Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Imawan Anshari

5 Resolusi Keuangan Untuk Capai Kebebasan Finansial

Edukasi | Sunday, 05 Feb 2023, 23:05 WIB
Resolusi keuangan untuk meraih kebebasan finansial

Setiap awal tahun, banyak dari kita yang selalu membuat deretan resolusi sebagai target yang ingin dicapai di tahun yang baru. Upaya ini dilakukan agar di tahun yang baru kita bisa menjadi lebih baik dalam segala hal, termasuk diantaranya terkait urusan keuangan.

Kita semua tentu tidak ingin jika uang yang kita cari dengan susah payah habis begitu saja dengan tujuan yang tidak jelas. Maka dari itu, menyusun resolusi keuangan dengan bijak wajib dilakukan, agar pendapatan yang kita terima bisa memberikan manfaat yang jelas baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk itu, resolusi keuangan merupakan salah satu aspek penting yang harus disusun secara jelas agar ke depannya kita memiliki kemampuan mengatur keuangan yang semakin baik dan terarah, sehingga kondisi keuangan kita bisa lebih sehat dan stabil dari sebelumnya.

Dan untuk mewujudkan hal tersebut, berikut adalah beberapa resolusi keuangan 2023 yang wajib dilakukan untuk mempercepat kita mencapai kebebasan finansial, yaitu sebagai berikut:

1. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Kita mungkin sering mendengar kalimat “Hemat Pangkal Kaya” sedari kita kecil. Dan ucapan tersebut tentulah benar adanya, sebab dengan kita berhemat maka penggunaan uang yang kita miliki tentu akan lebih terkendali dan bisa untuk ditabung.

Salah satu konsep gaya hidup hemat adalah kita harus bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Untuk itu, kita hanya akan mengalokasikan uang yang kita miliki untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang memang penting-penting saja.

Dengan cara berhemat seperti ini, tentu akan membantu kita untuk terhindar dari berbagai masalah keuangan, seperti terlilit hutang dan juga kekurangan uang untuk memenuhi kebutuhan pokok yang begitu mendasar.

Menerapkan gaya hidup hemat tentu akan memudahkan kita dalam mencapai tujuan keuangan yang lebih stabil. Dan ada banyak cara untuk berhemat, salah satunya dengan memanfaatkan promo diskon untuk membeli paket internet cepat yang bisa digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan online kita seperti belajar, bekerja ataupun menikmati hiburan.

2. Melunasi Hutang dan Hentikan Penggunaan Kartu Kredit

Jika pada tahun 2023 ini kita masih memiliki hutang atau cicilan yang harus dilunasi, maka melunasi hutang atau cicilan ini haruslah segera kita lakukan, termasuk hutang kartu kredit karena suku bunganya cenderung lebih tinggi.

Untuk itu, kita bisa mulai dengan melunasi hutang dengan bunga yang tertinggi terlebih dahulu supaya jumlahnya tidak terus bertambah setiap bulannya. Dan hentikan juga penggunaan kartu kredit agar kita terhindar dari godaan untuk berbelanja yang berlebihan, terutama untuk keperluan yang bersifat konsumtif semata.

Nah, untuk mempercepat kita melunasi hutang yang kita miliki maka salah satu caranya adalah dengan menjual barang-barang yang sudah tidak kita gunakan lagi namun masih layak pakai, dan tidak lupa kita juga untuk mencari penghasilan tambahan.

3. Melakukan Investasi

Jika kita memiliki uang, sebaiknya uang tersebut disisihkan juga untuk diinvestasikan, karena investasi bisa menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan hanya disimpan di rekening bank dengan konsep menabung secara konvensional.

Selain itu, dengan kita melakukan investasi, penghasilan kita pun menjadi bertambah, kita juga bisa mempersiapkan dana untuk kebutuhan masa depan dengan lebih tertata, baik untuk biaya pendidikan, pernikahan, hingga untuk dana pensiun.

Dan saat ini, banyak jenis investasi yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan kita. Namun yang perlu diingat, dalam memilih investasi kita harus selektif, pastikan berinvestasi pada produk keuangan yang legal, kita juga harus memahami produk yang dipilih, serta kita pun harus mempelajari mengenai segala risiko dan juga imbal hasilnya secara jelas.

4. Memiliki Dana Darurat

Dana darurat wajib kita miliki karena ini bersifat penting. Dana ini dipersiapkan untuk keadaan darurat yang bisa terjadi kapan saja dalam hidup kita, agar kebutuhan hidup kita dapat tetap terpenuhi dan mampu bertahan meskipun terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Bisa dibilang, dana darurat ini akan menjadi sebuah upaya antisipasi bila kita terkena musibah, dimana nantinya bisa digunakan pada saat kita dalam keadaan mendesak seperti sakit, kecelakaan, bangkrut, terkena PHK, atau hal lainnya yang cukup membebani pengeluaran kita.

Jumlah dana darurat yang perlu disiapkan oleh tiap orang tentu berbeda-beda, seperti yang masih lajang (belum menikah) harus mempersiapkan 3-6 kali lipat dari pengeluarannya per bulan. Sedangkan bagi yang sudah menikah sebaiknya mempersiapkan minimal 9 kali lipat dari pengeluarannya per bulan, serta bagi yang sudah menikah dan memiliki anak maka harus mempersiapkan minimal 12 kali lipat dari pengeluarannya per bulan.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Meskipun kita sudah memiliki pendapatan rutin dari gaji yang kita terima setiap bulannya, tidak ada salahnya kita pun mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup kita sehari-hari.

Apalagi di zaman berbasis internet seperti sekarang, kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berbagai cara yang terbilang mudah, seperti berjualan online, menjadi konten kreator, blogger, youtuber, influencer, penulis artikel, penjual foto dan video, serta berbagai pekerjaan online lainnya.

Namun untuk bisa memperlancar berbagai pekerjaan tersebut maka harus didukung oleh paket internet cepat agar bisa berjalan sukses. Dan IndiHome merupakan salah satu provider penyedia jasa internet rumah dari Telkom Indonesia hadir dengan layanan paket internet cepat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dan jaringan internet IndiHome ini menggunakan jaringan fiber optik dengan menawarkan pilihan paket internet cepat dengan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps, sehingga mampu menghasilkan kualitas internet yang cepat, lebih stabil dan tahan terhadap cuaca apapun.

Keberadaan paket internet cepat ini tentu saja bisa mendukung kemudahan dan juga kelancaran pekerjaan kita di bidang online menjadi tanpa hambatan, sehingga upaya kita mencari penghasilan tambahan pun bisa semakin besar peluang suksesnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image