Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Satu Abad NU, dan Sumbangsih Nyata untuk Peradaban Islam

Agama | Saturday, 11 Feb 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi: Warga NU. (Foto: dok. NU Online)

Nahdlatul Ulama, atau kerap disebut dengan singkatannya saja, NU, adalah sebuah organisasi Islam terbesar di Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 1926. Sejak berdirinya organisasi Islam ini dan menjelang satu abad keberadaannya, NU telah memberikan sumbangsih yang sangat besar bagi peradaban Islam, baik di Tanah Air maupun Dunia.

Ada banyak hal yang telah menjadi sumbangsih nyata organisasi ini. Berikut adalah pemaparan singkat beberapa sumbangsih Nahdlatul Ulama.

Pendidikan. NU memahami bahwa Islam tidak hanya sekadar ritual dan ibadah, melainkan juga harus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Oleh karena itu, NU menekankan pentingnya pendidikan dan pembentukan karakter bagi umat Islam. NU memiliki sekolah-sekolah, madrasah-madrasah, dan perguruan tinggi Islam yang menyediakan pendidikan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Semua orang harus mendapatkan kesempatan yang sama terkait pendidikan. Oleh karena itu, NU juga menyediakan beasiswa untuk siswa-siswi tak mampu agar mereka dapat mengikuti pendidikan yang berkualitas.

Pemeliharaan budaya. NU sangat memperhatikan pemeliharaan budaya tradisional Indonesia dan mempromosikan budaya-budaya lokal melalui acara-acara keagamaan dan budaya.

Dialog antar-agama. NU memainkan peran penting dalam mempromosikan dialog antar-agama dan membantu mengatasi konflik antar-agama. NU juga memperjuangkan kerukunan antar-agama dan membantu masyarakat untuk hidup berdampingan dalam harmoni. Organisasi ini selalu mempromosikan kerja sama dan toleransi antar umat beragama.

Kemanusiaan. Berbagai aksi sosial dan aksi cepat tanggap telah berulangkali digelar NU di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan. Diantaranya, memberikan bantuan kepada masyarakat miskin, membantu pengungsi, dan membantu korban bencana alam.

Kajian Islam. NU mempromosikan kajian-kajian Islam yang berkualitas dan membantu masyarakat untuk memahami ajaran-ajaran Islam dengan benar.

Wajah Islam yang damai dan toleran. Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama telah memberikan kontribusi besar untuk peradaban Islam. Sejak didirikan pada tahun 1926, NU telah berperan aktif dalam mempromosikan dan memperjuangkan ajaran Islam yang moderat dan inklusif, membangun masyarakat yang damai dan toleran, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan

Perjuangan NU ini sebagai bentuk perwujudan Islam yang sebenarnya, yaitu sebagai rahmatan lil alamin. NU telah menunjukkan wajah Islam yang tenang, damai dan toleran serta modern. Hal ini jauh dari prasangka dunia barat yang kerap memasangkan Islam dengan wajah kekerasan, intoleran, serta keterbelakangan.

Membangun masyarakat inklusif. NU juga memainkan peran penting dalam membangun masyarakat yang inklusif dan damai di Indonesia. Melalui program-program sosial dan kemanusiaan yang diterapkan, NU membantu memecahkan masalah sosial dan memperkuat integrasi masyarakat. Inisiatif-inisiatif seperti pendidikan gratis, peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan program kesejahteraan sosial merupakan contoh bagaimana NU memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Memperjuangkan hak-hak perempuan dan minoritas. Sumbangan NU juga terlihat dalam upaya memperjuangkan hak-hak perempuan dan minoritas. Organisasi ini mempromosikan kesetaraan gender dan memperjuangkan hak-hak perempuan, seperti hak untuk pendidikan dan pekerjaan. NU juga memperjuangkan perlindungan bagi minoritas, dan mempromosikan toleransi antar kelompok.

Menjaga keamanan dan stabilitas. NU juga memainkan peran penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas nasional. Organisasi ini mempromosikan dialog dan kerja sama antar kelompok berbeda dan membantu mengatasi masalah-masalah sosial dan politik yang mungkin membahayakan stabilitas nasional.

Dengan demikian, dari pemaparan singkat ini dapat dikatakan bahwa NU telah memberikan sumbangsih yang sangat besar dan bermakna bagi peradaban dunia, terutama bagi masyarakat Indonesia. NU terus berjuang memperbaiki kualitas hidup masyarakat lewat pendidikan dan kegiatan sosial. NU juga selalu mempromosikan Islam sebagai rahmatan lil alamin dengan terus mendorong perdamaian, keadilan, dan kerukunan antar-agama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image