Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Qomaruddin

Al Irsyad Tegaskan Komitmen Sekolah Bebas dari Bullying

Rembuk | Tuesday, 07 Feb 2023, 14:43 WIB

Komite dan kepala sekolah SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto mendeklarasikan sekolah ramah anak yang bebas dari bullying dan pelecehan seksual. Sabtu (4/2) saat pembukaan Open House.

Seremonial deklarasi ini dipimpin oleh Awal Maryono, S.H. Ketua Komite Sekolah, bersama Ustaz Galih Rakasiwi Ketua Harian LPP Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, dan Susetya Dwiningsih, S.Sos M.Si Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Ketua Komite (pegang mic) memimpin deklarasi sekolah ramah anak yang bebas dari bullying dan pelecehan seksual.

"Mari kita tunjukan, bahwa sekolah kita ini adalah sekolah yang bebas dari bullying dan pelecehan seksual," terang ketua komite sekolah dari atas panggung di hadapan para peserta open house.

Deklarasi ini merupakan puncak dari proses sosialisasi yang berlangsung sejak Desember 2022 yang lalu kepada para siswa dan orang tua. "Desember kita sudah gelar lomba pembuatan poster dan lomba penulisan cerpen bagi siswa dengan tema anti bullying," terang ustaz Basuki Dwi Sulistiyo, kepala sekolah.

"Tentunya sebelum lomba, ada beberapa kali pengarahan dari setiap wali kelas tentang jenis-jenis bullying yang harus dihindari alam kehidupan sehari-hari. Prosesnya disampaikan berulang-ulang dan dikemas dalam pembelajaran di kelas," tambahnya.

Menurutnya, sekolah harus mempertahankan suasana yang nyaman dan aman agar siswa dapat mengikuti proses pendidikan dengan baik. "Tagline sekolah kami adalah terdepan dalam akhlak mulia, sehingga sekolah harus benar-benar dipenuhi oleh orang-orang berkarakter yang baik dan mulia," terangnya.

Ajak Masyarakat Dukung Anti Bullying

Tak hanya deklarasi, kegiatan open house juga menjadi festival karya para siswa. Sekolah mengumumkan para juara lomba poster dan cerpen anti bullying, sekaligus mengajak masyarakat untuk turut mendukung deklarasi ini.

"Kami sudah sosialisasi ke siswa dan guru, kemudian kepada para wali murid. Sehingga kini saatnya kita sosialisasikan kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sekolah. Di antaranya melalui kegiatan open house kali ini," tambah Ustaz Basuki.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, para siswa, guru, dan wali murid dari beberapa PAUD di Purwokerto, tampak pula para pengusaha UMKM di sekitar sekolah, para donatur sekolah, dan lembaga-lembaga partner sekolah.

Open House juga diramaikan dengan kegiatan donor darah, bazar, pameran pendidikan, hingga lomba-lomba untuk para siswa PAUD di Purwokerto. Rangkaian open house ini ditutup dengan kegiatan jalan sehat pada Minggu pagi, 5 Februari 2023.[]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image