Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Budi Santoso

Pemasangan Serta Pembuatan Wastafel Otomatis Dan Pemberian Handsinitizer Di Balai Desa Tegalgondo

Teknologi | Thursday, 16 Dec 2021, 14:22 WIB

Sampai saat ini wabah Covid-19 masih belum berangkit masih banyak yang terjangkit Covid-19. Covid-19 sendiri yang pertama kali ditemukan dikota Wuhan, china yang kemudian menyebar ke hampir seluruh dunia, tentunya termasuk Indonesia. Kemudian yang dari variantnya hanya satu kemudian sekarang sudah terdapat beberapa variant baru yang tentunya lebih berbahaya dari sebelumnya. Dari hal tersebut tentunya kita sebagai warga negara Indonesia tetap perlu waspada dan selalu menjaga prokes yang telah ditetapkan, tetap menjaga kebersihan selalu sering membersihkan tangan jika kemana-mana. Apalagi di tempat yang sering terjadi kerumunan seperti tempat – tempat umum contohnya seperti kantor, stasium, pasar, terminal mall, dll. Tetapi tidak hanya dari sisi warganya saja yang perlu sadar diri untuk menjaga kebersihan tetapi pihak- pihak dari tempat umumnya sendiri juga perlu ikut memfasilitasi misalnya dalam wujud menyediakan tempat cuci tangan yang layak dan juga handsanitizer.

Dari situlah kami kelompok PMM (Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bertugas di balai desa Tegalgondo Karangploso Kabupaten Malang. Mempunyai ide untuk memberikan wastafel otomatis dengan sensor kepada balai desa Tegalgondo. Dimana balai desa merupakan tempat umum yang tentunya akan sering didatangi oleh warga tegalgondo untuk berbagai macam kebutuhan, maka adanya wastafel akan sangat penting apalagi wastafel yang digunakan adalah wastafel otomatis tentunya akan sangat bermanfaat dikala pandemi melanda. Apalagi menurut keterangan dari Sekertaris

Desa Tegalgondo Bu Sani wastafel yang ada di balai desa sudah rusak dan perlu perbaikan. Dalam proses pembuatan wastafefl otomatisnya sendiri, kami Tim PMM UMM menggunakan beberapa alat seperti pompa air, sensor otomatis, dan relay. Perangkat- perangkat tersebut digabungkan maka akan mempunyai peran sendiri- sendiri dalam kerjanya nanti. Kemudian prinsip kerja dari wastafel otomatis ini sendiri adalah Ketika ada objek (tangan) yang berada disekitar sensor maka wastafel otomatis akan bekerja.

Tentunya dengan adanya wastafel otomatis ini akan sangat berguna karena jika dibandingkan dengan wastafel biasa akan lebih mengurangi wastafel disentuh oleh banyak warga dan juga dengan adanya wastafel otomatis ini bisa membuat warga lebih tertarik untuk mencuci tangannya. Proses Instalasi Wastafel otomatis ini sendiri dilakukan pada hari Selasa 14 Desember 2021 tepatnya di Balai Desa Tegalgondo. Selain membuat wastafel otomatis kelompok PMM kami juga memberikan handsanitizer dan masker sebagai stock untuk balai desa jika pada kemudian hari akan ada acara besar seperti misalnya vaksin massal. Tim PMM UMM kami sangat berharap dengan diberikannya wastafel otomatis, masker dan handsinitizer warga yang dating di balai desa Tegalgondo bisa mematuhi prokes dengan sangat baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image