim kesehatan Lapas Perempuan Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel pada Rabu (15/2/2023).

Kepala Lapas Perempuan Ike Rahmawati, mengapresiasi kepada petugas Kesehatan yang rutin untuk melaksanakan tes ini. "Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dari semua pihak terutama warga binaan tentang pencegahan HIV/AIDS serta akibat dari penyakit tersebut, sehingga pencegahan dan penanganan HIV/AIDS dapat dilakukan lebih maksimal," ucap Ike.

Adapun jumlah Warga Binaan yang mengikuti Kegiatan skrining ini sebanyak 16 Warga Binaan yang di tes secara bertahap dengan memanggil satu per satu yang di urut sesuai lama hukuman mereka sehingga yang hukuman tertinggi akan dilaksanakan tes lebih dahulu yang selanjutnya akan segera kembali ke kamar untuk menjaga keamanan Lapas. Skrining ini dapat bermanfaat bagi warga binaan kami karena hal ini merupakan langkah pencegahan pada penyakit menular khususnya HIV.

Ilham Djaya selaku Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengapresiasi Lapas Perempuan Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel yang melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga binaan. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan ini sebagai langkah antisipasi dan penanggulangan sejak dini akan penyebaran penyakit HIV dalam Lapas Perempuan Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Dari hasil pemeriksaan terhadap 16 warga binaan Lapas Perempuan Palembang Kanwil Kemenkumham Sumsel dinyatakan negatif dari HIV.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image