Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nova Amelia

Publik Speaking Tenaga Kesehatan untuk Peningkatan Pelayanan Prima

Teknologi | Tuesday, 07 Feb 2023, 14:23 WIB

Meningkatkan kapasitas tenaga kesehatan dengan berbagai cara, salah satunya adalah pelatihan keterampilan Publik Speaking . Petugas kesehatan harus mampu berkomunikasi dengan baik, benar dan santun untuk melayani masyarakat. Seorang tenaga kesehatan (Nakes) dinilai cukup penting untuk dilatih berbicara di depan umum agar memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

Komunikasi antara staf medis dan pasien dan kualitas layanan

Hubungan antara petugas kesehatan dan peningkatan kualitas layanan tidak dapat dipisahkan dari keterikatan mereka dengan pasien. Oleh karena itu, kepuasan pasien menjadi tolok ukur dalam pelayanan medis. Pentingnya teamwork untuk mencapai tujuan yang sama yaitu service excellence. Dengan memenuhi peran seorang tenaga kesehatan yang menangani berbagai jenis dan tingkat emosi dari pasien yang berbeda setiap hari.

Komunikasi Dokter-Pasien

Komunikasi dokter-pasien yang efektif adalah menciptakan rasa nyaman dengan terapi medis yang diberikan dokter kepada pasien. Faktor sikap dokter terhadap pasiennya, kemampuan menarik dan menghargai perhatian pasien, tersedianya informasi yang akurat, serta munculnya empati dan pembentuk loyalitas Kepercayaan pasien terbukti menjadi kunci penentu kenyamanan pasien yang baik. terapi medis. untuk pasien. Sikap empati seorang dokter terhadap pasien akan menimbulkan rasa percaya pasien terhadap dokter, yang dapat menimbulkan kepuasan dan kepatuhan pasien terhadap pengobatan. Selain komunikasi yang baik juga memiliki pelayanan prima dapat diterapkan pada semua jenis usaha baik itu barang atau jasa, pelayanan masyarakat dan makanan dan minuman untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Membantu dalam menciptakan pelayanan yang optimal, kepuasan pelanggan yang optimal dan pelanggan setia.

Aspek praktik service excellent

Penerapan service excellent di setiap perusahaan biasanya mempunyai beberapa aspek, yaitu :

1. PENAMPILAN

Penampilan yang menarik sangat diperlukan agar pelanggan merasa nyaman dan aman, misalnya resepsionis yang mmenggunakan busana rapi, satpam yang dilengkapi tambah perlengkapan pengamanan.

2. KESOPANAN DAN RAMAH

Karyawan yang berhubungan langsung dengan pelanggan harus mempunyai sopan-santun, sabar dan tidak pilih kasih tanpa memandang status sosial dan ekonomi.

3. KESEDIAAN MELAYANI

Profesionalitaas seorang karyawan dalam pelayanan terhadap konsumen harus mengerti dan memiliki keinginan dan kesiapan bagaimana seharusnya melayanani konsumen.

4. PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN

Dalam dalam pelayanan terhadap konsumen harus memiliki pengetahuan dan keahlian dari pada barang ataupun jasa yang dijual atau ditawarkan.

5. TEPAT WAKTU DAN JANJI

Efisiensi waktu dalam pelayanan, agar konsumen tidak merasa waktunya terbuang sia-sia.

6. KEJUJURAN DAN KEPERCAYAAN

Dalam pelayanan service excellent harus mengutamakan kejujuran, dalam berbagai hal maupun aturan, biaya maupun dalam hal penyelesaian dengan tepat.

7. EFISIENSI

Efisiensi dan efektifitas sangat diperlukan dalam service excellent .

8. KEPASTIAN HUKUM

Hal terakhir dari service excellent konsumen membutuhkan kepastian hukum, sehingga konsumen merasa aman dan percaya terhadap pelayanan barang ataupun jasa yang diberikan..

9. KETERBUKAAN

Keterbukaan sangat diperlukan agar konsumen mendapatkan informasi sesuai kebutuahnnya.

10. BIAYA

Penetapan biaya dalam pelayanan service excellent harus menyesuaikan dengan aturan yang berlaku dan daya beli masyarakat

Dari semua aspek service excellent, penerapan pada perusahaan pastinya akan berbeda sesuai jenis industrinya serta kebutuhan pelanggan. Contoh service excellent pada industri kesehatan, khususnya rumah sakit adalah dengan memberikan pelayanan yang jelas, terbuka dan memiliki skepastian hukum ataas suatu hal yang ilmiah agar pelanggan entah itu keluarga pasien maupun pasien itu sendiri dapat memahami dengan jelas. Selain itu, contoh service excellent dalam dunia perbankan adalah satpam yang memberikan rasa aman dan arahan yang tepat kemana pelanggan harus menuju bagian teller atau customer service ketika pertama kali ke bank.

Setiap perusaahaan hendaknya menerapkan service excellent demi tercapainya berbagai macam visi dan misi perusahaan hingga timbulnya kemakmuran dan kesejahteraan karyawan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image