Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kharisma Dika Aqida Putri

Pendampingan Belajar di Sekolah Dasar oleh KKN-P Umsida di Desa Sebani

Eduaksi | Thursday, 02 Feb 2023, 11:20 WIB

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus berkiprah nyata dalam menjalankan pengabdian masyarakat. Tidak hanya menerjunkan para dosennya, Umsida juga menerjunkan para mahasiswanya melalui program Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) di berbagai daerah. Kiprah nyata kelompok 3 di desa Sebani/ Dusun Klagen ini dibuktikan dengan diadakannya pendampingan pembelajaran di sekolah dasar.

Kegiatan KKN/KKN-P yang diketuai oleh M. Fikri Agung M. mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Psikologi dan Pendidikan. Adapun 23 anggotanya yang berasal dari berbagai macam Prodi di Umsida.

Adapun program kerja yang dilakukan oleh divisi pendidikan, yaitu melakukan pendampingan pembelajaran dan penerapan Ice Breaking di SDN Sebani 1 pada kelas 1–3.

“Penggunaan ice breaking dalam pembelajaran sangat penting untuk digunakan. Apabila peserta didik dengan adanya ice breaking termotivasi dalam pembelajarannya maka nantinya juga akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Motivasi sangat penting dan berpengaruh pada hasil belajar peserta didik,” ujar M. Fikri Agung M. Rabu (25/01/2023).

Fikri menambahkan bahwa rutinitas yang dilakukan sebelum masuk kelas atau pembelajaran dimulai adalah siswa-siswi melakukan senam profil pelajar pancasila selama 30 menit yang dimulai pukul 07:00–07:30. Senam tersebut dilaksanakan setiap hari kecuali hari kamis, sedangkan untuk hari kamis melakukan istighosah sebelum pembelajaran dimulai.

Nurul dari divisi Pendidikan menambahkan bahwa kegiatan di sekolah tersebut tidak hanya pembelajaran didalam kelas saja akan tetapi juga ada kegiatan lain seperti istighosah dan senam Bersama. (Mila yulianti/ tim KKN-P Umsida kelompok 3)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image