Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Farra Angeline Firdaussy

Mengapa Kita Perlu Memanajemen Keuangan dalam Sehari-hari?

Eduaksi | Tuesday, 07 Feb 2023, 23:05 WIB

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut tentang materi artikel ini sebaiknya mari kita mengenal terlebih dahulu apa itu manajemen. Manajemen merupakan hal yang sangat penting bagi setiap manusia karena dalam kehidupan manusia membutuhkan proses manajemen. Manajemen harus dipraktekkan dengan benar agar bisa memikirkan apa yang menjadi prioritas kebutuhan atau tujuannya. Pengertian manajemen menurut para ahli, salah satunya menurut Oey Liang Lee manajemen adalah ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pengertian manajemen juga dapat diartikan sebagai cara untuk mengelola sumber daya yang ada dengan baik sehingga tercipta pengaturan yang efisien dan efektif. Jadi, manajemen diperlukan untuk kebutuhan manusia sehari-hari.

Manajemen mencakup beberapa unsur salah satunya manajemen uang. Uang adalah hal penting dan perlu dilakukan manajemen. Uang adalah unsur yang menjadi landasan dari setiap aktivitas yang dijalankan. Oleh sebab itu, pengaturannya perlu dilakukan dengan benar agar dapat menghasilkan pemasukan dan pengeluaran yang efektif dan terolah dengan baik. Manajemen Keuangan atau aktivitas yang berhubungan dengan usaha mendapatkan uang atau dana yang biasa disebut funding. setelah melakukan funding manusia perlu menggunakan dana atau mengelola dana tersebut dengan biaya yang efisien dan digunakan di waktu yang efektif untuk mencapai tujuan.

Pada dasarnya, setiap orang akan memiliki cara mengelola keuangan mereka sendiri, dimana setiap orang akan memiliki ciri khas mereka sendiri dalam menata, mengatur dan mengalokasikan pemasukan dan pengeluaran uang. Namun meski juga tidak sedikit manusia yang tidak bisa mengelola keuangannya sehingga menciptakan berbagai kebiasaan buruk menjadi penyebab masalah di dalam keuangan. Seperti boros dalam pengeluaran, kecanduaan dalam penggunaan hutang piutang dan menjadi kesusahan mencapai tujuan yang diingikan. Jika dibiarkan tanpa perbaikan, bukan tidak mungkin kondisi keuangan akan memburuk seiring dengan berlalunya waktu.

Manajemen keuangan tentu harus disesuaikan dengan penghasilan dan berbagai bentuk pengeluaran di dalamnya. Jika kita telah terbiasa mampu mengatur keuangan pribadi dengan baik, maka kita akan dapat dengan mudah mengatur keuangan selain pribadi. Dimulai dari hal paling mudah seperti misalnya saja mengatur keuangan kas kelas, mengatur keuangan bulanan rumah tangga hingga mengatur keuangan perusahaan kecil sampai perusahaan besar, tetapi tentu saja dengan diiringi pembelajaran ilmu pengetahuan dalam jenjang pendidikan.

Berikut beberapa cara memanajemen keuangan yang harus kita perhatikan dan terapkan, yaitu:

Menyusun Anggaran Keuangan

Langkah pertama yang wajib dilakukan dalam mengatur keuangan adalah dengan menyusun sebuah anggaran keuangan secara terperinci terlebih dahulu. Berapapun penghasilan yang didapatkan, kita harus membuat dana tersebut menjadi bermanfaat sehingga mampu mencapai tujuan yang diinginkan. Rencanakan semua kebutuhan pengeluaran dengan seimbang dan realistis.

Memprioritaskan Kebutuhan

Harus selalu diingat untuk memastikan selalu memprioritaskan kebutuhan, daripada berbagai keinginan. kita harus bisa membedakan mana yang lebih dahulu dibutuhkan dan mana yang tidak terlalu dibutuhkan agar bisa lebih bijak dalam mengeluarkan uang.

Manfaatkan Kartu Kredit dan Tidak Mudah Tergiur Promo

Biasanya kartu kredit akan menawarkan banyak promo di supermarket atau bahkan e-commerce. Manfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan diskon maupun cashback yang bisa menghemat pengeluaran bulanan. Tapi juga jangan mudah tergiur oleh diskon yang menipu padahal kita tidak terlalu membutuhkan barang tersebut.

Biasakan Menabung

Berapapun penghasilan yang diperoleh, pastikan untuk selalu menabung. Idealnya, menabung ialah 10-20% dari penghasilan yang dihasilkan kemudian di masukkan ke dalam rekening khusus tabungan setiap bulannya. Hal ini akan berguna jika suatu saat nanti kita membutuhkan uang untuk berbagai kebutuhan di luar kebutuhan pokok bulanan.

Berinvestasi

Investasi merupakan aktivitas keuangan yang kelak bisa mendatangkan sejumlah keuntungan di dalam keuangan. Hendaknya kita juga belajar berinvestasi sedikit demi sedikit secara konsisten untuk mendapatkan keuntungan yang dihasilkan oleh investasi. Cukup 10% dari penghasilan karena tidak baik juga jika kita berlebihan dalam berinvestasi.

Menyiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah sejumlah dana yang bisa digunakan sewaktu-waktu, jika kondisi keuangan sedang darurat atau urgent. Seperti saat sakit atau saat aset benda yang dimiliki rusak sehingga untuk mengatasi berbagai kondisi darurat tersebut kita dapat menggunakan uang dana darurat tanpa mengganggu pengelolaan uang bulanan. Simpan dana darurat dalam rekening terpisah (khusus), agar tidak tercampur dengan dana lainnya atau bahkan terpakai.

Lunasi dan Hindari Utang

Jika kita masih memiliki kewajiban (utang), segera lakukan pelunasan. Lakukan pelunasan bertahap jika nilai utang cukup besar. Selain itu, hindari untuk memiliki utang baru di dalam keuangan. Hal ini akan memperkecil resiko serta beban keuangan, dan sekaligus membuat kondisi keuangan menjadi lebih stabil ke depannya.

Manfaat yang akan kita dapatkan jika kita sudah terbiasa mampu memanajemen keuangan ialah kita mampu prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan kita sekaligis mampu mencapai keinginan melalui tabungan yang telah kita sisihkan. Dan masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mempelajari dan menerapkan tentang manajemen dalam hal apapun tidak hanya tentang keuangan saja sehingga hidup bisa berjalan dengan stabil.

Oleh karena itu, pentingnya memanajemen keuangan pribadi harus dibiasakan sejak kecil dimulai dengan mengedukasi anak tentang hal uang paling sederhana dari mengatur keuangan adalah dengan membiasakan menabung. Karena jika kita sudah mampu menguasai hal tersebut maka akan mempermudah kita mengatur dan mengalokasikan dana dengan bijak saat sudah beranjak dewasa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image