Masih Dibuka Pendaftaran Magang OECD di Paris

Umum  

Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD, Organisation for Economic Co-operation and Development) saat ini masih membuka kesempatan magang bagi mahasiswa aktif. Magang ini diprioritaskan untuk warga negara yang bergabung dalam OECD. Namun, warga negara non-anggota OECD juga dapat berpartisipasi dalam magang tersebut. Magang ini berdurasi satu bulan hingga enam bulan.

foto : dok. republika.co.id

Persyaratan mengikuti magang

1. Terdaftar dalam program gelar penuh waktu selama magang di bidang atau disiplin yang terkait dengan pekerjaan OECD.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Bersedia magang minimal selama satu bulan.

3. Memiliki pengetahuan Bahasa resmi OECD (Inggris atau Prancis). Pengetahuan Pengetahuan tentang bahasa lain yang digunakan di OECD akan menjadi keuntungan.

4. Memiliki keterampilan kuantitatif dan IT yang solid.

5. Menunjukkan keterampilan penyusunan dokumen dan komunikasi yang sangat baik.

6. Mampu bekerja dalam lingkungan tim multikultural dan internasional.

Magang diprioritaskan bagi warga negara yang bergabung dalam OECD. Tetapi, bagi warga negara non OECD program dan proyek tertentu di seluruh badan dan lembaga yang berafiliasi dengan OECD (mis. International Tax Forum, ITF, NEA) bisa mengikutinya. Program magang ini biasanya berbasis dari Paris, Prancis.

Sebelum Anda melanjutkan ke tahap berikutnya, Anda harus mengisi tes singkat Internship Eligibility Tester. Untuk hal tersebut, cukup klik Start Here dan jawab pertanyaan tentang kelayakan Anda sebagai calon peserta magang. Hasilnya tes tersebut dapat langsung diketahui apakah Anda layak atau tidak untuk mengikuti program magang tersebut.

Bidang magang

Kandidat yang lolos akan melakukan penelitian dan memberikan dukungan kepada Analis Kebijakan di salah satu bidang berikut seperti pertanian dan perikanan, kecerdasan buatan, suap dan korupsi, kompetisi, tata kelola perusahaan, perkembangan, efektivitas pembangunan, digitalisasi, ekonomi, pendidikan dan keterampilan, pekerjaan, energi, lingkungan, keuangan, gender dan keanekaragaman, kesehatan, asuransi dan pensiun. Kemudian, bidang migrasi internasional, pemantauan dan evaluasi, investasi, energi nuklir, pemerintahan publik, pembangunan daerah, reformasi regulasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, statistik, pajak, pariwisata, perdagangan dan pertanian, transportasi, serta industri, inovasi dan kewirausahaan.

Sementara itu, magang di fungsi korporat, kandidat yang lolos akan terlibat dalam salah satu bidang seperti penyelenggara acara, sumber daya manusia, teknologi informasi, layanan hukum, administrasi perkantoran, penerjemahan, komunikasi, media dan humas, serta keuangan, anggaran dan akuntansi.

Jobdesk

Berikut adalah jobdesk magang OECD 2023

1. Penelitian, analisis data dan penyusunan

a. Berpartisipasi dalam persiapan studi dan dokumen.

b. Melakukan penelitian dan review materi yang ada.

c. Mengumpulkan, mengatur, dan mengevaluasi data.

d. Berkontribusi dalam pembuatan dokumen, kertas kerja audit, dan publikasi yang dihasilkan dari kegiatan di atas, termasuk penyusunan catatan dan menyiapkan lampiran teknis.

2. Liaison and outreach

a. Berpartisipasi dalam pertemuan dan seminar.

b. Membangun dan mempertahankan kontak profesional dan membangun jaringan dengan pejabat di administrasi nasional, peneliti, organisasi internasional lainnya, dan delegasi negara anggota.

c. Melakukan tugas lain yang diperlukan.

Magang dalam mendukung fungsi korporat akan terlibat dalam:

1. Penyelenggara acara, komunikasi, perencanaan dan evaluasi.

2. Memastikan kehadiran media sosial yang relevan dan aktivitas online di saluran yang berbeda.

3. Menyiapkan pengarahan latar belakang, presentasi, dan dokumentasi rapat.

4. Membangun dan pertahankan hubungan dengan kontak utama.

5. Nasihat tentang kerangka hukum, manajemen sumber daya manusia, keuangan dan penganggaran, dan IT.

6. Dukungan dengan administrasi kantor, pengarsipan dan pengarsipan, penyusunan menit, mengatur pertemuan, misi, dll.

7. Melakukan tugas lain yang diperlukan.

Cara mendaftar

Cara mendaftar program magang OECD 2023, klik link https://oecd.taleo.net/careersection/ext_2/joblist.ftl?lang=en, kemudian pilih Internship Program 2023 – Winter.

Selanjutnya, Anda klik program tersebut dan klik apply online. Anda perlu masuk ke dalam akun OECD terlebih dahulu. JIka belum mempunyai akun OECD, Anda diharuskan terlebih dahulu membuat akun OECD.

Lakukan pendaftaran hingga 1 Maret 2023 pukul 5.59 AM.

Proses seleksi

Berikut adalah proses seleksi magang OECD 2023

1. Lamaran online dan surat lamaran (ditujukan kepada Kantor Magang).

2. Pra-penyaringan, semua lamaran disaring oleh Kantor Magang dan kandidat yang sesuai ditempatkan pada daftar pendek yang tersedia untuk Direktorat OECD.

3. Wawancara dan/atau Tes Tertulis, tim perekrutan dapat mengundang kandidat untuk menyelesaikan wawancara telepon dan/atau tes tertulis.

4. Surat penawaran, jika terpilih setelah wawancara telepon dan/atau tes tertulis, Anda akan menerima email dengan surat penawaran magang dari Sumber Daya Manusia OECD.

Manfaat

Peserta magang akan mendapatkan tunjangan sekitar 700 Euro per bulan untuk biaya hidup selama mengikuti magang. Tunjangan tersebut diberikan oleh OECD.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengikuti program magang OECD? Jika tertarik, Anda dapat melakukan pendaftaran sebelum batas akhir yang telah ditentukan. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image